Peranan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange (RTE) Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIIB SMP Negeri 13 Makassar

Asmawati Asmawati

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian Pra Eksprimen yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Fisika siswa kelas VIIB SMP Negeri 13 Makassar jika diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Rotating Trio Exchange (RTE) tahun ajaran 2016/2017. Subjek populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 13 Makassar  tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 273 siswa dengan sampel 27 siswa yang ditentukan melalui acak kelas. Disain penelitian yang digunakan adalah Pre test-Post test one group design. Hipotesis penelitian adalah terdapat peningkatan hasil belajar  fisika siswa kelas VIIB SMP Negeri 13 Makassar yang signifikan setelah diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Rotating Trio Exchange (RTE).Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar fisika yang memenuhi kriteria valid dengan reliabilitas 0,93 sebanyak 27 butir.Teknik analisis data yang digunakan  dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan skor rata-rata hasil belajar fisika siswa kelas VIIB SMP Negeri 13 Makassar setelah diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Rotating Trio Exchange (RTE) sebesar 13,44 dan standar deviasi 3,87. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa hasil belajar fisika siswa kelas VIIB SMP Negeri 13 Makassar tahun ajaran 2016/2017 setelah diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Rotating Trio Exchange (RTE) lebih baik dibandingkan dengan sebelum diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Rotating Trio Exchange (RTE) pada taraf nyata α = 0,05.

Kata kunci: Penelitian Pra-eksperimen, pembelajaran kooperatif tipe Rotating Trio Exchange (RTE), statistik deskriptif, statistik inferensial

This research is pre experiment that aims to identify learning outcome Physical VIIB grade students of SMPN 13 Makassar if taught using cooperative learning model Rotating Trio Exchange (RTE) 2016/2017 academic year. Subjects in this study population was all students of class VII SMP Negeri 13 Makassar 2016/2017 school year 273 students with a sample of 27 students who are determined via a random class. The design study is a test Pre-Post test one group design. The study hypothesis is there is an increase learning outcomes physics VIIB grade students of SMPN 13 Makassar significant after being taught by cooperative learning model Rotating Trio Exchange (RTE) .Instrumen research is studying physics test results are valid criteria with a reliability of 0.93 as 27 butir.Teknik data analysis used in this research is descriptive and inferential statistics. Descriptive analysis showed an average score of student learning outcomes physics class VIIB SMP Negeri 13 Makassar after being taught by cooperative learning model Rotating Trio Exchange (RTE) of 13.44 and a standard deviation of 3.87. The results of inferential analysis showed that the learning outcomes of students' physics class VIIB SMP Negeri 13 Makassar 2016/2017 school year after being taught by using cooperative learning model Rotating Trio Exchange (RTE) is better than before taught using cooperative learning model Rotating Trio Exchange ( RTE) on the real level α = 0.05.

Key Words: Pre-experimental study, cooperative learning Rotating Trio Exchange (RTE), descriptive statistics, inferential statistics


Full Text:

PDF

References


Arif, M.T. 2005. Dasar-dasar statistika. Badan penerbit UNM: Makassar.

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Haling, A. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Badan Penerbit UNM: Makassar.

Hamalik, O. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Bumi Aksara: Jakarta.

Ibrahim, M. 2000. Strategi Belajar Mengajar Matematika Pembelajaran Kooperatif. Universitas Negeri Surabaya: Surabaya.

Isjoni. 2010. Cooperative Learning. Alfabeta: Bandung.

Muslich, M. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara: Jakarta.

Martawijaya Agus. 2004. Dasar-dasar Pendidikan MIPA. Makassar : Fisika FMIPA UNM.

Sanjaya, W. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana: Jakarta.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slavin, E., Robert. 2008. Cooperatif Learning. Bandung: Nusa Media.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Prestasi Pusat: Jakarta.

Wena, M. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontenporer. Bumi Aksara: Jakarata.

Winatapura, U. S. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Universitas Terbuka: Jakarta.

Zuriah, N. 2007. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Bumi Aksara: Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.26618/jpf.v4i3.332

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View JPF Stats

   Free counters!

Jurnal Pendidikan Fisika  is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.