Penggunaan Metode Bermain Snakes And Ladders pada Pembelajaran IPA Fisika untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran minat belajar fisika peserta didik dalam pembelajaran IPA fisika melalui metode bermain Snakes and Ladders di SMP Negeri 3 Barru Kabupaten Barru. Jenis Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan ukuran populasi 125 peserta didik dan ukuran sampel 95 peserta didik. Teknik penarikan sampel adalah Proporsional Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Data dianalisis dengan bantuan fasilitas IBM SPSS statistic 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA FISIKA melalui metode bermain snakes and ladders secara umum berada pada kategori tinggi. Dengan indikator ketertarikan terhadap pelajaran berada pada kategori tinggi, indikator perhatian terhadap pelajaran berada pada kategori tinggi dan indikator perasaan senang terhadap pelajaran berada pada kategori sangat tinggi.
Kata kunci: Minat Belajar, Metode Bermain Snakes and Ladders
This research aim is to abtain the overview of students interest in learning phisycs by using snakes and ladders play method at SMP 3 Barru in Barru Regency. The type of this research used was descriptive quantitative with population were 125 students and sample size were 95 students. Than, sampling technique was proportional random sampling. Data were collected through questionnaire, observation and interview and data analysis technique used was descriptive analysis. The results showed that students' learning interest in phisycs through the snakes and ladders method was generally high category. Furthermore indicators of interest , attention and feeling happy about lesson got high category.
Keywords: Learning Interest, Playing Methods Snakes and Ladders.Full Text:
PDFReferences
Anonim. 2018. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Belajar Anak Didik Usia SMP. https://www.scribd.com/doc/26566738/Faktor-faktor-Yang Mempengaruhi-Belajar-Anak-Smp. Diakses 10 Agustus 2018.
Az Zahra, Fatimah & Syamsuriana Basri. 2017. Penerapan Metode Bermain Dende-Dende dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Geometri Siswa SD di Kecamatan Tanralili Kabupaten Maros. Jurnal Ecosystem, 17(2), 661-669.
Basri, Syamsuriana. Hubungan Kinerja Guru dan Minat dengan Hasil Belajar Fisika pada Peserta Didik di SMA Negeri Se- Kabupaten Maros. Tesis. Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.
Bundu, Patta. 2007. Penilaian Keterampilan Proses. Jakarta: Depdiknas.
Dharmayaanti, Winna dan Sudji Munadi. 2014. Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Minat Siswa Smp Masuk Smk Di Kota Pontianak. Vol 4, Nomor 3, November 2014. Diambil dari: https://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/article/download/2563/2117. (31 Desember 2017).
Ghozali. 2006. Analisis Multivariate Dengan SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro Husna. 2012. 100 + Permainan Tradisional Indonesia untuk Kreativitas i,bilangan) diakses pada tanggal 25 April 2017.
Nasir, A. Muhajir, 2016. Statistik Pendidikan.Yogyakarta: Media Akademi
Muhadjir, Noeng. 2011. Psikologi Pengukuran Kepribadian: Konstruk, Model, & Validitas.Yogyakarta Rake Sarasin.
Purwanto, Ngalim. 2011. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset
Riduwan & Akdon. 2013. Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Bandung: Alfabeta
Sahri, Izzatie, Alfi dan Agung Listiadi. Pengembangan Permainan Ular Tangga Akuntansi Sebagai Media Pengayaan Pada Materi Ayat Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa. Vol 3, Nomor 01 Tahun 2015. Diambil dari : mystoryinmy.blogspot.com/2016/10/jurnal-media-pembelajaran-snakes-and.html. (31 Desember 2017).
Shaffat, Idris. 2009. Optimized Learning Strategy. Jakarta: Prestasi Pustaka
Slameto. 2010. Belajar & Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Surya, hendra. 2009. Menjadi Manusia Pembelajar. Jakarta: elex media komputindo.
Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.Yogyakarta: Media Abadi.
Winkel, W.S. 2004. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi
Zubaidah, Sitti, Susriyanti Mahanal, Lia Yuliati, dan Darsono Sigit. 2013. Buku Pegangan Guru IPA. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
DOI: https://doi.org/10.26618/jpf.v6i3.1507
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Fisika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.