Improving Science Learning Outcomes by Applying Problem-Based Learning Model
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali, L. U., Tirmayasri, T., & Zaini, M. (2021). Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan papan game number one untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Konstan - Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika, 6(1), 43–51. https://doi.org/10.20414/konstan.v6i1.76
Ali, L. U., & Zaini, M. (2020). Pemanfaatan program aplikasi google classroom sebagai upaya meningkatkan motivasi dan prestasi belajar mahasiswa pada perkuliahan dasar-dasar kependidikan. Society, 11(1), 27-34. https://doi.org/10.20414/society.v11i1.2297
Amini, R., Setiawan, B., Fitria, Y., & Ningsih, Y. (2019). The difference of students learning outcomes using the project-based learning and problem-based leraning model in terms of self-efficacy. Journal of Physics: Conference Series, 1387, 1-6. doi :10.1088/1742-6596/1387/1/012082
Anggraini, R. M. (2019). Developing A module on sound wave of solid, liquid, and gas substances through problem-solving model with matlab simulation on wave and optical courses. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2), 173-182. https://doi.org/10.26618/jpf.v7i2.1996
Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara.
Ariyanti. (2018). Peranan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Didakta: Jurnal Kependidikan, 12(2), 117-134. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.181
Ariyani, B., & Kristin, F. (2021). Model pembelajaran problem-based learning untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa SD. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 5(3), 353-361. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.36230
Asrifah, S., Solihatin, E., Arif, A., Rusmono., & Iasha, V. (2020). Pengaruh model pembelajaran problem-based learning terhadap hasil belajar pendidikan pancasila dan kewarganegaraan siswa kelas V SDN Pondok Pinang 05. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 16(30), 183-193. https://doi.org/10.36456/bp.vol16.no30.a2719
Atweh, B., Kemmis, S., & Weeks, P. (2005). Action research in practice: Partnership for social jusice in education. Routledge.
Azmar., & Ali, L. U. (2022). Development of a prototype book based on the study of the Al-Quran as teaching materila for physcs. Jurnal Pendidikan Fisika, 10(3), 208–218. https://doi.org/10.26618/jpf.v10i3.8331
Djonomiarjo, T. (2019). Pengaruh model problem-based learning terhadap hasil belajar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 5(1), 39-46. https://doi.org/10.37905/aksara.5.1.39-46.2019
Fahrezi, I., Taufiq, M., Akhwani, A., & Nafia’ah, N. (2020). Meta-Analisis pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 408-415. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.28081
Fatima., Yusuf, I., & Bancong, H. (2014). Implemantasi pembelajaran Kurikulum 2013 berbasis multimedia interaktif pada pokok bahasan listrik magnet terhadap aktivitas, persepsi, dan hasil belajar peserta didik di SMA. Jurnal Fisika Indonesia, 18(53), 62-65. https://doi.org/10.22146/jfi.24392
Fitriyyah, S. J., & Wulandari, T. S. H. (2019). Pengaruh model pembelajaran problem-based leraning terhadap berpikir kritis siswa SMP pada pembelajaran biologi materi pemasana global. Biodekasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 12(1), 1-7. https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v12i1.27354
Gomoll, A., Hillenburg, B., & Hmelo-Silver, C. E. (2020). "I have never had a PBL like this before": On viewing, re-viewing, and co-design. The Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 14(1), 1-17. https://doi.org/10.14434/ijpbl.v14i1.28802
Harizah, D. T. D., Sumarni., & Bachri, S. (2021). Pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap kreativitas dan hasil belajar geografi siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 6(5), 767-771. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v6i5.14846
Hasanah, U., Sarjono, S., & Hariyadi, A. (2021). Pengaruh model problem-based learning terhadap prestasi belajar IPS SMP Taruna Kedung Adem. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(1), 43-52. https://doi.org/10.37905/aksara.7.1.43-52.2021
Helyandari, B. H., Hikmawati, H., & Sahidu, H. (2020). Pengaruh model problem-based learning terhadap hasil belajar fisika peserta didik MA Darul Hikmah Darek tahun pelajaran 2019/2020. Konstan - Jurnal Fisika Dan Pendidikan Fisika, 5(1), 10-17 https://doi.org/10.20414/konstan.v5i1.46
Juniati, N. W., & Widiana, I. W. (2017). Penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Journal of Education Action Research, 1(2), 122-132. https://doi.org/10.23887/jear.v1i2.12045
Khotimah, A. H., Kuswandi, D., & Sulthoni. (2019). Pengaruh model problem-based learning terhadap hasil belajar pkn siswa. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(2), 158-165. http://dx.doi.org/10.17977/um038v2i22019p158
Laras, S. A., & Rifai, A. (2019). Pengaruh minat dan motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik di BBPLK Semarang. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 4(2), 121-130. http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v4i2.7307
Molnar, M. (2015). Fast-growing private education companies make inc. 5000 list. Education Week Market Brief.
Ningtiyas, P. W., & Surjanti, J. (2021). Pengaruh motivasi belajar dan kemandirian belajar peserta didik terhadap hasil belajar ekonomi pada pembelajaran daring dimasa covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1660-1668. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.630
Novianti, A., Bentri, A., & Zikri, A. (2020). Pengaruh penerapan model problem-based learning (PBL) terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 194-202. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.323
Nurazmi., & Bancong, H. 2021. Integrated stem-problem based learning model: its effect on students' critical thinking. Kasuari: Physics Education Journal (KPEJ), 4(2), 70-77. https://doi.org/10.37891/kpej.v4i2.219
Parwati, N. W., Suarni, N. K., Suastra, I. W., & Adnyana, P. B. (2019. The effect of project based learning and authentic assessment on students' natural science learning outcome by controlling critical thinking skill. Journal of Physics: Conference Series, 1318, 1-7. doi: 10.1088/1742-6596/1318/1/012096
Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis proses pembelajaran dalam jaringan (daring) masa pandemi covid- 19 pada guru sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861-872. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460
Ratnasari, D., Amelia, V., & Suhartono, A. (2020). Motivasi dalam model pembelajaran berbasisi masalah pada konsep ekosistem. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 4(1), 27-34. https://doi.org/10.32502/dikbio.v4i1.2303
Saad, R., Mukramin, A. G. A., Putra, D. P., & Fiskawarni, T. H. (2019). The Influence of problem-based learning model and prior knowledge toward the physics procedural aplication ability. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 49-64. https://doi.org/10.26618/jpf.v7i1.1740
Sujatmika, S. (2017). Pengaruh metode pembelajaran problem-based learning terhadap prestasi belajar ditinjau dari gaya belajar dan kemandirian. Sosiohumaniora: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Humaniora, 2(1), 116-123. https://doi.org/10.30738/sosio.v2i1.494
Suminar, S. O., & Meilani, R. I. (2016). Pengaruh model pembelajaran discovery learning dan problem-based learning terhadap prestasi belajar peserta didik. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 80-89. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3339
Sutinah, C., & Widodo, A. (2020). The effect of nature of science (NoS) explicit learning design on students' NoS comprehension at elementary school. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 7(2), 197-209. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v7i2.7167
Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103-114. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Yasa, P. A. E. M., & Bhoke, W. (2019). Pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar matematika pada siswa SD. Journal of Education Technology, 2(2), 70-75. https://doi.org/10.23887/jet.v2i2.16184
Yew, E. H. J., & Goh, K. (2016). Problem-based learning: An Overview of its process and impact on learning. Health Professions Education, 2(2), 75-79. https://doi.org/10.1016/j.hpe.2016.01.004
DOI: https://doi.org/10.26618/jpf.v11i2.9913
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Fisika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.