Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Melalui Strategi Pembelajaran Discovery Terbimbing Kelas X MIA2 SMA Negeri I Barru

Rusmawati Rusmawati

Abstract


Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk memperoleh gambaran pembelajaran (PTK) melalui penerapan strategi discovery terbimbing khususnya pada materi suhu dan kalor yang dapat meningkatkan hasil belajar fisika peserta didik. PTK ini dilaksanakan di SMA Negeri I Barru pada kelas X MIA2 SMAN I Barru tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus yang setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis kualitatif. Variabel masalah penelitian ini adalah berupa hasil belajar kognitif fisika peserta didik meliputi indikator mengingat, memahami, mengaplikasikan, dan menganalisis. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata skor hasil belajar peserta didik pada siklus I sebesar 68. Hasil siklus I masih memerlukan perbaikan sehingga dilakukan siklus lanjutan. Hasil belajar fisika pada siklus II menghasilkan rata-rata ketuntasan sebesar 88,33% yang menunjukkan ketercapaian indikator dan mengalami peningkatan. Dari siklus I ke siklus II, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar fisika peserta didik kelas X MIA2 SMAN 1 Barru tahun pelajaran 2015/2016 dapat ditingkatkan melalui strategi discovery terbimbing dengan cara: pendidik memberikan motivasi awal melalui penampilan fenomena sebagai pemicu untuk merumuskan masalah dan menjawabnya dalam bentuk hipotesis. Berdasarkan temuan penelitian tindakan kelas ini, maka disarankan kepada guru fisika untuk menggunakan strategi pembelajaran discovery terbimbing pada setiap pembelajaran yang sesuai karena selain dapat meningkatkan hasil belajar fisika, peserta didik juga akan mendapatkan variasi pembelajaran sehingga mengurangi kejenuhan dan meningkatkan semangat peserta didik dalam proses pembelajaran.

Kata kunci: Hasil Belajar, Strategi Discovery Terbimbing.

This research is a classroom action research which aims to gain an overview of learning (PTK) through the implementation of guided discovery strategy, especially on the material temperature and heat that can improve learning outcomes physics students. PTK was conducted in SMA Negeri I Barru on Class X SMAN I Barru MIA2 academic year 2015/2016. This study was conducted in two cycles each cycle consisting of planning, action, observation, and reflection. Analysis of the data used in this study is a qualitative analysis. The variables of this research is a form of cognitive learning outcomes physics learners include indicators remember, understand, apply, and analyze. The results showed the average score of the study of students in the first cycle of 68. The results of the first cycle is still needed repairs that made the cycle continued. Results of studying physics at the second cycle produces an average completeness of 88.33%, showing achievement indicators and increased. From the first cycle to the second cycle, so it can be concluded that the learning outcomes of physics students of grade X SMAN 1 Barru MIA2 academic year 2015/2016 could be enhanced through guided discovery strategy by: educators provide initial motivation through the appearance of the phenomenon as a trigger for formulating the problem and the answer in the form of a hypothesis. Based on the findings of this class action, it is advisable to physics teachers to use learning strategies discovery guided at each learning appropriate because in addition to improve learning outcomes physics, students will also get a variety of learning thus reduce boredom and increase the spirit of learners in the learning process.

Key words: Learning Outcomes, Strategies Guided Discovery.


Full Text:

PDF

References


Ali, M. 2004. Psikologi Remaja. Jakarta: Bumi Aksara

Anderson, L. W., & R. Krathwohl, D. 2010. Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Depdiknas. 2003. Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan Penilaian Mata Pelajaran Fisika. Jakarta: Depdiknas.

Gredler, M.E.B. 1991. Belajar dan Membelajarkan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Hamalik, O., 2003. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : CV. Pustaka Setia

Ismail, K. 2015. Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Melalui Lembar Kegiatan Berbasis Guidded Discovery pada Peserta Didik Kelas VIII-1 SMPN 5 Bontoramba Kabupaten Jeneponto.

Kemble, E. C. 1996. Physical Science, Its Structure and Development Messachusetts. M. I. T Press. M.I.T Press.

Markaban. 200. Strategi Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Penemuan Tebimbing.. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional Pusat Pengembangan dan Penataran Pendidik Matematika.

Rahmadi, W. 2004. Strategi-Strategi Pembelajaran Matematika SMP.Surakarta: UNS Press

Rahmayani, S. 2013. Pengaruh Penggunaan Animasi Komputer Terhadap HAsil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X MAN 2 Strategi Makassar. Makassar: UNM FMIPA.

Riduan. 2011. Dasar-Dasar Statistik (Revisi ed.). Bandung: Alfabeta.

Roestiyah, N.K .2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sagala, S. 2012. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sahabuddin. 2007. Mengajar dan Belajar.Makassar: Badan Penerbit UNM.

Sudijono, A., 2009. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sudjana, N. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wisudawati & Sulistyowati, E. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.26618/jpf.v5i1.337

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View JPF Stats

   Free counters!

Jurnal Pendidikan Fisika  is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.