Keterampilan Guru Dalam Pengelolaan Kelas Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mata Pelajaran IPA Terpadu Siswa Kelas VII SMP Unismuh Makassar

Hilmi Hambali

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah keterampilan guru dalam pengelolaan kelas dapat meningkatkan motivasi belajar mata pelajaran IPA Terpadu siswa kelas VII SMP Unismuh Makassar.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilakukan dalam tiga siklus. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk melihat perubahan tingkat motivasi belajar mata pelajaran IPA Terpadu siswa kelas VII SMP Unismuh Makassar, dan perubahan tingkah laku belajar siswa dalam tiga siklus dengan menerapkan keterampilan pengelolaan kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Unismuh  Makassar. Pengumpulan data tentang tingkat motivasi belajar siswa dengan menggunakan angket dengan kriteria pilihan ya atau tidak. Sedangkan data tentang perubahan tingkah laku siswa dilakukan dengan menggunakan format observasi siswa. Analisis data dilakukan dengan dua cara yaitu dengan cara kuantitatif dan kualitatif. Secara kuantitatif menggunakan teknik analisis statistik deskriptif yang meliput tabel, frekuensi, rata-rata, persentasi, varians dan standar deviasi. Sedangkan secara kualitatif dengan mendeskripsikan perubahan tingkah laku siswa selama dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa tingkat rata-rata motivasi belajar siswa adalah 16 atau 64% dari skor ideal yaitu skor 25, siklus II rata-rata 19 atau 76% dari skor ideal, dan pada siklus III skor rata-rata 20 atau 80% dari skor ideal. Sedangkan dari segi tingkah laku belajar siswa terjadi perubahan ke arah yang positif, hal ini menunjukkan hal yang memberi harapan besar agar guru lebih termotivasi untuk mengelolah kelas yang dihadapinya.

Kata kunci: keterampilan pengelolaan kelas, motivasi belajar.

This study aims to determine whether the skills of teachers in classroom management can increase motivation to learn science subjects Integrated class VII student Makassar.Penelitian Unismuh this is a class action (classroom action research) done in three cycles. This classroom action research aims to see changes in the level of motivation to learn science subjects Integrated class VII student Unismuh Makassar, and changes in behavior of students in three cycles by applying classroom management skills. The sample in this research is the students of class VII A junior Unismuh Makassar. Data collection on the level of student motivation by using a questionnaire with yes or no selection criteria. While the data on changes in student behavior is done by using the observation formats student.
Data analysis was done in two ways, namely by means of quantitative and qualitative. Quantitatively using descriptive statistical analysis techniques that cover the tables, frequency, average, percentage, variance and standard deviation. While qualitatively by describing the changes in behavior of students during the learning process. The results of the study in the first cycle showed that the average level of student motivation is 16 or 64% of the ideal score is a score of 25, the second cycle an average of 19 or 76% of the ideal score, and the third cycle an average score of 20 or 80 % of the ideal score. In terms of student learning behavior changes in a positive direction, it indicates that gives great hope that teachers are more motivated to manage the class that it faces.

Key Words: classroom management skills, motivation to learn.



Full Text:

PDF

References


Arikunto, 1995. Manajemen Penelitian. Yogyakarta : Rineka Cipta

Damin, Sudarwan. 2002. Inovasi Pendidikan dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan. Bandung : CV. Pustaka

Hamalik. Umar. 2000. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung : Sinar Baru

Hudojo. H. 1998. Psikologi dalam Belajar Mengajar. Jakarta : Usaha Nasional

Kurniasih. D. 1997. Konstribusi Layanan Bimbingan Belajar dalam PBM IKIP. Bandung

Prayitno.E.1989. Motivasi dalam Belajar. Jakarta : Depdikbud

Purwanto, Ngalim. 2002. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi. Bandung: Remaja Rodokarya

Riduan. 2002. Skala Pengukuran Variabel Penelitian. Bandung : Alfabeta

Sanjaya, Wina. 2005. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Bebasis Kompetensi 2004. Jakarta : Kencana

Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta

Sunaryo, S. 1984. Psikologi Pendidikan. Jakarta : CV. Rajawali.

Suryabrata, S. 1984. Pengantar Psikologi Pendidikan. Jakarta : CV. Rajawali

Syaodih. Agus. 1999. Sikap Belajar Siswa Aktif dan Motivasi dari Guru dengan Prestasi Belajar. IKIP Bandung

Thonthowi, A. 1991. Psikologi Pendidikan. Bandung Angkasa

Winkel, W.S. 1987. Bimbingan dan Kongseling di Institusi Pendidikan. Jakarta : Gramedia

Yamin, M. 2006. Profesionalisme Guru dalam Orientasi KBK. Jakarta : Gaung Persada

Yusuf. Syamsu. 1993. Dasar – Dasar Pembinaan Kemampuan Proses Belajar Mengajar, Bandung : CV. Andria..




DOI: https://doi.org/10.26618/jpf.v4i3.333

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View JPF Stats

   Free counters!

Jurnal Pendidikan Fisika  is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.