Eksplorasi Pembelajaran Tadabbur Alam Dalam Meningkatkan Kecerdasan Naturalis (Naturalistik Intellegence) Dan Kecerdasan Spiritual (Spiritual Intellegence) Siswa SMP Unismuh Makassar
Abstract
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pembelajaran Tadabbur Alam dalam meningkatkan kecerdasan natural dan kecerdasan spiritual siswa di SMP Unismuh Makassar. Sedangkan secara spesifik ingin mengetahui bagaimana implementasi model pembelajaran Tadabbur Alam dalam mata pelajaran IPA khususnya dan sekolah pada umumnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Pemerolehan data dengan observasi dan wawancara kepada pihak sekolah, guru dan siswa. Dari hasil analisis data secara kualitatif diperoleh data bahwa tingkat kecerdasan natural siswa mengalami peningkatan setelah mengikuti pembelajaran Tadabbur alam sedangkan untuk kecerdasan spiritual menunjukan adanya peningkatan setelah mengikuti pembelajaran tadabbur alam tersebut , meskipun tidak terlalu signifikan sebab masih dipengaruhi oleh kurikulum di sekolah yang mewajibkan memulai aktivitas sekolah dengan tadarrus dan shalat Duhur serta Ashar berjamaah di mesjid sekolah.
Kata kunci: Pembelajaran Tadabbur Alam, Kecerdasan Natural, Kecerdasan spiritual.
This study aims to determine the extent to which learning Natural Tadabbur in improving the natural intelligence and spiritual intelligence Unismuh junior high students in Makassar. While specifically wanted to know how the implementation of learning model Tadabbur Nature in science in particular and the school in general. The method used in this research is descriptive qualitative method. Obtaining data through observation and interviews to the school, teachers and students. From the results of data analysis of qualitative data showed that the level of intelligence of natural students has increased after following study Tadabbur nature while for spiritual intelligence shows the increase after following study tadabbur natural, though not very significant because they are influenced by the curriculum in schools required the start of school activities with tadarrus and Duhur and Asr prayers in congregation in the mosque school.
Key words: Learning Tadabbur Nature, Natural intelligence, spiritual intelligence.
Full Text:
PDFReferences
Anonim, 2013. (http://www.m-edukasi.web.id/2013/09/pembelajaran-berbasis-alam.html)
Armstrong, Thomas, Multiple intelligences in the Classroom, 3rd Edition, USA: ASCD,2009.
Bowles T. self-rated Estimates of Multiple Intelligences Based on Approaches to Learning. Australian Journal of Educational & Developmental Psychology. Vol 8, 2008.
Carvin, Andy, Naturalist Intelligence, 2011. (http://www.edwebproject.org/edref.mi.th8.html).
Connel, J Diana, Brain Based Strategies to Reach Every Learner: Surveys, Questionnaires, and Cheklists that Help You Identify Students’s Strengths – Plus Engaging Brain-Based Lessons and Activities, USA: Scholastic Inc, 2005.
Emzir, 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan (Kuantitatif dan kualitatif). Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Mitrafarm, Kecerdasan Spiritual Menetukan jati diri, 2011. (http://mitrafarm.com/blog/2008/12/15/kecerdasan-spiritual-menentukan-jati-diri/).
Moleong, Lexy. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Roasdakarya.
Mukhlis,2012.( https://mukhliscaniago.wordpress.com/2012/01/04/model-pembelajaran-alam-sekitar)
Painton, Children’s Spiritual Intellegence in International Handbooks of Religion and Education. Springer Science: Business Media, 2009.
Semiawan, Conny R. Catatan Kecil tentang Penelitian dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan. Jakarta : Kencana. 2007.
Sugiyono. 2003. Metode Penelitian Bisnis. Bandung. Pusat Bahasa Depdiknas.
Yaumi, Muhammad. 2012. Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences. Jakarta: Dian Harapan.
Zohar and Marshall, SQ, Memanfaatkan Kecerdasan Spiritual dalam Berpikir Integralistik dan Holistik untuk Memaknai Kehidupan, Versi Indinesia. Bandung: Mizan. 2001.
Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana.
DOI: https://doi.org/10.26618/jpf.v5i1.345
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Fisika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.