Pengaruh Penggunaan Metode Permainan Pesan Berantai Terhadap Keterampilan Menyimak Murid dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Murid Kelas IV SD

Sulfasyah Sulfasyah, Abdan Syakur, Nur Amaliah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh metode permainan pesan berantai terhadap keterampilan menyimak pantun murid kelas IV SDN 280 Ongkoe. Jenis penelitian yang digunakan dalampenelitian ini adalah pre-Eksperimen one group pretest- post test design.            

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode permainan pesan berantai terhadap keterampilan menyimak dalam mata pelajaran bahasa indonesia pada murid kelas IV SDN 280 Ongkoe. Hal ini tampak pada nilai hasil pretest sebelum menerapkan metode permainan nilai rata-rata yang diperoleh siswa mencapai 71,03. Dibandingkan dengan nilai rata-rata siswa setelah menggunakan metode permainan pesan berantai mencapai nilai 84,72 hal ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa meningkat  setelah menggunakan metode permaina pesan berantai.

Berdasarkan hasil data statistik inferensial dengan menggunakan uji-t diketahui bahwa nilai thitung  yang diperoleh adalah 12,785 dengan derajat kebebasan (dk) = N -1 = 18 - 1 = 17 nilai tTabel = 1,740. Jadi nilai thitung  nilai       t Tabel atau 12,785 > 1,740 maka Hipotesis nol (HO) ditolak dan Hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa metode permainan pesan berantai berpengaruh terhadap keterampilan menyimak dalam pembelajaran bahasa indonesia pada murid kelas IV SDN 280 Ongkoe kecamatan Belawa Kabupaten Wajo.

Keywords


Metode Permainan pesan berantai; Keterampilan Menyimak

Full Text:

PDF

References


A.S, Nadjua. Intisari Kata Bahasa Indonesia. Surabaya : Triana Media, tanpa tahun

Agustina,Sri. 2011. Jurnal Guru SD Jlamprang Wonosobo. Universitas Satya Wacana. Permainan Pesan Berantai untukmeningkatkan Prestasi Belajar SD Kelas IV SD Lamprang Wonosobo.

Malahayati, Murti Krisna T. 2012. Permainan Edukatif Unuk Mengembangkan Potensi Dan Mental Positif. Yogyakarta: PT. Raja Citra Aji Parama

Mulyasa. , 2013. Menjadi Guru Profesional (Menciptakan Pembelajaran Kreatif Dan Menyenangkan. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v4i2.2374

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Sulfasyah Sulfasyah, Abdan Syakur, Nur Amaliah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.