The Implementation of Cognitive Conflict Learning Strategy in Efforts to Reduce Heat Misconception in Junior High School Students
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
R. R and D. H. Marisda, “The Effectiveness of Experimental Method in Teaching Motion Topic at Senior High School Level,” J. Pendidik. Fis., vol. 8, no. 1, pp. 33–42, 2020, doi: 10.26618/jpf.v8i1.3004.
I. S. Budiarti, U. Negeri, and S. Maret, “Profil Pembelajaran Suhu dan Kalor di SMA Se-Kabupaten Keerom,” vol. 4, no. 1, pp. 22–24, 2017.
Haryono, H. E. (2018). The Effectiveness Of Science Student Worksheet With Cognitive Conflict Strategies To Reduce Misconception On Heat Concept. Jurnal Pena Sains, 5(2), 79-86.
Nana, “Penggunaan Pendekatan Konflik Kognitif Untuk Remediasi Miskonsepsi Pembelajaran Suhu Dan Kalor,” Semin. Nas. Pendidik. SAINS “Mengintregasikan Nat. dan Nurtur. untuk Memberdayakan HOTS di Era Disrupsi,” pp. 8–14, 2018.
M. Başer, “Effect of conceptual change oriented instruction on remediation of students ’ misconceptions related to heat and temperature concepts,” J. Maltese Educ. Res., vol. 4, no. 1, pp. 64–79, 2006, doi: 10.1061/(ASCE)0733-9410(1991)117.
E. Hadi and A. Yani, “Identifikasi Miskonsepsi Materi Fisika Suhu Dan Kalor Menggunakan Cri ( Certainty of Response Index ) Pada Peserta Didik Kelas Xi Mia Sma Negeri 8 Bulukumba,” no. 1991, pp. 44–54, 2018.
E. V. Berg, Miskonsepsi Fisika dan Remediasi. Salatiga: Universitas Satya Wacana, 1991.
S. Paul, Miskonsepsi dan Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika, Gramedia W. Jakarta, 2013.
H. Ekawati and R. Hasanah, “Turnamen Belajar Pada Pokok Bahasan Kalor Dan Perubahan Wujud Zat Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Lamongan,” pp. 44–50.
S. M. Alfisyahrina Fitria, Tomo Djudin, “Remediasi Miskonsepsi Siswa pada Materi Suhu dan Kalor Menggunakan Model PBL di MAN,” J. Pendidik. dan Pembelajaran, 2014.
M. Suhu and D. A. N. Kalor, “perpustakaan.uns.ac.id digilib.uns.ac.id Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe,” 2015.
V. A. Sugiawati, “Penggunaan Strategi Konflik Kognitif dalam Pembelajaran TPS untuk Mereduksi Miskonsepsi Siswa pada Materi Termokimia,” J. Nalar Pendidik. Vol. 1, Nomor 1, vol. 1, no. 1, pp. 26–31, 2013.
N. W. Adnyani, I. W. Sadia, and I. N. Natajaya, “Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa Kelas X Di SMA Negeri 1 Bebandem Ni Wayan Adnyani , I Wayan Sadia , I Nyoman Natajaya Program Studi Administrasi Pendidikan Program Pascasarjana Universitas pendidikan Ganesha,” vol. 4, 2013.
E. Kristianti, Penerapan Pendekatan Konflik Kognitif Sebagai Upaya Mengatasi Miskonsepsi Pada Siswa Kelas VIII SMP N 10 Tegal Dalam Pembelajaran Pokok Bahasan Cahaya. 2011.
M. Ibrahim, Konsep, Miskonsepsi dan Cara Pembelajarannya. Surabaya: Unesa University Press, 2012.
S. N. Wahidah S., S. Kusairi, and S. Zulaikah, “Diagnosis Miskonsepsi Siswa SMA di Kota Malang pada Konsep Suhu dan Kalor Menggunakan Three Tier Test,” J. Pendidik. Fis. dan Teknol., vol. 2, no. 3, p. 95, 2017, doi: 10.29303/jpft.v2i3.295.
DOI: https://doi.org/10.26618/jpf.v8i3.3950
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Fisika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.