An Analysis of Retention Viewed from Physics Outcomes of Students in Class XI MIPA SMA Negeri 1 Takalar

Rini Rini, Nurazmi Nurazmi, Ma'ruf Ma'ruf

Abstract


This study aims to describe how much the physics learning outcomes of Class XI MIPA students in SMA Negeri 1 Takalar and to analyze the retention profile of XI MIPA students at SMA Negeri 1 Takalar. This research was conducted in September to October 2019. The type of research used was descriptive research. Samples were taken using simple random sampling technique, namely by drawing a class that will be used as a research class. The research instrument used was a test instrument in the form of descriptive questions. Data from test instruments, analyzed by descriptive test. The results showed that the physics learning outcomes of MIPA XI grade students at SsMA Negeri 1 Takalar were in the high category with an average score of 67.27 and the retention power of students at XI MIPA class at SMA Negeri 1 Takalar included in the category with a sufficient percentage of 30%.

 


Keywords


Retention, Learning Outcomes

Full Text:

PDF

References


Susanti, Dwi Eli, Indrawati, Yushardi. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction Disertai Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar dan Retensi Hasil Belajar Siswa Fisika Pembelajaran Fisika SMA (Studi Pada Kelas X MIA SMAN Arjasa Jember). Jurnal Pembelajaran Fisika, Vol 4 No 3. Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jember.

Hasanah, Nfaidah nur, supeno, Nur Wahyuni. Kekuatan Retensi Siswa Sma Kelas X Dalam Pembelajaran Fisika Pada Pokok Bahasan Momentum Dan Impuls Menggunakan Lembar Kerja Siswa Berbasis Mind Mapping. Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Sains vol. Vol 2, no. no 1, pp. 25-32, 2017

Hidayat, Agustyan. Rancang Bangun Spaced Repetition Software untuk Menghafal Huruf Jepang Menggunakan Algoritma SuperMemo 2 Berbasis iOS, ULTIMA InfoSys, vol. Vol. IX, no. ISSN 2085-4579, pp. 32-36, 2018.

Silmiati, Nina Yarana. 2017. Perbandingan Retensi Siswa SMP Pada Pembelajarn Ipa Terpadu Konsep Cahaya Antara Model Berbasis Masalah dan Metode Pembeajaran Inkuiri. LPPM Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.

Susilowati, Heni, Vandalita M M Rambitan, Afif Ruchaemi. 2017. Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Berbasis Potensi Daerah Terhadap Retensi Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Volume: 2 Nomor: 10 Bulan Oktober Tahun 2017 Halaman: 1430—1436.

Chonstantika, Ade Lucki. 2012. Penerapan Pembelajaran Model Make A Match Disertai Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi, Rasa Ingin Tahu, dan Prestasi Belajar pada Materi Hidrokarbon Siswa Kelas X-6 di SMA Negeri 2 Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi tidak diterbitkan. Surakarta: Universitas Negeri Sebelas Maret

Arikunto, Suharsimi. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta: Yogyakarta

Umam, M syaikhul, Indrawati, subikhi., Pengaruh Model Process Oriented Guided Inquiry Learning (Pogil) Terhadap Hasil Belajar Dan Retensi Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Fisika Sma/Ma Di Kabupaten Jember, Jurnal Pembelajaran Fisika.Vol 5, no. No 3, pp. 205-210, 2016.

Maruf. 2018. Statistika Dasar Untuk Penelitian Pendidikan Fisika. Makassar. LPP Unismuh Makassar

E. Donas Ahmad Najib, "Pengaruh Penerapan Pembelajaran Bermakna (Meaningfull Learning) Pada," JIP: Jurnal Ilmiah PGMI. Volume 2, Nomor 1, P-ISSN: 2527-4589, pp. 19-24, ja 2016.

Firdayanti, A. M. Irfan Taufan Asfar , A. M. Iqbal Akbar, Asfar , "Peningkatan Kemampuan Retensi Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Concept Attainment Berbasis Number Head Together," Prosiding Seminar Nasional Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat, no. 978-602-60766-7-0, pp. 435-440, 2019.

Arsad Bahri, Irma Suryani Idris, Nurjannah H. Samsidi, "Retensi Kognitif Biologi dan Sikap Ilmiah Siswa Berkemampuan Akademik Berbeda pada Strategi PBLRQA dipadu Jurnal Belajar," Jurnal Sainsmat, Vols. Volume III, No 1, no. ISSN 2579-5686, pp. 85-97, 2019.




DOI: https://doi.org/10.26618/jpf.v8i2.3384

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View JPF Stats

   Free counters!

Lisensi Creative Commons
Jurnal Pendidikan Fisika (p-ISSN: 2302-8939, e- ISSN: 2527-4015) Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.