Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sungguminasa

Herfinayanti Herfinayanti, Bunga Dara Amin, Aisyah Azis

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Seberapa  besar hasil belajar fisika siswa kelas X SMAN 1 Sungguminasa sebelum diterapkan model pembelajaran Quantum Learning (2) Seberapa  besar hasil belajar fisika kelas  X SMAN 1 Sungguminasa setelah diterapkan model pembelajaran Quantum Learning (3) Bagaimana peningkatan hasil belajar fisika siswa sebelum dan setelah  diterapkan  model pembelajaran Quantum Learning pada kelas X SMAN 1 Sungguminasa. Penelitian ini merupakan penelitian pra eksperimen dengan menggunakan desain The One-Group pretest-posttest dengan melibatkan variabel terikat yaitu hasil belajar fisika dan variabel bebas yaitu model pembelajaran Quantum Learning. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMAN 1 Sungguminasa pada semester ganjil tahun ajaran 2016/2017 dengan sampel sebanyak 35 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar fisika. Hasil analisis deskriptif menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar Fisika peserta didik kelas X IPA 9 sebelum diajar dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Learning sebesar 10,66 dan standar deviasi sebesar 2,74 dan setelah diajar dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Learning sebesar 15,54 dan standar deviasi sebesar 3,48 dengan nilai rata-rata Gain Ternormalisasi 0,32 berada dalam kategori sedang. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Quantum Learning dapat meningkatkan hasil belajar fisika peserta didik kelas X IPA 9 SMAN 1 Sungguminasa.

Kata kunci: Pra-Eksperimen, Model Pembelajaran Quantum Learning ,Hasil Belajar

This study aims to determine (1) How big is the result of learning physics class X SMAN 1 Sungguminasa before applied learning model Quantum Learning (2) How big is the result of learning physics class X SMAN 1 Sungguminasa after applied learning model Quantum Learning (3) How to increase the results studied physics students before and after application of learning models Quantum learning in class X SMAN 1 Sungguminasa. This research is a pre-experimental design using The One-group pretest-posttest involving the dependent variable is the result of studying physics and independent variable is the learning model Quantum Learning. The population in this study were all students of grade X SMAN 1 Sungguminasa in the first semester of the academic year 2016/2017 with a sample of 35 learners. The research instrument used was a test result of studying physics. Descriptive analysis showed the average value of the learning outcomes of students of class X Physical Science 9 before taught using learning model Quantum Learning of 10.66 and a standard deviation of 2.74 and after being taught by using model study of Quantum Learning at 15.54 and a standard deviation of 3.48 with an average value of 0.32 Gain normalized in a category is. From the analysis it can be concluded that the learning model Learning Quantum physics can improve learning outcomes of students of grade X SMAN 1 IPA 9 Sungguminasa.

Keywords: Pre-Experiment, Quantum Learning ,  Learning Outcomes



Full Text:

PDF

References


De Porter, Bobbi dan Hernacki, Mike. 2015. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Menyenangkan. Bandung: Kaifa.

Kosasi, Nandang dan Sumarna, Dede. 2013. Pembelajaran Quantum dan Optimalisasi Kecerdasan. Bandung : Alfabeta.

Dahar Wilis, Ratna. 2011. Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Jumardin. 2015. Penerapan Metode Pembelajaran Improve Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X Sma Pesantren Yatama Mandiri Kabupaten Gowa. Universitas Muhammadiyah Makassar: Skripsi. Pdf. File.

Said Muhammad, Amin. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 14 Makassar. Universitas Muhammadiyah Makassar: Skripsi. Pdf. File.

Hidayat. 2010. Keefektifan Pendekatan Quantum Learning dalam Peninglatan Nilai Mata Kulyah Nahwu 1. Jurnal Saung Guru, 1(2). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.26618/jpf.v5i1.342

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View JPF Stats

   Free counters!

Jurnal Pendidikan Fisika  is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.