Meningkatkan Hasil Belajar Fisika melalui Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual dengan Metode Inkuiri

Darwis Darwis

Abstract


Masalah utama dalam penelitian ini yaitu bagaimanameningkatkan hasil belajar fisika melalui penerapanmodel pembelajaran Kontekstual dengan metode Inkuiri padasiswa kelas XIISMA 4 Sinjai. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar fisika melalui model pembelajaran Kontekstual dengan metode Inkuiri padasiswa kelas XIISMA 4 Sinjai. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan yang terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus dilaksanakan sebanyak enam kali pertemuan.Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XIISMA 4 Sinjai sebanyak 29 orang.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar 67,3 dengan persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 41,4% atau 12 orang siswa dari 29 siswa termasuk dalam kategori tuntas sedangkan pada siklus II skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar 77,4 dengan persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 79,3% atau 23 orang siswa dari 29 siswa temasuk dalam kategori tuntas. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diatas, dapat disimpulkan Hasil Belajar Fisika Siswa KelasXII IPA2 SMA 4 Sinjai melalui Model pembelajaran Kontekstual dengan metode Inkuiri mengalami peningkatan.

Kata kunci:Kontekstual dengan metode Inkuiri, hasil observasi, hasilbelajar fisika


The main problem in this study is how to improve the results of physics learning through the application of Contextual learning models with Inquiry method in students of class XII 4 Sinjai High School. This study aims to improve the learning outcomes of physics through the Contextual learning model with Inquiry method in students of grade XII of Sinjai High School 4. This type of research is Classroom Action Research which is carried out consisting of two cycles in which each cycle is held six meetings. Research procedures include planning, action, observation and reflection. Subjects in this study were 29 students of Sinjai High School 4 grade XII. The results showed that in the first cycle the average score of student learning outcomes was 67.3 with the percentage of student learning completeness at 41.4% or 12 students from 29 students included in the complete category while in cycle II the average score of student learning outcomes amounting to 77.4 with the percentage of student learning completeness of 79.3% or 23 students from 29 students including in the complete category. Based on the results of the above research, it can be concluded that the Physics Learning Outcomes of Students in Grade XII of SMA 4 Sinjai through the Contextual Learning Model with Inquiry method has increased..

Key words: Contextual with inquiry method, observation result, physics learning result,


Full Text:

PDF

References


Adnyana, W 2012. Penerapan Pembelajaran Konstruktivisme dengan Siklus Belajar Karplus untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIIb3 SMP Negeri 14 Palu. http://jurnal.untad.ac.id/index.php: Universitas Tadulako.

Arikunto, S. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:Bumi Aksara

Asriani, 2008. Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Melalui Pendekatan Konstruktivisme Dengan Metode Siklus Belajar Karplus Pada Siswa Kelas XII2Sma Negeri 9 Makassar. Skripsi Tidak Dipublikasikan. Makassar: Universitas Negri Makassar.

Dahar, RW. 2011. Teori-Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Kulsum, U 2011. Penerapan Model Kontekstual dengan metode InkuiriPada Sub Pokok Bahasan Kalor Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP. http://journal.unnes.ac.id/index.php: Universitas Negeri Semarang.

Rif’ati. 2013. Penerapan Model Kontekstual dengan metode Inkuiri5 E Dengan Authentic Assessment Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ipa Fisika Siswa Kelas VIII B SMPN 2 Jangkar Situbondo Tahun Ajaran 2012/2013. http://library.unej.ac.id/clien: Universitas Jember.

Riyanto, Y. 2012. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Sugiono. 2012. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Wena, M. 2012. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta:Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.26618/jpf.v6i3.1512

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View JPF Stats

   Free counters!

Jurnal Pendidikan Fisika  is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.