Penerapan Model Contextual Teaching Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar Fisika pada Siswa Kelas XI SMA Handayani Sungguminasa Kabupaten Gowa

Nurhidayah Nurhidayah, Ahmad Yani, Nurlina Nurlina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar fisika sebelum dan setelah diajar melalui model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), serta  peningkatan hasil belajar fisika pada siswa  kelas XI SMA Handayani Sungguminasa. Penelitian ini adalah penelitian pra eksperimen yang menggunakan desain The One Group Pretest-posttest yang melibatkan dua variabel terdiri dari variabel terikat dan variabel bebas. Variabel terikat yaitu hasil belajar fisika siswa dan variabel bebas yaitu model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar fisika sebanyak 25 item yang berbentuk multiple choise test  pada pokok bahasan “Gerak Harmonik Sederhana”. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif dan uji gain. Sampel penelitian ini berjumlah 23 orang.  Hasil penelitian menunjukkan pada pre test siswa memperoleh skor rata-rata hasil belajar sebesar 8,60. Sedangkan pada post test diperoleh skor rata-rata  sebesar 13,33. dan skor rata-rata uji gain ternormalisasi sebesar 0,31.Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas XI SMA Handayani Sungguminasa meningkat dalam kategori sedang setelah diterapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL).

Kata kunci: hasil belajar fisika, model Contextual Teaching and Learning (CTL).

This study aims to determine the physics learning outcomes before and after being taught through learning model Contextual Teaching and Learning (CTL), as well as improving learning outcomes physics at high school students of class XI Hand Sungguminasa. This research is a pre-experimental design using The one group pretest-posttest involving two variables consisting of the dependent variable and independent variables. The dependent variable is the result of learning physics students and the independent variable is the learning model Contextual Teaching and Learning (CTL). The research instrument used is physics achievement test as many as 25 items in the form of multiple choise test on the subject "Simple Harmonic Motion". The data analysis technique used in this research is descriptive statistics and test gains. The study sample was 23 people. The results showed in the pre-test students gain an average score of 8.60 learning outcomes. While in the post test obtained an average score of 13.33. and the average score for 0,31.Sehingga normalized gain test can be concluded that the learning outcomes of students of class XI SMA Handayani  Sungguminasa increase in the medium category after learning model applied Contextual Teaching and Learning (CTL).

Keywords: physics learning outcomes, the model Contextual Teaching and Learning (CTL).


Full Text:

PDF

References


Ali, S dan Khaeruddin. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Aqib, Zaenal. 2013. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual. Bandung: Yrama Widya

Arikonto, Suharsimi. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara

D, Yulianti, dkk. 2011. Penerapan Jigsaw Puzzle Competition dalam Pembelajaran Kontekstual untuk

Meningkatkan Minat dan Hasil BelajarFisika Siswa SMP.Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia.6 (1):84-89. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Hake, Richard. 2002. Analyzing Change/ Gain Scores. (Online), (http://list.asu.edu), diakses 32 April 2015.

Komalasari, Kokom. 2013. Pembelajaran Kontekstual. Bandung: PT. Refika Aditama.

Kosasih, N dan Dede, S. 2013. Pembelajaran Quantum dan Optimalisasi Kecerdasan. Bandung: Alfabeta.

K, Slamet, dkk. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual React terhadap Pemahaman Konsep Fisika dan KeterampilanProses Sains Siswa Kelas VIII SMP. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. 3 (1):1-12. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Musfiqon. 2011. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Sidoarjo: PT. Prestasi Pustaka.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Kencana.

Sugiyono, 2014. Metodel Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

2014. Keunggulan-dan-Kelemahan-Pembelajaran Kontekstual. (Online), http://www.edukasi.web.id. diakses 28 April 2015.




DOI: https://doi.org/10.26618/jpf.v4i2.307

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View JPF Stats

   Free counters!

Lisensi Creative Commons
Jurnal Pendidikan Fisika (p-ISSN: 2302-8939, e- ISSN: 2527-4015) Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.