Improving the Students’ Physics Learning Outcomes Using Macromedia Flash in SMAN 2 Bantul

Sriyanto Sriyanto, Moh. Irma Sukarelawan

Abstract


This study aims to improve the students' physics learning outcomes using Macromedia flash learning media. This research is a classroom action research. The research subjects were students of class XI MIA 7 SMAN 2 Bantul, consisting of 30 people (20 Females and 10 Males). Data collection was carried out in three cycles, with three meetings each. The research stages include planning, implementing the action, observing, and reflecting. The results showed an increase in students’ learning outcomes after using Macromedia flash learning media. The percentage of students’ who achieved the minimum completeness criteria in cycle 1 was 83.3%. In Cycle 2, the percentage improved to 93.3%, and in cycle 3 became 96.7%. Therefore, it can be concluded that the use of Macromedia Flash can improve student learning outcomes.

Keywords


Learning Outcomes, Learning Media, Macromedia Flash

Full Text:

PDF

References


Angrasari, F. (2018). Hubungan gaya belajar dengan hasil belajar fisika peserta didik kelas X MIA di SMAN 2 Takalar. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 225-234.

Ani, A. M. (2018). Penggunaan media kartu gambar berwarna sebagai upaya meningkatkan kemampuan bebricara pada mata pelajaran bahasa inggris di kelas VIII SMP 4 Mataram Semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 2(1), 95–119.

Aththibby, A. R., & Salim, M. B. (2015). Pengembangan media pembelajaran fisika berbasis animasi flash topik bahasan usaha dan energi. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(2), 25–33.

Budiarti, Y. (2015). Pengembangan Kemampuan kreativitas dalam Pembelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 3(1), 61-72.

Fakhri, M. I., Bektiarso, S., & Supeno. (2016). Penggunaan media pembelajaran animasi berbantuan macromedia flash pada pembelajaran fisika pokok bahasan momentum, impuls, dan tumbukan kelas X SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(3), 271–277.

Hasanah, U. (2016). Pengembangan kemampuan fisik motorik melalui permainan tradisional bagi anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1).

Idris, W. (2016). Interaksi antara pendidik dan peserta didik dalam pandangan islam. Jurnal Studi Islam, 11(2), 133.

Irfan. (2018). Desain dan uji coba multimedia pembelajaran fisika interaktif. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 175–188.

Laili, Y. N., Mahardika, I. K., & Ghani, A. A. (2015). Pengaruh model children learning in science (CLIS) disertai lks berbasis multipresentasi terhadap aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika di SMA Kabupaten Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(2), 171-175.

Masykur, R., Nofrizal., & Syazali, M. (2017). Pengembangan media pembelajaran matematika dengan macromedia flash. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177–186.

Nurdin, F., Sulastri, T., & Hasri. (2018). Pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis macromedia flash 8 pada model pembelajaran kooperatif melalui pendekatan saintifik terhadap motivasi dan hasil belajar (study pada materi pokok laju reaksi). Chemistry Education Review (CER), 1(1), 29-43.

Priandana, V. F. D., & Asto, I. G. P (2015). Pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif berbantuan software macromedia flash pada kompetensi dasar menerapkan macam-macam gerbang dasar rangkaian logika di SMK Negeri 2 Bojonegoro. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(1), 77–181.

Ramli, M. (2015). Hakikat pendidik dan peserta didik. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 5(1).

Sakti, I., Puspasari, Y. M., & Risdianto, E. (2012). Pengaruh model pembelajaran langsung (direct intruction) melalui media animasi berbasis macromedia flash terhadap minat belajar dan pemahaman konsep fisika siswa di SMA Plus Negeri 7 Kota Bengkulu. Jurnal Exacta, X(1), 1–10.

Sarah, S., & Maryono. (2014). Keefektivan pembelajaran berbasis potensi lokal dalam pembelajaran fisika SMA dalam meningkatkan living values siswa. Jurnal Pendidikan Sains Universitas Muhammadiyah Semarang, 02(01), 36–42.

Sari, N., Sunarno, W., & Sarwanto, S. (2018). Analisis motivasi belajar siswa dalam pembelajaran fisika sekolah menengah atas. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 3(1), 17–32.

Sudaningsih, I. V. (2020, March). Interaksi edukatif antara pendidik dan peserta didik untuk meningkatkan motivasi belajar bahasa inggris. In Seminar Nasional Pendidikan, 1(1).

Sulisworo, D., & Toifur, M. (2016). The role of mobile learning on the learning environment shifting at high school In Indonesia. Int. J. Mobile Learning and Organisation, 10(3), 159–170.

Suryani, N. A. (2019). Kemampuan sosial emosional anak melalui permainan raba-raba pada PAUD kelompok A. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 141-150.

Wahyuni, S. (2020). Penerapan media CLIS (children learning in science) untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi bangun ruang. Journal of Education Action Research, 4(1), 71.

Yuliana, N., Pratiwi, D. D., & Anwar, S. (2018). Pengembangan media interaktif matematika berbasis macromedia flash. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 50–60.

Yusuf, I., Widyaningsih, S. W., & Purwati, D. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran fisika modern berbasis media laboratorium virtual berdasarkan paradigma pembelajaran abad 21 dan kurikulum 2013. Pancaran Pendidikan, 4(2), 189-200.




DOI: https://doi.org/10.26618/jpf.v9i2.4525

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View JPF Stats

   Free counters!

Lisensi Creative Commons
Jurnal Pendidikan Fisika  is licensed under a Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional LicenseCopyright © Physics Education Department, Universitas Muhammadiyah MakassarAll rights reserved. (p-ISSN: 2302-8939, e- ISSN: 2527-4015)