Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Melalui Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Muhammadiyah Limbung

Nuraisyah Nuraisyah, Abd Samad, Maruf Maruf

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian classroom action research (penelitian tindakan kelas) yang bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Inquiry Terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar fisika peserta didik kelas VIII4 SMP Muhammadiyah Limbung. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII4 SMP Muhammadiyah Limbung pada semester ganjil tahun pelajaran 2014/2015 dengan jumlah peserta didik 45 orang. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar dan observasi. Data hasil belajar dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan data hasil observasi dianalisis dengan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata peserta didik pada siklus I sebesar 68,67. Sedang pada siklus II diperoleh nilai rata-rata peserta didik sebesar 75,44. Hal ini memperlihatkan adanya peningkatan hasil belajar fisika. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkan model pembelajaran Inquiry Terbimbing pada peserta didik kelas VIII4 SMP Muhammadiyah Limbung dalam proses pembelajaran, maka hasil belajar fisika, dan keaktifan peserta didik dapat meningkat.

Kata kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Inquiry Terbimbing.

This research is a classroom action research  that aims to determine whether guided inquiry learning model to improve learning outcomes of students in class VIII4 physics SMP Muhammadiyah Limbung. The research subjects were students of class VIII SMP Muhamadiyah Limbung unsteady on odd semester of the school year 2014/2015 the number of students 45. This study conducted by two cycles, data retrieval is done by using the achievement test and observation. Learning outcome data were analyzed using quantitative analysis and data were analyzed with the observation of qualitative analysis. The results showed that the average score of students in the first cycles of 68,67. Where as in the second cycles obtained average value 75,44 students. The results showed an increase in learning outcomes physics. Of the results of this study it can be concluded that the applied model of guided inquiry learning among students in class VIII SMP Muhammadiyah Limbung in he learning process, the learning outcomes of physics and active learners can increase

Keywords: Result of learning, Learning Model , Guided inquiry



Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2002. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Deta,U.A., Suparmi., Winda,S. 2013. Pengaruh Metode Inkuiri Terbimbing dan Proyek, Kreativitas, Serta Keterampilan Proses Sains Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. Semarang. (9): 28-34

Isa,A., Sutikno., Wahyudin.2010. Keefektifan Pembelajaran

Berbantuan Multimedia Menggunakan Metode Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Minat dan Pemahaman Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. Semarang (6): 58-62

Jihad,Asep dan Haris,Abdul. 2012. Pembelajaran Evaluasi. Yogyakarta: Multi Presindo

Jauhar,Mohammad.2011.Implementasi Paikem dari behavioristik sampai konstruktivitas. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher

Kurniawan, Wawan dan Endah, Diana. 2010. Pembelajaran Fisika Dengan Metode Inquiry Terbimbing Untuk Mengembangkan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. Semarang. 149-157

Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta:KencanaPrenada Media

Sudjana. 2000. Statistika Untuk Ekonomi dan Niaga. Bandung: Tarsito

Tiro, M. A. 2000. Statistik Dasar. Makassar: UNM Makassar.

Yanto. 2013.Jadi Guru Yang Jago Penelitian TindakanKelas. Yogyakarta: Andi Offset




DOI: https://doi.org/10.26618/jpf.v4i2.311

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View JPF Stats

   Free counters!

Jurnal Pendidikan Fisika  is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.