Penerapan Model Multimedia Interaktif (MMI) pada Pembelajaran Fisika Materi Fluida untuk Peserta Didik Kelas XI MIA3 SMA Negeri 22 Makassar

Nur Ajija, Muhammad Arsyad, Aisyah Azis

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hasil belajar Fisika peserta didik kelas XI MIA3SMA Negeri 22 Makassar sesudah diajar dengan menggunakan Model pembelajaran Multimedia Interaktif (MMI).  Penelitian ini merupakan penelitian pra eksperimen dengan menggunakan desain one-shot case study design dengan melibatkan variabel terikat yaitu hasil belajar Fisika dan variabel bebas yaitu Model pembelajaran Multimedia Interaktif (MMI).Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA3 SMA Negeri 22 Makassar sebanyak 43 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar Fisika dengan reliabilitas test 0,717 dengan bentuk instrument multiple choice test (tes pilihan ganda) sebanyak 50 soa dan memenuhi kriteria valid 20 soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar Fisika siswa kelas XI MIA3 SMA Negeri 22 Makassar sebesar 77,24. Kemudian, dari hasil analisis dengan uji t diperoleh thitung sebesar  2.699 lebih besar dari setelah ttabel = 1,864 yang berarti nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas XI MIA3 SMA Negeri 22 Makassar dapat mencapai 75% dari nilai ideal.

Kata kunci: Pra-eksperimen, Multimedia Interaktif (MMI), Reliabilitas dan  Hasil Belajar

This study aims to determine how big the learning outcomes of students of class XI physics MIA3 SMAN 22 Makassar after taught using Multimedia Interactive Learning Model (MMI). This research is a pre-experimental design using one-shot case study design involving the dependent variable is the result of studying physics and independent variables that Interactive Multimedia Learning model (MMI). The subjects were students of class XI MIA3 SMAN 22 Makassar as many as 43 students. The research instrument used is physics achievement test with the reliability test instrument .717 with a form of multiple choice test (multiple choice test) by 50 soa and valid criteria 20 matter. The results showed that the average value of learning outcomes MIA3 Physics class XI student of SMAN 22 Makassar at 77.24. Then, from the results of the analysis with t test obtained t for 2,699 greater than after the table = 1.864 which means that the average value of learning outcomes MIA3 class XI student of SMAN 22 Makassar can reach 75% of the ideal value.

Key words:Pre - experiment , Interactive Multimedia ( MMI ) , Reliability and Learning Outcomes



Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta Timur:Bumi Aksara.

Daryanto., Tasrial. 2012. Konsep Pembelajaran Kreatif. Yokyakarta: Gava Media

Daryanto. 2013. Media Pembelajaran.Yokyakarta. Gava Media

Fadlillah, M. 2014. Implementasi Kurikulum 2013. Yogyakarta. Ar-ruzz Media

Faizin, M. N. 2009. Penggunaan Model Pembelajaran Multimedia Interaktif (MMI) Pada Konsep Listrik Dinamis Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Dan Memperbaiki Sikap Belajar Siswa.Jurnal tidak diterbitkan

Hasrul, B. 2010.Langkah-Langkah Pengembangan Pembelajaran Multimedia Interaktif.Jurnal tidak diterbitkan

Riduwan. 2008. Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfa Beta

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sudjana. 1992. Metode Statistik. Bandung: Tarsito

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta Bandung.

Waryanto, N. H. 2008. Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran.Jurnal tidak diterbitkan

http://abazariant.blogspot.com/2012/10/definidi-kognitif-afektif-dan psikomotor.html?m=1diakses pada tanggal 25April 2015.

http://sdnegerisawahsaptosari.blogspot.com/2013/11/kerangka-berpikir-dan-karakteristik.html?m=1diakses pada tanggal 09 Oktober 2014.

Mertzel, D. 2003. The relationship between mathematics preparation and conceptual gain in physics a possible hidden variable in diagnostic. [online]. Tersedia dari URL: http://jps.aip.org/ajp. [09 Oktober 2014 ].




DOI: https://doi.org/10.26618/jpf.v4i2.310

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View JPF Stats

Flag Counter

Lisensi Creative Commons
Jurnal Pendidikan Fisika (p-ISSN: 2302-8939, e- ISSN: 2527-4015) Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.