Implementation of the Viscometer Practicum Tool to Improve Conceptual Understanding of and Process Skills of Prospective Physics Teachers
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
D. C. Giancoli, Fisika (Prinsip dan Aplikasi), Jakarta: Erlangga, 2014.
R. N. Pambuka and D. T. Raharjo, Pembuatan Alat Eksperimen Induksi Magnet Pada Toroida Menggunakan Arduino dan Hall Effect Sensor, Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika (JMPF), vol. 2, no. 8, 2018, pp. 33-38.
I. Boimau, R. Irmawanto and M. F. Taneo, Rancang Bangun Alat Ukur Laju Bunyi di Udara Menggunakan Sensor Ultrasonik Berbasis Arduino, Cyclotron, vol. 2, no. 2, 2019, pp. 1-7.
A. D. Indrianti, Rancang Bangun Percobaan Gerak Rotasi Berbasis Mikrokontroler, Jurnal Inovasi Fisika Indonesia, vol. 7, no. 3, 2018, pp. 1-5.
Nurlina, Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains, Jurnal Pendidikan Fisika, vol. 8, no. 1, 2020, pp. 64-77.
V. N. Muswahida, Subiki and B. Supriadi, Penerapan Model Learning Cycle 7E Berbantu Alat Peraga Tiga Dimensi (3D) Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Fisika Kelas X SMA, Jurnal Pembelajaran Fisika, vol. 4, no. 3, 2015, pp. 219-223.
Suliyati, Mujasam, I. Yusuf and S. W. Widyaningsih, Penerapan Model PBL Menggunakan Alat Peraga Sederhana Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik, Jurnal CURRICULA, vol. 3, no. 1, 2018, pp. 11-22.
B. E. Jiniarti, H. Sahidu and N. N. S. P. Verawati, Implementasi Model Problem Based Learning Berbantuan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMPN 22 Mataram Tahun Pelajaran 2014/2015, Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, vol. 1, no. 3, 2015, pp. 185-192.
H. Riyadi, M. Wati and S. An’nur, Pengembangan Alat Peraga Fisika Materi Cahaya Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP, Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, vol. 2, no. 1, 2018, pp. 42-55.
F. Aprilyanti, Penerapan Metode Eksperimen Dengan Alat-Alat Sederhana Fisika Untuk Meningkatan Ketrampilan Proses Sains Siswa, Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Metro, vol. 4, no. 1, 2016, pp. 1-9.
M. Sauri, Pemanfaatan Arduino Nano Dalam Perancangan Media Pembelajaran Fisika, Natural Science Journal, vol. 3, no. 1, 2017, pp. 474-480.
R. A. Negoro, R. I. Ningtyas, Hartono and Supryadi, Menentukan Nilai Koefisien Gesek Statis Melalui Alat Peraga Gaya Sentripetal untuk Menumbuhkan Sikap Ilmiah Siswa, Risalah Fisika, vol. 3, no. 2, 2019, pp. 27-31.
A. Muhaimin, Susilawati and H. Soeprianto, Pengembangan Media Kapasitor dan Pengaruhnya Terhadap Pemahaman Konsep dan Sikap Ilmiah Siswa, Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, vol. 11, no. 1, 2015, pp. 59-72.
I. Boimau and R. N. K. Mellu, Prototype of Physics Lessons Based on Microcontroller to Increase Students' Conceptual Understanding, International Jurnal of Science and Research, vol. 6, no. 11, 2017, pp. 1812-1818.
P. Oktafiani, B. Subali and S. S. Edie, Pengembangan Alat Peraga Kit Optik Serbaguna (AP-KOS) untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains, Jurnal Inovasi Pendidikan IPA,, vol. 3, no. 2, 2017, pp. 189-200.
A. R. Dewi, M. Wati and Mastuang, Pengembangan Alat Peraga Pada Materi Tekanan Untuk SIswa SMP Dalam Melatih Keterampilan Proses Sains, Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, vol. 7, no. 1, 2019, pp. 43-52.
E. Afriyanto, Pengembangan Media Pembelajaran Alat Peraga Pada Materi Hukum Biot Savart di SMA Negeri 1 Prambanan Klaten, Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika, vol. 2, no. 1, 2015, pp. 20-24.
U. Rochayati, S. Waluyanti and D. Santoso, Inovasi Media Pembelajaran Sain Teknologi di SMP Berbasis Mikrokontroler, Jurnal Kependidikan, vol. 42, no. 1, 2012, pp. 89-98.
Daryanto, Media Pembelajaran, 1st ed., Yogyakarta: Gava Media, 2013.
A. Arsyad, Media Pembelajaran, 1st ed., Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011.
R. A. Negoro, Upaya Membangun Keterampilan Proses Sains Melalui Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Alat Peraga Gaya Sentripetal, Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK), vol. 5, no. 1, 2019, pp. 45-52.
I. N. A. Dewi and P. Prabowo, Pengembangan Alat Peraga Bandul Matematis Untuk Melatih Keterampilan Proses Siswa Pada Materi Gerak Harmonik Sederhana di Kelas XI SMAN 3 Tuban, Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, vol. 3, no. 2, 2014, pp. 189-194.
D. Ramadhan, V. Serevina and Raihanati, Pengembangan Alat Praktikum Viskometer Metode Bola Jatuh Bebas Berbasis Sensor Efek Hall UGN3503 Sebagai Media Pembelajaran Fisika, Prosiding Seminar Nasional Fisika, Vol. 5, FMIPA, Universitas Negeri Jakarta, 2016.
M. Maharani, M. Wati and S. Hartini, Pengembangan Alat Peraga Pada Materi Usaha dan Energi Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Melalui Model Inquiry Discovery Learning (IDL Terbimbing), Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, vol. 5, no. 3, 2017.
D. S. Indah and Prabowo, Pengembangan Alat Peraga Sederhana Gerak Parabola Untuk Memotivasi Siswa Pada Pembelajaran Fisika Pokok Bahasan Gerak Parabola, Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), vol. 3, no. 2, 2014, pp. 89-94.
F. Muchlis, D. Sulisworo and M. Toifur, Pengembangan Alat Peraga Fisika Berbasis Internet of Things untuk Praktikum Hukum Newton II, Jurnal Pendidikan Fisika, vol. 6, no. 1, 2018, pp. 13-20.
Susilana, Rudi and C. Riyana, Media Pembalaaran, Bandung: CV Wacana Prima, 2007.
I. Boimau and R. N. K. Mellu, Development of Microcontroller-Based Free Fall Motion Learning Materials to Increase Students' Conceptual Understanding, Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika, vol. 4, no. 1, 2019, pp. 45-55.
Damyati and Modjiono, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2009.
A. Nasar and M. B. U. Kaleka, Keefektifan Metode Eksperimen Laboratorium Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Cahaya, Keterampilan Proses Sains, dan Sikap Ilmiah Peserta Didik, Jurnal Pendidikan Fisika, vol. 7, no. 3, 2019, pp. 262-270.
N. Khoiri, A. Rusilowati, Wiyanto and Sulhadi, Mengajarkan Pemahaman Konsep Gerak Parabola Berbantuan Alat Peraga, Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, vol. 9, no. 2, 2018, pp. 119-124.
DOI: https://doi.org/10.26618/jpf.v8i3.3719
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Fisika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.