The Influence of Virtual Labs on the Students’ Learning Outcomes and Scientific Attitudes at Physics Education Study Program Flores University

Ilyas Ilyas, An Nisaa Al Mu’min Liu, Hamsah Doa

Abstract


This study aims to determine learning outcomes and the scientific attitudes of students at physics education study programs using virtual lab. This type of research is quantitative research. It uses descriptive statistical analysis and inferential stattistics to illustrate data learning outcomes and the scientific attitudes of students at physics education study Universitas Flores using the virtual lab. Data collection techniques used in this study were test for learning outcomes and observatory techniques for the scientific attitude. From the results of descriptive analysis for learning outcomes, it shows that the average is 75,05 in the enough category. The results of inferential statistics show t count is 2,770, sig(2-tailed) 0,011. Because the sig(2-tailed) value of 0,011 is smaller than 0,05, thus it can be concluded that use of the virtual lab influences the learning outcomes. For the scientific attitudes it shows that the average is 76,14 in the enough category. The results of inferential statistics show t count is 3,875, sig(2-tailed) 0,001. Because the sig(2-tailed) value of 0,001 is smaller than 0,05, thus it can be concluded that use of the virtual lab influences the scientific attitudes of students at physics education study Universitas Flores.

Keywords: Virtual Lab, Learning Outcomes, Scientific Attitude

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dan sikap ilmiah mahasiswa program studi pendidikan fisika Universitas Flores dengan menggunakan virtual laboratorium. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif , dengan analisis statistik deskfiptif dan statistik inferensial untuk menggambarkan hasil belajar dan sikap ilmiah mahasiswa program studi pendidikan fisika Universitas Flores menggunakan Virtual Laboratorium. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes untuk mengukur hasil belajar serta lembar observasi untuk mengukur sikap ilmiah mahasiswa program studi pendidikan fisika. Dari hasil analisis deskriptif untuk hasil belajar menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar mahasiswa adalah 75,05 dalam kategori cukup, sedangkan hasil statistik inferensial menunjukkan nilai t hitung 2,770, sig(2-tailed) 0,011. Karena nilai sig(2-tailed) 0,011 lebih kecil dari 0,05 hal ini menunjukkan bahwa penggunaan virtual laboratorium berpengaruh terhadap hasil belajar fisika mahasiswa program studi pendidikan fisika Universitas Flores. Untuk sikap ilmiah berdasarkan analisis deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata 76,14 dalam kategori cukup, sedangkan hasil statistik inferensial menunjukkan nilai t hitung 3,875, sig(2-tailed) 0,001. Karena nilai sig(2-tailed) 0,001 lebih kecil dari 0,05 hal ini menunjukkan bahwa penggunaan virtual lab berpengaruh terhadap sikap ilmiah mahasiswa program studi pendidikan fisika Universitas Flores.

Kata kunci: Virtual Laboratorium, Hasil Belajar,  Sikap Ilmiah

Keywords


Virtual Lab, Learning Outcomes, Scientific Attitude

Full Text:

PDF

References


Reismeiyanto. 2011. Pembelajaran Multimedia. Jakarta: Widyadara

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Pustaka Setia.

Darsono. 2010. Belajar dan pembelajaran. Semarang: IKIP Press.

Sugandi, Ahmad. 2011. Teori Pembelajaran. Semarang: UPT MKK UNNES.

Komalasari, Kokom. 2013. Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Adiatama.

Amaliah, N., & Karim, S. 2019. Penerapan Metode Pembelajaran Accelerated Learning Berbantuan Media Bermain Kartu Kuartet untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Minat pada Pembelajaran IPA Peserta Didik SMP Negeri 1 Barru. JPF: Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar. Vol 7, No 3, 276-290.

Sudjana, Nana. 2010. Penilaian hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Liu, A,. & Ilyas. 2019. Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Pasco Scientific terhadap Hasil Belajar dan Sikap Ilmiah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Flores. JPF: Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar. Vol 7, No 3, 325-332.

Fatonah, Siti dan Prasetyo, Zuhdan.K. 2014. Pembelajaran Sains. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Anwar, Herson. 2009. Penilaian Sikap Ilmiah Dalam Pembelajaran sains. Jurnal Pelangi Ilmu Vol 2, No 5 Mei 2009




DOI: https://doi.org/10.26618/jpf.v8i1.2831

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View JPF Stats

   Free counters!

Lisensi Creative Commons
Jurnal Pendidikan Fisika (p-ISSN: 2302-8939, e- ISSN: 2527-4015) Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.