Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Siswa Kelas X SMA Handayani Sungguminasa Kabupaten Gowa

Multasyam Multasyam, Ahmad Yani, Maruf Maruf

Abstract


Jenis penelitian ini adalah penelitian Pra Eksprimen yang bertujuan untuk: (1) Mengetahui seberapa besar hasil belajar fisika sebelum diajar dengan model Pembelajaran Langsung. (2) Mengetahi seberapa besar hasil belajar fisika setelah diajar dengan model Pembelajaran Langsung. (3) Mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar fisika setelah diajar dengan model Pembelajaran Langsung. Desain penelitian ini adalah The One Group pretest-posttes Design yang melibatkan dua variabel terdiri dari variabel bebas dan varibel terikat. Variabel terikat yaitu hasil belajar dan variabel bebas yaitu model pembelajaran langsung. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar fisika sebanyak 20 item yang berbentuk multiple choise atau pilihan ganda pada pokok bahasan “Gerak Lurus”. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Handayani Sungguminasa pada semester ganjil tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 27 orang. Hasil penelitian menunjukkan pre test siswa memperoleh skor rata-rata 7,92 sedangkan post test diperoleh skor rata-rata  12,74 dan skor rata-rata uji gain ternormalisasi sebesar 0,40. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas X SMA Handayani Sungguminasa meningkat dalam kategori sedang setelah diterapkan model pembelajaran langsung.

Kata Kunci: Penelitian Pra-Eksperimen, Model Pembelajaran Langsung, Uji N-Gain.

This type of research is research Pre Experiments aimed at: (1) Knowing how big the learning outcomes taught physics before with Direct Learning model. (2) mengetahi how big the learning outcomes once taught physics by Direct Learning model. (3) Knowing how learning outcome physics after being taught by Direct Learning model. The design of this study is one group pretest-posttes Design involving two variables consisting of independent variables and the dependent variable. The dependent variable is the result of learning and independent variables that direct instructional model. The research instrument used is physics achievement test as many as 20 items in the form of multiple choice multiple choise or on the subject of "Straight Motion". Subjects in this study were students of class X SMA Hand Sungguminasa on odd semester academic year 2015/2016 as many as 27 people. The results showed pre-test students gain an average score of 7.92 while the post-test scores obtained an average score of 12.74 and the average test normalized gain of 0.40. It can be concluded that the results of class X student SMA Hand Sungguminasa increase in the medium category after learning model is applied directly.

Key Words: Pre-Experimental Research, Direct Instruction Model, Test N-Gain.



Full Text:

PDF

References


Anori, S, Azrisal dan Putra, A. 2013 Pengaruh Penggunaan Buku Ajar Elektronik Dalam Model Pembelajaran Langsung Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 1 Lubuk Alung. Pillar of Physics Education,1: 104-111: FMIPA Universitas Negeri Padang

Eko, R, Indra, S dan Yunia, M, P. 2012. Pengaruh Model Pembalajaran Langsung (Direct Instruction) Melalui Media Animasi Berbasis Macromedia Flash Terhadap Minat Belajar dan Pemahaman Konsep Fisika Siswa di SMA Plus Negeri 7 Kota Bengkulu. Jurnal Exacta, 10 (1): 1-10: Universitas Bengkulu

Lubis, A, R dan Binari, M. 2010. Pengarub Model Dan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Dan Retensi Siswa Pada Pelajaran Biologi Di Smp Swasta Muhammadiyah Serbelawan. Jumal Pendidikan Biologi, 1(3):186-206: Universitas Negeri Medan.

Amri, S dan Iff, K, A. 2010. Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Arikuntoro, S, Supriadi dan Supardi. 2001. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sudjana, N. 1989. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sofiyah. 2010. Pengaruh Model Pengajaran Langsung (Direct Instruction) Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Skripsi diterbitkan. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

Usman, H. 2006. Pengantar Statistika. Yogyakarta : Bumi Aksara.VIIA Smp Negeri 1 Bissappu. Skripsi Tidak diterbitkan. Makassar: Unismuh Makassar.

Yusran, M. 2014. Penerapan Modul Berbasis Lingkungan Melalui Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Peserta didik Kelas VIIA Smp Negeri 1 Bissappu. Skripsi Tidak diterbitkan. Makassar: Unismuh Makassar.




DOI: https://doi.org/10.26618/jpf.v4i3.328

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View JPF Stats

   Free counters!

Jurnal Pendidikan Fisika  is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.