Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Melalui Model Pembelajaran inquiri pada Peserta Didik Kelas VII MTs. Aisyiyah Sungguminasa

Harini Harini, Abd Samad, Nurlina Nurlina

Abstract


Penelitian ini adalah Classroom Action Research (Penelitian Tindakan Kelas) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar fisika peserta didik kelas VII Mts.Aisyiyah Sungguminasa.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes akhir siklus I dan siklus II serta lembar observasi. Menganalisis data dengan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil yang diperoleh dari analisis deskriptif kuantitatif adalah sebagai berikut: Skor rata-rata hasil belajar fisika peserta didik kelas VII Mts. Aisyiyah Sungguminasa pada siklus I sebesar 65,17 dan standar deviasi 13,26 Pada siklus II skor rata-rata sebesar 73,41 dengan standar deviasi 10,4 keduanya berada pada kategori tinggi. Terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik dengan jumlah frekuensi peserta didik yang berada pada kategori tinggi semakin meningkat yakni pada siklus I (14 peserta didik ) atau 41,18% dan siklus II (24 peserta didik) atau 70,59%. Hasil yang diperoleh secara analisis deskriptif kualitatif adalah semangat dan antusias peserta didik  dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar sangat tinggi, hal ini ditunjukkan dengan kurangnya peserta didik yang melakukan kegiatan lain yang mengganggu kegiatan pembelajaran, meningkatnya jumlah peserta didik yang  menyelesaikan latihan yang diberikan, baik latihan di sekolah maupun tugas di rumah. Selain itu semakin besar frekuensi peserta didik yang ingin menyelesaikan soal-soal yang diberikan oleh guru.Dari hasil analisis di atas dapat disimpulkan bahwa melalui pembelajaran model pembelajaran inquiri dapat meningkatkan hasil belajar fisika peserta didik kelas VII MTs.Aisyiyah Sungguminasa tahun ajaran 2014/2015.

Kata Kunci : Hasil belajar Fisika, Model Pembelajaran Inquiri.

This research is a classroom action research that aims to improve the learning outcomes of physics students of class VII MTs. Aisyiyah Sungguminasa.Data collection techniques used are the final test cycle I and cycle II and observation sheet. Analyzing the data with quantitative and qualitative descriptive analysis. The results obtained from the quantitative descriptive analysis is as follows: The average score of physics learning outcomes of students of class VII MTs. Aisyiyah Sungguminasa the first cycle of a standard deviation of 65.17 and 13.26 in the second cycle an average score of 73.41 with a standard deviation of 10.4 are both at a high category. An increase in the study of students by the number of frequencies learners who are at high category which increased in the first cycle (14 students) or 41.18% and cycle II (24 students) or 70.59%. the results obtained qualitative descriptive analysis is the spirit and enthusiasm of learners in the following learning activities is very high, this is indicated by the lack of learners who perform other activities that disrupt learning activities, increasing the number of learners who completed the training provided, good practice in schools and tasks at home. besides the greater frequency of learners who want to solve the problems given by the teacher. From the above analysis it can be concluded that the inquiry learning model through learning can improve learning outcomes physics students of class VII MTs. Aisyiyah Sungguminasa academic year 2014/2015

Keywords: physics learning outcomes, learning model inquiri.



Full Text:

PDF

References


Kristianingsih,dkk.2010. Peningkatan hasil belajar peserta didik melalui model pembelajaran inkuiri dengan metode pictorial riddle pada pokok bahasan alat- alat optik di smp. Http// Journal.unnes.ac.id). diakses 21 Desember 2014.

Haling A. 2007. Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM

Jihad A & Haris A. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta. Multi Presindo. Yogyakarta

Lie, A. 2010. Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: PT. Gramedia

Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Purwanto. 2008. Evaluasi Hasil Belajar. Surakarta: Pustaka Pelajar.

Sudjana. 2011. Penilaian Hasil Belajar Mengajar, Bandung.PT RemajaRosdakarya.

Sudjana. 2004. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung. Sinar Baru Algesindo

Trianto.2011. Model-model pembelajaran inovatif berorientasi kontruktivistik. Jakarta: prestasi pustak




DOI: https://doi.org/10.26618/jpf.v4i2.313

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View JPF Stats

   Free counters!

Lisensi Creative Commons
Jurnal Pendidikan Fisika (p-ISSN: 2302-8939, e- ISSN: 2527-4015) Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.