Pengaruh Model Siklus Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Pemahaman Konsep Fisika Mahasiswa Akademi Farmasi Sandi Karsa Makassar

Reski Idamayanti

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model siklus belajar dan motivasi belajar terhadap pemahaman konsep fisika pada kelompok mahasiswa yang diajar dengan model siklus belajar 7E dan model siklus belajar 5E. penelitian ini merupakan penelitian ekperimen. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan pemahaman konsep fisika peserta yang diajar dengan model siklus belajar 7E dan model siklus belajar 5E. Simpulan yang dapat diperoleh yaitu terdapat pengaruh model siklus belajar dan motivasi belajar terhadap pemahaman konsep fisika pada kelompok mahasiswa yang diajar dengan menggunakan model siklus belajar 7E dan model siklus belajar 5E.

Kata kunci: Model Siklus Belajar, Motivasi, Pemahaman Konsep

 

The purpose of this research was to determine the effect of the learning cycle models and motivation to the understanding of physics concepts to a group of learners who are taught with 7E learning cycle model and the 5E learning cycle model. This research is an experimental research. The results of this research indicate there are differences in the understanding of physics concepts taught participants with 7E learning cycle model and the 5E learning cycle model. Conclusions that can be derived that there are significant cycle model learns and motivation to the understanding of physics concepts in a group of learners who are taught using 7E learning cycle model and the 5E learning cycle model.

Keywords: Laerning Cyrcle Model, Motivation, Understanding Concepts

Full Text:

PDF

References


Armiza. 2007. Model Siklus Belajar Abduktif Empiris Untuk Meningkatkan Pemahaman Konep dan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa SMP Pada Materi Pemantulan cahaya. Tesis SPS UPI: Tidak Diterbitkan.

Dahar, R. W. 1996. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Eisenkraft, Arthur, 2003. “Expanding The 5E Models: A Purposed 7E Models Emphasizes ‘Transfer Learning’ and The Importance Of Eliciting Prior Understanding”. Journal The Science Teacher, (online), Vol. 70 No. 6. (http://www.its-about-time.com/htmls/ap/eisenkrafttst.pdf. Diakses 12 Desember 2013)

Fraenkel, Jack R and Wallen, Norman E. 2009. How to design and evaluate research in education ..—7th edition. New York: McGraw-Hill Companies, Inc

Huang, Kuan-Jhen, et al. 2008. “Embedding Mobile Technology To Outdoor Natural Science Learning Based On the 7E Learning Cycle”. (http://sgraf.athabascau.ca/publications/huang_liu_graf_lin_EdMedia08.pdf. Diakses 12 Desember 2013)

Khaeruddin. 2005. Pembelajaran Sains (IPA) Berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Makassar: UNM Pres

Kujawa, S., & Huske, L. (1995). The Strategic Teaching and Reading Project guidebook (Rev. ed.). Oak Brook, IL: North Central Regional Educational Laboratory.

Purwanto. 2011. Statistika Untuk Peneliti. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sagala, S. 2005. Konsep Belajar dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Salmiyati. 2007. Implementasi Teknologi Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Konsep Sistem Saraf Untuk Meningkatkan Pemahaman dan Retensi Mahasiswa. Tesis SPS UPI: Tidak Diterbitkan.

Sudijono, Anas. 1996. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung :Alfabeta

Suharsimi, Arikunto. 2003. Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineke Cipta

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Wena, Made. 2011. Strategi Pembelajaran Inovatif Konteporer: Suatu Tinjauan Konsep Operasional. Jakarta: Bumi Aksara

Widodo, A. 2004. Constructivist Oriented Lessons: The Learning Environment And The Teaching Sequences. Frankfurt: Peter Lang.




DOI: https://doi.org/10.26618/jpf.v6i3.1506

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View JPF Stats

   Free counters!

Jurnal Pendidikan Fisika  is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.