Development and Feasibility of a BME 280 Sensor-Based Practicum Tool for Boyle–Gay-Lussac Law Experiments
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akker, J. V. D., Gravenmeijer, K., McKenney, S., & Nieveen, N. (2006). Design research from alearning design perspective. Educational Design Research.
Aminoto, T., Dani, R., & Lestari, N. (2020). Penerapan inovasi termometer gas sebagai media pembelajaran fisika di SMAN 3 dan SMAN 5 Sungai Penuh. Jurnal Karya Abdi, 4(1), 54–62. https://doi.org/10.22437/jkam.v4i1.9817
Astalini, A., Darmaji, D., Kurniawan, D. A., & Putri, W. A. (2022). Description of basic science process skills of students at SMA 6 Muaro Bulian. Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 11(2), 1–11. https://doi.org/10.22437/jmpmipa.v12i1.25423
Detasari, A. T., Hadiati, S., & Sukadi, E. (2022). Pengembangan alat ukur suhu berbasis mikrokontroler arduino nano sebagai media pembelajaran pada materi suhu dan kalor. Vidya Karya, 37(2), 68-76. http://dx.doi.org/10.20527/jvk.v37i2.14531
Dinata, A. S., & Rahayu, U. P. (2021). Rancang bangun alat penetas telur otomatis berbasis arduino uno. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kendali dan Listrik, 2(2), 66–74. https://doi.org/10.33365/jimel.v2i2.1477
Faila, R. E., Supahar, S., & Pebriana, I. N. (2025). An assessment to measure problem-solving ability and science process skills: A feasibility test. Jurnal Pendidikan Fisika, 13(1), 90-102. https://doi.org/10.26618/jpf.v13i1.15654
Fatiatun., Pratiwi, A. D., Wirdati, A. C., & Avifatun, N. (2022). Penerapan termodinamika heating dan colling pada dispenser. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Unsiq, 9(2), 146–150. https://doi.org/10.32699/ppkm.v9i2.2658
Gamage, S. H. P. W., Ayres, J. R., Behrend, & Smith, E. J. (2019). Optimising moodle quizzes for online assesment. Internatioanl Journal of STEM Education, 6, 1–14. https://doi.org/10.1186/s40594-019-0181-4
Hamzah, H., Musdar, M., & Hasrul. H. (2021). Pengembangan alat ukur suhu menggunakan sensor lm35 berbasis arduino uno sebagai media pembelajaran fisika. Phydagogic: Jurnal Fisika Dan Pembelajarannya, 4(1), 6-15. https://doi.org/10.31605/phy.v4i1
Hidayah, S. N. (2021). Pengembangan alat praktikum hukum gay lussac berbasis wemos untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMA. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Julita, & Purnasari, P. D. (2022). Pemanfaatan teknologi sebagai media pembelajaran dalam pendidikan era digital. Journal of Educational Learning and Innovation, 2(2), 227-239. https://doi.org/10.46229/elia.v2i2.460
Karo-Karo, I. R., & Rohani. (2018). Manfaat Media Dalam Pembelajaran. Axiom: Jurnal Pendidikan dan Matematika, 7(1), 94-95.
