Validity Analysis of the OrDeP2E Model of Physics Learning Tools to Improve Critical Thinking Skills of High School Students
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Fadlillah. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Siburian, Corebima, Ibrohim dan Murni (2019).Analisis Validitas Hasil Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Lingkungan Berstrategi Inkuiri dan Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Kritis, Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa. Vol.5 No.1 June 2019 Hal 3147.:https://doi.org/10.22437/bio.v5i1.6825.
Panjaitan, M.,Nur & Jatmiko, B. (2016). Model Pembelajran Sains Berbasis Proses OrDeP2E untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif dan Pemahaman Konsep Siswa SMP, Jurnal Pendidikan Indonesia, 11 (1), 8-22.DOI: 10.15294/jpfi.v1lil.3999
Doa, H, Astro, B,R, & Meke, P,D,K (2020). Validity Analysis of the Science Learning Tools using Appoaches to Improve Creative Thinking Skill of Junior High School Student. JPF, Vol 8 Nomor 2:176-189. Doi 10.26618/jpf.v8i2.3226.
Ibrahim, Gunawan dan Kosim. (2020). Validitas Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Konflik Kognitif. J. Pijar MIPA. Vol.15 No. 3:214-218. Doi: 10.29303/jpm.v15i3.1878.
Siburian, J, Coorebima,D,A, Ibrohim & Saptasari, M. (2019). Analisis validitas hasil Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Lingkungan Berstrategi Inkuiri dan Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Kritis , Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa. Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi. Vol. 5 No. 1: hal 31- 45. Doi: https://doi.org/10.22437/bio.v5i1.6825.
Kemendikbud. (2016). Lampiran Permendikbud No. 22 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.
Akbar, Sa’dun (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Kuswana S. Wowo. (2013) Taksonomi Berpikir. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.
Dwijananti dan Yuliyanti (2010). “Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Melalui Pembelajaran Problem Based Instruction Pada Mata Kuliah Fisika Lingkungan”. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 6 (2010): 108-114.
Facione, Peter. (2011). Critical Thinking. What It Is and Why Its Counts. Measured Reason and The California Academic Press.
Thiagarajan, S & D.S. Semmel. (1974). Instructional Development for Training Center of Exceptional Children. Minepolish: Indiana University.
Ratumanan, T. G. (2011). Penilaian Hasil Belajar pada Tingkat Satuan Pendidikan edisi 2. Surabaya: Unesa University Press.
Borich, Gary,D. (1974). Observation Skills for Effective Teaching. The University of Texas: USA.
Kardi, S. (2012). Pengantar Pengembangan Kurikulum dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Surabaya: Unesa University Press.
Rida, N, R, dkk (2019). Validitas LKS Berbasis Problem Solving Untuk Meningkatkan Keterampilan 4C pada Materi Suhu Kalor dan Teori Kinetik Kelas XI SMA/MA , Pillar of Physics Education, Vol 12 No 4, 753-760.
Utami,D,S, dkk. (2019). Validitas Perangkat Pembelajaran Etnoekologi Masyarakat Suku Sasak Kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Jurnal Pendidikan IPA, 5(2), 240-247.
Ennis, R. H. (2011). Critical Thinking. The University of Illinois: Pretince Hall Inc.
Syarir, M. D, Putra, A & Dwiridal, L . (2018). Analisis Kelayakan Perangkat Pembelajaran Fisika Berorientasi Inkuiri Terbimbing Pada Materi Hukum Newton Tentang Gerak Untuk Pembelajaran Fisika Di Kelas X SMA/MA. Pillar of Physics Education, Vol 11 No 2, 33-40.
DOI: https://doi.org/10.26618/jpf.v8i3.3827
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Fisika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.