Pengaruh Self Action dan Self Efficacy terhadap Kreativitas Mahasiswa dalam Kegiatan Praktikum Fisika Dasar Jurusan Pendidikan Fisika
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui sejauh mana self action dan self efficacy mahasiswa dalam kegiatan praktikum dan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara self action dan self efficacy terhadap kreativitas mahasiswa dalam kegiatan praktikum Fisika Dasar Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif regresional, dimana penelitian ini berusaha mengambarkan pengaruh self action dan self efficacy terhadap kreativitas mahasiswa dalam kegiatan praktikum fisika dasar. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dan lembar observasi. Simpulan yang diperoleh ialah terdapat pengaruh yang signifikan antara self action dan self efficacy terhadap kreativitas mahasiswa dalam kegiatan praktikum Fisika Dasar Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar.
Kata kunci: Aksi Diri, Keyakinan Diri, Kreativitas
This study is to determine the extent of self-action and self-efficacy of students in practicum activities and to determine whether there is an effect of self-action and self-efficacy on students` creativity in basic physics practicum Majoring in Physics Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training UIN Alauddin Makassar. The type of this research is descriptive regression, which attemps to describe the effect of self-action and self-efficacy on students` creativity in basic phyhsics practicum activities. The research instruments used were questionnaires and observation sheets. The conclusions are thet there is a significant effect between self-action and self-efficacy on students` creativity in basic physics practicum Majoring in Physics Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training UIN Alauddin Makassar.
Keywords: Self Acton, Self Efficacy, CreativityFull Text:
PDFReferences
Abdurrahman. Tahapan Mendidik Anak. Bandung: Irsyad Baitus Salam. 2005.
Ali, Mohammad dan Muhammad Asrori. Psikologi remaja, perkembangan peserta didik. Cet. III; Jakarta: Bumi aksara. 2006.
Alwisol. Psikologi Kepribadian Edisi Revisi (Terjemahan). Malang: UMM Press. 2009.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian: Suatu Penedekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta. 2002.
Baron, Robert A & Donn Byrne. Ratna Djuwita. Psikologi Sosial Jilid I Edisi Kesepuluh (terjemahan). Jakarta: Penerbit Erlangga. 2003.
Em, Zul Fajri & Ratu Aprillia. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Jakarta: Difa Publisher. 2004.
Endang, ”Upaya Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal-soal Fisika Melalui Metode Belajar Kelompok Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 11 Makassar, “Makassar: Rabu, 25 Maret 2009
Feist, Jess & Gregory J., Feist. Smita Prahita Sjahputri. Teori Kepribadian (Terjemahan). Jakarta: Salemba Humanika. 2010.
Hawadi. Kreativitas. Jakarta: Grasindo. 2001.
Hidayati, Nia. Ciri-ciri anak kreatif . 07 Juni 2011. niahidayati.net
Hikam, Muhammad. Eksperimen Fisika Dasar untuk Perguruan Tinggi., Cet I. Jakarta: Prenada Media. 2005.
Hurlock, Elizabeth B. Meitasari Tjandrasa. Perkembangan Anak Jilid 2. Jakarta: Penerbit Erlangga. 1987.
Tim Dosen. Akademik pbm praktikum. 16 Mei 2011. www.faperta.unpad.ac.id.
Ida, Mantra Bagoes. Filsafat Penelitian & Metode penelitian Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2004.
Kamajaya, K. Fisika Untuk SMA Kelas X Semester 1. Bandung: Grafindo Media Pratama. 2004.
Mahiyanto, Bambang & Mahmud Munir. Kamus Lengkap Inggris-Indonesia, Indonesia-Inggris. Surabaya: Gitamedia Press. 2003
Marzuki. Metodologi Penelitian. Jogjakarta: Fakultas Ekonomi UI. 1997.
Munandar, Utami. Pegembangan kretivitas anak berbakat. Jakarta: Rineka Cipta, 1999.
Petty, Geoffrey. Hari Wahyudi. How To be better at….. Creativity (Terjemahan). Jakarta: PT Elex Media Komputindo. 1997.
Santoso, Eko. Ciri-ciri dan faktor yang mempengaruhi kreativitas. 16 Mei 2011. eko13.wordpress.com
Santrock, John W. Tri Wibowo. Perkembangan Anak Edisi Kesebelas Jilid 2 (Terjemahan). Jakarta: Penerbit Erlangga. 2007.
Santrock, John W. Tri Wibowo. Psikologi Pendidikan Edisi ke II (Terjemahan). Jakarta: Penerbit Erlangga. 2003.
Shaleh, Abdul Rahman. Psikologi Suatu Pengantar Dalam Perspektif Islam. Jakarta: Kencana. 2004.
Short, Julian. Gandi Faisal. An Intelligent Life (Terjemahan). Jakata: PT Transmedia. 2006.
Sinaga, Julinar. Ajang kreatifitas ide guru sma. 29 Nopember 2009. aksiguru.org.
Sudijono, Anas. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada. 2010
Sudjana. Metode Statistika Edisi 6. Bandung: Tarsito. 1996.
Sugiyono. Metode Penelitian Administrasi., Cet. X. Bandung: Alfabeta. 2003.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2008.
Sugiyono. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta. 2010
Sumarsono, Joko. 2009. Fisika untuk SMA/MA X. Jakarta: CV Teguh Karya.
Suryabrata, Sumadi. Psikologi Kepribadian. Jakarta: Rajawali. 1986
Syah, Muhibbin. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2008
Tanjung, Bahdin Nur dan Ardial. Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah (Proposal, Skripsi, dan tesis) dan Memepersiapkan Diri Menjadi Penulis Artikel Ilmiah. Jakarta: Kencana. 2008.
Tim Penyusun. Psikologi Pendidikan. Makassar:Universitas Muhammadiyah Makassar. 2009.
Tiro, Muhammad Arif. Dasar-Dasar Statistika., Cet. VIII. Makassar: Universitas Negeri Makassar Press. 2007.
Tirtaraharja, Umar dan S. L. Lasulo. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2008.
Widoyoko, Eko Putro. Evaluasi Progam Pembelajaran.Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2010.
Yousda, Ine I. Amirman. Penelitian dan Statistik Pendidikan., Cet.I. Jakarta: Bumi Aksara. 1993.
Yusuf, Syamsu. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: Rineka Cipta. 2002.
Yusuf, Syamsu & Juntika Nurihsan. Teori Kepribadian. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2008.
DOI: https://doi.org/10.26618/jpf.v6i3.1505
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Fisika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.