Teaching Global Warming with Millealab Virtual Reality
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aca, A. L., & Sulisworo, D. (2020). Development of lightboard-based flipped classroom learning videos on parabolic motion materials. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 111-120.
Allcoat, D. & Mühlenen, A. (2018). Learning in virtual reality: effects on performance, emotion and engagement. Research in Learning Technology, 26: 2140.
Andriani, A. A., Sultan, A. D., Rufaida, S., Nurfadilah. (2021). Development of physics learning media based- mobile learning using adobe flas CS6 at Muhammadiyah University of Makassar. Jurnal Pendidikan Fisika, 9(1), 91-97.
Arifin, I. (2018). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Virtual Reality Terhadap Hasil Belajar Siswa Ada Materi Sistem Tata Surya. Bandar Lampung: PPs Universitas Lampung.
Ariska, U., Haryono, T., & Rosdiana, L. (2016). Kelayakan media efek rumah kaca berorientasi scientific approach pada materi pemanasan global. Pensa: Jurnal Pendidikan Sains, 4(2), 1-7.
Astuti, L., Wihardi, Y., Rochintaniawati, D. (2020). The development of web-based learning using interactive media for science learning on levers in human body topic. Journal of Science Learning, 3(2), 89-98.
Asyhari, A., & Silvia, H. (2016). Pengembangan media pembelajaran berupa buletin dalam bentuk buku saku untuk pembelajaran ipa terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 5(1), 1-13.
Baihaqi, B. (2017, December 23). Pendidikan dan Digitalisasi di Era Milenial. Retrieved from Neraca: http://www.neraca.co.id/article/94700/pendidikan-dan-digitalisasi-di-era-milenial
Barni, M. (2019). Tantangan pendidikan di era millenial. Jurnal Transformatif, 3(1), 99-116.
Dalyono, B. (2016). Strategi pembelajaran inovatif untuk mencapai kompetensi pembelajaran. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru (TING) VIII. Semarang: UPBJJ-UT: Online.
Dewi, R. (2020). Pemanfaatan media 3 dimensi berbasis virtual reality untuk meningkatkan minat dan hasil belajar IPA siswa kelas V SD. Jurnal Pendidikan, 20(1): 28-37.
Durukan, A., Artun, H., Temur, A. (2020). Virtual reality in science education: a descriptive review. Journal of Science Learning, 3(3), 132-142.
Haunschild, R., Bornmann, L., & Marx, W. (2016). Climate change research in view of bibliometrics. PLOS ONE , 11(7).
Markowitz, D., Laha, R., Perone, B., Pea, R., Bailenson, J. (2018). Immersive virtual reality field trips facilitate learning about climate change. Frontiers in Psychology, 9(2364), 1-20.
Millealab. (2019). Millealab Proposal dan Preorder 2019. Jakarta: Millealab.
Nugroho, I. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Media Sosial Instagram Sebagai Sumber belajar Mandiri Untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMA. Yogyakarta: PPs Universitas Negeri Yogyakarta.
Nurwahid, S. (2017). Development of web-based science learning tutorial media for class VIII SMPN 5 Pallangga students. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(2), 156-174.
Permendikbud. (2018). Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Pradini, V., Sudarti., & Prihandono, T. (2017). Analisis Pemahaman Konsep Gejala Global Warming Pada Siswa Kelas XII SMA di Kabupaten Jember. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika, 2(1), 1-8.
Purwono, J., Yutimini, S., & Anitah, S. (2014). Penggunaan media audio-visual pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di sekolah menengah pertama negeri 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 2(2), 127-144.
Ratriana, R. (2017). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Virtual Reality di Sekolah Dasar Islam Multiplus Ar Rahim. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Subekti, H., Taufiq, M., Susilo., Herawati., Ibrohim., & Suwono. (2018). Mengembangkan literasi informasi melalui belajar berbasis kehidupan terintegrasi STEM untuk menyiapkan calon guru sains dalam menghadapi era revolusi industri 4.0: revieu literatur. Education and Human Development Journal, 3(1), 81-90.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharto. (2015). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2015. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjamin Mutu Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Sulistyowati., & Rachman, A. (2017). Pemanfaatan teknologi 3D virtual reality pada pembelajaran matematika tingkat sekolah dasar. Jurnal Ilmiah NERO, 3(1), 37-44.
Sumardani, D., Putri, A., Saraswati, R., Mulyati, D., & Bakri, F. (2020). Virtual reality media: the simulation of relativity theory on smartphone. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 10(1), 13-24.
Sunarni, T., Budiarto, D. (2014). Persepsi efektivitas pengajaran bermedia virtual reality (VR). Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi Terapan 2014 (SEMANTIK 2014), (pp. 179-184). Semarang.
Weidner, R. T., & Brown., L. M. (2020, June 11). Physics. Retrieved from Encyclopedia Britannica: https://www.britannica.com/science/physics-science
Yildrim, B., Topalcengiz, E. S., Arikan, G., & Timur, S. (2020). Using Virtual Reality in The Classroom: Reflection of STEM Teachers on the Use of Teaching and Learning Tools. Journal of Education in Science, Environment and Health, 6(3): 231-245.
Zubaidah, S. (2018). Mengenal 4C: Learning and Innovation Skills Untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0. 2nd Science Education National Conference. Madura: Universitas Trunojoyo
DOI: https://doi.org/10.26618/jpf.v9i2.5084
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Fisika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.