Perceptions of the Use of EveryCircuit-Based Virtual Laboratory on Dynamic Electricity Material
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Hidayati, A. F., & Puspitarini, I. D (2020). Pengembangan media pembelajaran berbasis VBA (visual basic application) dalam excel pada materi hukum II Newton. Prosiding Seminar Nasional Fisika (SNF), 132–139.
Imawati, I., Yundra, E. (2020). Pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model P2OEW berbantuan software everycircuit pada mata pelajaran penerapan rangkaian elektronika Kelas XI TAV di SMK Negeri 3 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 9(1), 17-25. https://doi.org/10.26740/jpte.v9n1.p%25p
Irsan., Riskawati., Swandi, A., & Rahmadhanningsih. (2021). Pelatihan pembuatan perangkat pembelajaran berbasis laboratorium virtual dan blended learning untuk guru IPA di SMA Islam Athirah 1 Makassar. J-Abdi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(6), 1231-1240. https://doi.org/10.53625/jabdi.v1i6.438
Katoch, S. K. (2020). MS-excel spreadsheet applications in introductory under-. graduate physics-a review. Journal of Science and Technology, 5(3), 48-52. https://doi.org/10.46243/jst.2020.v5.i3.pp48-52
Makiyah, Y. S., Nurdiansah, I., Mahmudah, I, R., & Maulidah, R. (2022). Implementasi software circuit wizard pada mata kuliah elektronika dasar untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Radiasi: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 15(1), 22-27. https://doi.org/10.37729/radiasi.v15i1.1844
Maryuliana, M., Subroto, I. M. I., Haviana, S. F. C. (2016). Sistem informasi angket pengukuran skala kebutuhan materi pembelajaran tambahan sebagai pendukung pengambilan keputusan di sekolah menengah atas menggunakan skala likert. Jurnal Transistor Elektro dan Informatika, 1 (2), 1-12. http://dx.doi.org/10.30659/ei.1.1.1-12
Muhajarah, K. & Sulthon, M. (2020). Pengembangan laboratorium virtual sebagai media pembelajaran: Peluang dan tantangan. Justek : Jurnal Sains dan Teknologi, 3(2), 77-83. https://doi.org/10.31764/justek.v3i2.3553
Palloan, P., Rahmadhanningsih, S., Viridi, S., Jainuddin., Swandi, A. (2021). Student self-regulated in remote learning with the implementation of local virtual lab based on online tutorial (LVL-BOT). Indonesian Review of Physics, 4(1), 20-26. https://doi.org/10.12928/irip.v4i1.3783
Rahman & Sudarmono. (2022). Analisis efektivitas praktikum virtual menggunakan aplikasi everycircuit berbasis android pada pembelajaran era pandemi covid 19. Saintifik: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya, 8(2), 168-175. https://doi.org/10.31605/saintifik.v8i2.363
Rais, A. A., Hakim, L., Sulistiawati. (2020). Pemahaman konsep siswa melalui model inkuiri terbimbing berbantuan simulasi PhET. Physics Education Reseach Journal, 2(1), 1-8. https://doi.org/10.21580/perj.2020.2.1.5074
Riduwan. (2015). Dasar-dasar statistika. Alfabeta.
Sapriadil, S., Setiawan, A., Suhandi, A., Malik, A., Safitri, D., Lisdiani, S. A. S., & Hermita, N. (2019). Effect of higher order thinking virtual laboratory (HOTVL) in electric circuit on students’ creative thinking skills. Journal of Physics: Conference Series, 1204, 1-6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1204/1/012025
Sari, P. I., Gunawan., Harjono, A. (2016). Penggunaan discovery learning berbantuan laboratorium virtual pada penguasaan konsep fisika siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(4), 176–182. https://doi.org/10.29303/jpft.v2i4.310
Sartika, R. (2022). Implementasi aplikasi everycircuit dalam pengembangan modul fisika pada materi listrik dinamis. Skripsi. Universits Islam Negeri Antasari Banjarmasin.
Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Penerbit CV Alfabeta.
Swandi, A., Amin, B. D., Viridi, S., Eljabbar, F. D. (2020.). Harnessing technology-enabled active learning simulations (tealsim) on modern physics concept. Journal of Physics: Conference Series, 1521, 1-7. Doi. 10.1088/1742-6596/1521/2/022004
Tarisahfira, B. (2022). Pengembangan modul pembelajaran berbantuan every circuit pada materi listrik dinamis Di SMK-SMTI Banda Aceh. Skripsi. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam, Banda Aceh.
Wahyudi, W., & Lestari, I. (2019). Pengaruh modul praktikum optika berbasis inkuiri terhadap keterampilan proses sains dan sikap ilmiah mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 5(1), 33-44. https://doi.org/10.25273/jpfk.v5i1.3317
Prasetya, E. Y., & Wiryanto. (2019). Pengembangan modul pembelajaran everycircuit pada mata pelajaran dle (dasar listrik dan elektronika) di SMK Negeri 2 Bojonegoro. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 8 (2), 181–188.
Yanti, Y., Marzuki, Y., & Sawitri, Y. (2020). Meta-analisis: Pengaruh media virtual laboratory dalam pembelajaran fisika terhadap kompetensi siswa. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Fisika, 6(2), 146-154. https://doi.org/10.24036/jppf.v6i2.108857
DOI: https://doi.org/10.26618/jpf.v12i3.15236
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Fisika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.