Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Dengan Menggunakan Media Puzzle Pada Peserta Didik Kelas X SMA YASPIB Bontolempangan Gowa Tahun Pelajaran 2013-2014

Radinal Mochtar, Muhammad Arsyad, Aisyah Azis

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar fisika peserta didik kelas X SMA YASPIB Bontolempangan Gowa yang berjumlah 22 peserta didik terdiri dari 12 laki-laki dan 10 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing terdiri dari empat kegiatan: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data pada penelitian ini diambil dari data hasil belajar fisika setiap akhir tes siklus I dan II, data tentang aktivitas belajar setiap pertemuan pada siklus I dan II dilakukan dengan menggunakan lembar observasi peserta didik dan data respon peserta didik dilakukan dengan menggunakan angket. Data hasil belajar fisika menunjukkan bahwa jumlah siswa yang mengalami ketuntasan belajar pada siklus I adalah 12 orang (63,64%) dan pada siklus II meningkat menjadi 18 orang (72,73%). Hal tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan  Teka-Teki Silang (media Crossword Puzzle) dapat meningkatkan hasil belajar fisika peserta didik Kelas X SMA YASPIB Bontolempangan Gowa.

Kata Kunci: Hasil Belajar Fisika, media Crossword Puzzle

This research is a class action (classroom action research) that aims to improve the learning outcomes of physics students of class X SMA YASPIB Bontolempangan Gowa, amounting to 22 students consisting of 12 men and 10 women. This study was conducted in two cycles each consisting of four activities: planning, action, observation and reflection. Collecting data in this study were drawn from physics learning outcomes data each end of the test cycle I and II, data on learning activities every meeting in the first cycle and the second is done by using observation sheet of learners and learner response data is done by using a questionnaire. Physics learning outcomes data show that the number of students who have mastery learning cycle I was 12 (63.64%) and the second cycle increased to 18 people (72.73%). It shows that learning to use the Crossword (Crossword Puzzle media) can improve learning outcomes physics students of Class X High School YASPIB Bontolempangan Gowa.

Keywords: Learning Outcomes Physics, media Crossword Puzzle


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Lif Khoiru & Amri, Sofan. 2011. Aqib Zainal. 2013. Model-model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (inovatif).Bandung:Yrama Widya.

Daryanto. 2009. Panduan Proses Pembelajaran. Jakarta :AV Publisher.

Emzir.2012. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif.Jakarta: Rajawali Pers.

Epeni Hani. 2012. Puzzle. (Online), (http://kuliah.itb.ac.id/course/info.php, diakses 09 Juni 2013)

Handayani Sri.2009. Buku Fisika SMA Kelas X.Jakarta: Depertemen pendidikan Nasional.

Hariyanto, Agung. 2007. Kefektifan Penggunaan Lembar Kerja Terstruktur Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Kelas XI A SMA Negeri 1 Semarang. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, (Online), Vol. 4, No.1, (http://journal.unnes.ac.id,diakses 16 September 2013).

Iskandar . 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Referensi (GP Pres Group)

Mahmud, Aslan.2012.Teka-Teki Silang Fisika.(online)http://media tts.com/course/info.php.diakses 27 Juni 2013

Sumarsono Joko.2009. Buku Fisika SMA Kelas X.Jakarta: Depertemen pendidikan Nasional.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning.Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Zaini Hisyam. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif.Yogyakarta: Insan Madani.




DOI: https://doi.org/10.26618/jpf.v2i2.232

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View JPF Stats

   Free counters!

Jurnal Pendidikan Fisika  is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.