Penerapan pembelajaran Fisika Berbasis Keingintahuan Pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 28 Makassar

Hasirah Hasirah, M Agus Martawijaya, Nurlina Nurlina

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian Pra-Eksperimen yang bertujuan untuk: (1) memperoleh informasi mengenai gambaran hasil belajar Fisika siswa kelas VIISMP Negeri 28 Makassar setelah diajar dengan menggunakan Pembelajaran Fisika Berbasis Keingintahuan, (2) memperoleh informasi mengenai hasil belajar Fisika siswa kelas VIISMP Negeri 28 Makassar telah mencapai KKM standar sekolah atau belum setelah diajar denganmenggunakanFisikaBerbasisKeingintahuan.           Subjek populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 28 Makassar tahun ajaran 2013/2014 sebanyak 27peserta didik yang ditentukan melalui acak kelas. Desain penelitian yang digunakan adalah One-Shot Case Study. Hipotesis penelitian hasil belajar Fisika siswa kelas SMP Negeri 28 Makassar mencapai standar KKM yang ditetapkan sekolah setelah diajar dengan menggunakan Pembelajaran Fisika Berbasis Keingintahuan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar Fisika yang memenuhi kriteria valid sebanyak 30 item.           Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif, teknik inferensial dan pengujian hipotesis. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa skor rata-rata hasil belajar Fisika siswa setelah diajar dengan  Pembelajaran Fisika Berbasis Keingintahuan pada aspek kognitif sebesar 71,89 dan standar deviasi 10,82 sedangkan untuk aspek afektif menunjukkan bahwa nilair rata-rata yang diperoleh 84,22 dan standar deviasinya 9,30. Untuk aspek psikomotorik nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 77,78 sedangkan standar deviasinya 12,96. Hasil pegujian hipotesis menunjukkan bahwa hasil belajar Fisika siswa kelas VIISMP Negeri 28 Makassar telah mencapai standar KKM lebih besar dari 70 % yang ditetapkan sekolah setelah diajar dengan menggunakan  Pembelajaran Fisika Berbasis Keingintahuan.

Kata kunci: Hasil Belajar Fisika, Pembelajaran Fisika Berbasis Keingintahuan.

This research is a pre - experiment that aims to : ( 1 ) obtain information regarding the description of learning outcomes Physics class VII Junior High School 28 Makassar after being taught using Physics -Based Learning Curiosity , ( 2 ) obtain information about the student's learning outcomes junior class VII 28 Makassarhas reached thestandardKKMafterschoolorhave notbeen taughtby usingPhysics-Based Curiosities. Subjects in this study population was all students of class VII Junior High School 28 Makassar school year 2013/2014 a total of 27 students were determined through a random class . The study design used is One - Shot Case Study. Physics research hypothesis learning outcomes graders of SMP Negeri 28 Makassar achieve standards set KKM school after being taught using Physics -Based Learning Curiosity . The instrument used in this study is physics achievement test which meets the criteria of a valid 30 items . Data analysis techniques used in this research is descriptive statistics , inferential techniques and hypothesis testing . Descriptive analysis showed that the average score after the student's learning outcomes are taught with Learning Physics -Based Curiosities on the cognitive aspects of 71.89 and 10.82 while the standard deviation for the affective aspects indicate that nilair average gained 84.22 and the standard deviation of 9.30 . For the psychomotor aspects of the average value obtained is 77.78 while the standard deviation is 12.96 . The results indicate that the hypothesis pegujian learning outcomes Physics class VII Junior High School 28 Makassar had reached the standard KKM 70 % greater than the specified school after being taught using Physics -Based Learning Curiosity.

Keywords : Learning Outcomes Physics , Physics -Based Learning Curiosity .


Full Text:

PDF

References


Arikunto Suharsimi.2009. Dasar-Dasara Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Das Salirawati.2012. Percaya diri, keingintahuan, dan berjiwa wirausaha: tiga karakter penting bagi peserta didik : jurnal pendidikan karakter

Jasmawati. 2007. Penerapan pendekatan sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat (SALINGTEMAS) dalam pembelajaran ipa fisika peserta didik kelas VIIIB SMP Unismuh Makassar. Universitas Muhammadiyah Makassar. Skripsi tidak Diterbitkan.

Martawijaya Agus. 2011. Macam-Macam Landasan Yang Mendukung Pelaksanaan Pembelajaran.Diktat tidak Diterbitkan

Silberman,Melvin.2012. Active learning 101: Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Sudjana, 1996. Metoda Staistika. Bandung: Tarsito

Suprijono. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tiro, Muhammad Arif. 2008. Dasar-dasar Statistika. : Andira Publisher.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta : Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.26618/jpf.v2i2.229

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View JPF Stats

   Free counters!

Jurnal Pendidikan Fisika  is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.