Pengembangan Asesmen Kinerja Untuk Penilaian Mahasiswa Pada Praktikum Fisika Dasar II Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar

Erna Fitriani Pertiwi

Abstract


Telah dilakukan penelitian pengembangan yang bertujuan (1) mengembangkan asesmen kinerja untuk penilaian mahasiswa pada praktikum Fisika Dasar II Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar, (2) mendeskripsikan tentang profil asesmen kinerja untuk penilaian mahasiswa pada praktikum Fisika Dasar II Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar. Asesmen kinerja dikembangkan menggunakan model pengembangan four-D (4-D) yang terdiri dari tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Perangkat asesmen kinerja terdiri dari, petunjuk penggunaan asesmen kinerja dan instrumen asesmen kinerja untuk penilaian mahasiswa pada praktikum Fisika Dasar II Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, perangkat asesmen kinerja dinyatakan valid oleh pakar dan praktis berdasarkan persepsi dari praktisi (asisten/dosen) dan subjek (mahasiswa), sehingga layak digunakan sebagai format asesmen untuk penilaian mahasiswa pada praktikum Fisika Dasar II Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar.

Kata Kunci: Pengembangan, Asesmen Kinerja, Praktikum Fisika Dasar II

This research and development aimed at (1) developing performance assessment to assess students on Basic Physics II practicum in Physics Education Study Program of Muhammadiyah University in Makassar, (2) obtaining information on the profile of performance assessment on Basic Physics II practicum. The performance assessment was developed using four-D (4-D) development model consisted of the defining phase, the design phase, the development phase, and the dissemination phase. The performance assessment package consisted of the manual of performance assessment and the instrument of performance assessment to assess students on Basic Physics II practicum in Physics Education Study Program of Muhammadiyah University in Makassar. The result of the study revealed that the package of performance assessment was confirmed as valid by the experts and practical based on the perception from the practitioners (lecturer/assistant lecturer) and the subjects (students); thus, it was feasible to be used as an assessment formant to assess students on Basic Physics II practicum in Physics Education Study Program of Muhammadiyah University in Makassar

Key words : development, performance assessment, Basic Physics II practicum


Full Text:

PDF

References


Anderson, L.W & David.R. 2010. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Anggereni, S. 2013. Pengembangan Asesmen Kinerja untuk Mengases Keterampilan Proses Sains Mata Kuliah Fisika Dasar Calon Guru Fisika UIN Alauddin. Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: Program Pascasarjana UNM

Arikunto, S. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Dahar. R.W. 1986. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga

Firman, H. 2013. Evaluasi Pembelajaran Kimia. Bandung: Jurusan Pendidikan Kimia UPI

Haryati, M. 2009. Metode dan Teknik Penilaian pada Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada

Hartatiek. 2011. Pengembangan Assesmen Kinerja untuk Meningkatkan Kualitas Penilaian Praktikum Fisika Dasar II Mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika FMIPA UM. Prosiding Seminar Nasional Lesson Study 4 (240-246). Malang : Universitas Negeri Malang

Hibbard, M. 1995. Performance Assessment in Science Classroom. Westerville, Glencoe

Ibrahim, M. 2005. Asesmen Berkelanjutan. Surabaya: UNESA Press.

Muslich, M. 2011. Authentic Assessment Penilaian Berbasis Kelas dan Kompetensi. Bandung: Refika Aditama

National Research Council. 1996. National Science Education Standars. USA: The National Academy of Sciences

Nurdin. 2007. Model Pembelajaran Matematika yang Menumbuhkan Kemampuan Metakognitif untuk Menguasai Bahan Ajar. Disertasi. Tidak Diterbitkan. Surabaya: Unesa

Nurgiyantoro, B. 1988. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogyakarta: BPFE.

Nurlina. 2009. Pengembangan Perangkat Activity-Based Assessment untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Eksperimen Fisika bagi Mahasiswa pada Mata Kuliah Praktikum Fisika Dasar I. Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: Program Pascasarjana UNM

Popham, W.J. 1995. Classrom Assesment: What Teacher Need to Know, Needham Height, MA: Allyn and Macon

Rustaman, N.Y. 2005. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: Universitas Negri Malang.

Semiawan, C. dkk. 1992. Pendekatan Keterampilan Proses, Bagaimana Mengaktifkan Siswa dalam Belajar. Jakarta: Gramedia

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M.I. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A. Sourcebook. Indiana: Indiana University

Tim Penyusun Modul Praktikum Fisika Dasar II. 2015. Modul Praktikum Fisika Dasar II. Prodi Pendidikan Fisika Unismuh Makassar. Makassar

Tippler. 1998. Fisika Universitas. Jakarta: Erlangga

Undang-Undang Republik Indonesia No. 12 Pasal 13 Poin 2 Tahun 2012 Tentang Perguruan Tinggi

Uno, H.B & Satria K. 2014. Assessment Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara

Young & Freedman. 2002. Fisika Universitas. Jakarta: Erlangga




DOI: https://doi.org/10.26618/jpf.v4i3.327

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View JPF Stats

   Free counters!

Jurnal Pendidikan Fisika  is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.