Pengaruh Pembelajaran Berdasarkan Pengalaman (Experiental Learning) Terhadap Pengetahuan Prosedural Fisika Ditinjau Dari Gaya Belajar Peserta Didik Kelas X MA DDI Takkalasi Barru

Dwi Fadhilah Minati

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (i) Ada atau tidaknya perbedaan pengetahuan prosedural fisika yang signifikan antara yang diajar melalui pembelajaran berdasarkan pengalaman dan yang diajar secara kenvensional pada peserta didik. (ii) Ada atau tidaknya perbedaan pengetahuan prosedural fisika untuk kelompok audiovisual yang diajar melalui pembelajaran berdasarkan pengalaman dan yang diajar secara konvensional pada peserta didik kelas X. (iii) Ada atau tidaknya perbedaan pengetahuan prosedural fisika untuk kelompok kinestetik yang diajar melalui pembelajaran berdasarkan pengalaman dan yang diajar secara konvensional pada peserta didik kelas X. (iv) Ada atau tidaknya interaksi antara gaya belajar dan model pembelajaran terhadap pengetahuan prosedural pada peserta didik kelas X MA DDI Takkalasi Barru. Jenis penulisan yang dipilih adalah penelitian eksperimen dengan desain faktorial. Penulisan ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimn yang diajar dengan model pembelajaran berdaarkan pengalaman dan kelas kontrol ang diajar dengan pembelajaran konvensional. Populasi dalam penulisan ini adalah seluruh peserta didik kelas X MA DDI Takkalasi, sedangkan sampelnya yaitu kelas XB sebagai kelas eksperimen dan XA sebagai kelas kontrol. (i) Hasil penulissn menunjukkan perbedaan pengetahuan prosedural fisika yang signifikan antara yang diajar melalui pembelajaran berdasarkan pengalaman dan yang diajar secara kenvensional. (ii) Terdapat perbedaan pengetahuan prosedural fisika untuk kelompok audiovisual yang diajar melalui pembelajaran berdasarkan pengalaman dan yang diajar secara konvensional pada peserta didik kelas X. (iii) perbedaan pengetahuan prosedural fisika untuk kelompok kinestetik yang diajar melalui pembelajaran berdasarkan pengalaman dan yang diajar secara konvensional pada peserta didik kelas X. (iv) Tidak terdapat interaksi antara gaya belajar dan model pembelajaran terhadap pengetahuan prosedural pada peserta didik kelas X MA DDI Takkalasi Barru.

Kata kunci: Pembelajaran Berdasarkan Pengalaman  (Experiental Learning), Pengetahuan Prosedural, Gaya Belajar.

The purpose of this study to determine: (i) Whether or not the difference significant procedural knowledge of physics between the taught through experiential learning and being taught by kenvensional on the learner. (Ii) There is a difference whether or not the procedural knowledge of physics to audiovisual group taught through experiential learning and being taught conventionally learner class X. (iii) There is a difference whether or not the procedural knowledge of physics to the kinesthetic group taught through experiential learning and who taught conventionally learner class X. (iv) whether or not the interaction between learning styles and learning model to procedural knowledge among students of class X MA DDI Takkalasi Barru. Been kind of writing is an experimental study with factorial design. This paper uses two classes of eksperimn classes taught by experience and learning model berdaarkan ang control class was taught by conventional learning. The population in this paper are all students of class X MA DDI Takkalasi, while the sample is classes as an experimental class XB and XA as the control class. (I) Results penulissn show differences significant procedural knowledge of physics between the taught through experiential learning and being taught by kenvensional. (Ii) There are differences in procedural knowledge of physics to audiovisual group taught through experiential learning and being taught conventionally learner class X. (iii) differences in procedural knowledge of physics to the kinesthetic group taught through experiential learning and being taught conventionally on learners class X. (iv) There is no interaction between learning styles and learning model to procedural knowledge among students of class X MA DDI Takkalasi Barru.

Key words: Learning by Experience (Experiental Learning), Procedural Knowledge, Learning Styles.


Full Text:

PDF

References


Anderson, David. 2010. Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Anggara, Ari.dkk,2011. Pengaruh model pembelajaran experiential terhadap Konsep diri dan pemahaman konsep fisika siswa kelas X SMA Negeri 4 Singaraja. Tesis. (tidak diterbitkan). Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Pendidikan Singaraja.

DePorter, Bobbi & Hernacki, Mike. 2003. Quantum Learning (Terjemahan). Bandung : Kaifa.

Ghufron, Nur dkk. 2012. Gaya Belajar (kajian teoritik). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kolb, A. Y., & Kolb, D. A. 2005. Learning Styles and Learning Spaces: Enhancing Experiential Learning in Higher Education. Academy of Management Learning & Education, 4(2), 193-212.

Muliana, 2014. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Berdasarkan Pengalaman Dan Pengetahuan Awal Terhadap Penguasaan konsep Peserta Didik di MAN Model Makassar. Tesis. Pendidikan Fisika PPs Universitas Negeri Makassar

Mulyasa, E, 2005. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Mutahharah, H. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran dan Gaya Belajar terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 30 Makassar. Tesis. Pendidikan Fisika PPs Universitas Negeri Makassar

Reigeluth, M. Charles.2009. Instructional-Design Theories And Models Volume Iii. Routledge. New York and London

Sagala,Syaiful.2010. Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung : Alfabeta

Silberman, M. 2007. Handbookof Experiental Learning. Strategi Pembelajaran dari Dunia Nyata. Translated By M. Khozim. 2014. Bandung: Nusa Media

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta. Bandung

Sugiyono, 2015. Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta. Bandung

Trisna sastradi, Model Pembelajaran Experiential (Experiential Learning) (http://mediafunia.blogspot.co.id/2013/02/model-pembelajaran-experiential.html . Diakses 22 Desember 2015)

Wahyu, Pengertian Dan Langkah-langkah Model Belajar Melalui Pengalaman (Experiential Learning Model) http://area.blogwahyu.com/p/blog-page_7.html . Diakses 22 Desember 2015 ).




DOI: https://doi.org/10.26618/jpf.v5i1.336

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View JPF Stats

   Free counters!

Jurnal Pendidikan Fisika  is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.