Kua, M. Y. (2021). Tabung suntik untuk hukum boyle, simulasi pengukuran tekanan udara dengan real world problem sebagai alternatif pemecahan masalah. Imedtech (Instructional Media, Design and Technology), 4(2), 43. https://doi.org/10.38048/imedtech.v4i2.225
Kunlestiawati, K., Muldiani, R. F., & Pratama, D. (2023). Analisis model persamaan gas nyata pada eksperimen hukum gay-lussac dan boyle. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 7(1), 1–7. https://doi.org/10.31539/spej.v7i1.6869
Lukman, R., Fernando, Y., & Jayadi, A. (2023). Perancangan alat pakan bebek otomatis terjadwal berbasis arduino uno dengan penjadwalan android. Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak, 4(1), 10–21. https://doi.org/10.33365/jatika.v4i1.2454
Luthfi, T., Azzahra, S., Farhan, Z. A., Puradireja, S. M., Iskandar, S., & Sari, N. T. A. (2023). Media pembelajaran digital sebagai penunjang mata pelajaran IPA di sekolah dasar. Indonesian Journal of Teaching and Learning 2(4), 484–492. https://doi.org/10.56855/intel.v2i4.374
Natalia, K., & Sukraini, N. (2021). Pendekatan konsep “merdeka belajar” dalam pendidikan era digital. Prosiding Digitalisasi Pendidikan Sekolah Dasar, 3, 22-34. https://doi.org/10.33363/sn.v0i3.93
Nurfadhillah. S. (2021). Media pembelajaran: Pengertian media pembelajaran, landasan, fungsi, manfaat, jenis-jenis media pembelajaran, dan cara penggunaan kedudukan media pembelajaran. CV Jejak
Nurillahwaty, E. (2022). Peran teknologi dalam dunia pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1, 1-8.
Okpatrioka. (2023). Reearch and development (R&D) penelitian yang inovatif dalam pendidikan. Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 1(1), 86–100. https://doi.org/10.47861/jdan.v1i1.154
Pangestu, D. A., & Perdana, R. (2023). Pengembangan alat peraga air mancur sederhana untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar pada materi hukum boyle. Jurnal Inovasi Penelitian dan Pembelajaran Fisika, 4(1), 29-36. https://doi.org/10.26418/jippf.v4i1.60430
Putri, A., & Saehana, S. (2021). Pengembangan alat praktikum menggunakan sensor ultrasonik dikombinasikan dengan arduino sebagai media bantu praktikum materi gelombang. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 8(1), 1–13.
Ramli, I., Nuraisa., & Khaerati. (2025). Android based multimedia for teaching science in junior high school. Jurnal Pendidikan Fisika, 13(1), 59-72. https://doi.org/10.26618/jpf.v13i1.17202
Rini, E. F. S., Fitriani, R., Putri, W. A., Ginting, A. A. B., & Matondang, M. M. (2021). Analisis kerja keras dalam mata pelajaran fisika di SMAN 1 kota jambi. SAP (Susunan Artikel Pendidikan, 5(3), 221-226.
Risnawati, W. O., Takda, A., Eso, E., & Tahir. (2022). Identifying the misconceptions of temperature and heat in class X science high school students negeri 5 Kendari using four tier diagnostic test. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 7(1), 26-35. https://doi.org/10.36709/jipfi.v7i1.23466
Sanaky, H. A. H. (2009). Media pembelajaran. Safiria Insania Press.
Sandari, T. (2020). Analisis minat siswa terhadap mata pelajaran fisika di SMA N 1 Batanghari. Schrödinger: Journal of Physics Education, 2(4), 72-75.
Saptadi, A. H., & Kiswanto, A. (2020). Rancang bangun web server penampil data cuaca berbasis arduino menggunakan sensor BME280 dan BH1750FVI dengan tiga mode tampilan data. Jurnal Teknik Elektro dan Komputasi, 2(2), 112-121. https://doi.org/10.32528/elkom.v2i2.3516
Septi, S. E., Deswalman, D., Maison, M., & Kurniawan, D. A. (2021). Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap keterampilan proses sains siswa pada mata pelajaran fisika di SMAN 10 Kota Jambi. Jurnal Phi: Jurnal Pendidikan Fisika dan Fisika Terapan, 7(2), 10-18. http://dx.doi.org/10.22373/p-jpft.v7i2.13225
Sugiyono. (2010). Penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Warokka, A., & Boedi, S. (2020). Termodinamika teknik. Polimdo Press.
Yovan, R. A. R., Ningsari, I. S., Sukma, A. K., Qomariah, Y. N., & Hidaayatullaah, H. N. (2021). Analysis of physics university students’ knowledge and understanding of thermodynamic scientists. Studies in Philosophy of Science and Education, 2(1), 17–23. https://doi.org/10.46627/sipose.v2i1.59
DOI: https://doi.org/10.26618/jpf.v13i2.17738
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Fisika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.