PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERITA DONGENG SISWA KELAS III SD
Abstract
Masalah utama dalam penelitian ini yaitu apakah penggunaan media gambar seri berpengaruh terhadap keterampilan menulis cerita dongeng siswa kelas III SD Negeri 37 Pa’rasangang Beru Kabupaten Bantaeng ? Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang menggunakan desain “One Group Pretest Posttest Design”.
Berdasarkan hasil analisis data, terlihat bahwa nilai pengaruh penggunaan media gambar seri terhadap keterampilan menulis cerita dongeng siswa kelas III SD Negeri 37 Pa’rasangang Beru sebesar 2,889. Berdasarkan nilai t hitung tersebut dapat dibandingkan dengan nilai t tabel db = N-1 = 35 – 1 = 34. Jadi, db 35 – 1 = 34 dan t = 0,05 ( tabel terlampir). Sementara, t hitung = 2,889 dan t tabel = 1,690. Dengan demikian, t hitung > t tabel. Perbandingan hasil kemampuan pretes dan posttes menunjukkan bahwa nilai t hitung sebanyak 2,889 > nilai t tabel 1,690. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis penelitian yang diajukan diterima.
Hipotesis diuji dengan statistik uji t, yaitu media gambar seri berpengaruh digunakan dalam keterampilan menulis cerita dongeng siswa kelas III SD Negeri 37 Pa’rasangang Beru Kabupaten Bantaeng.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Angkowo, R. 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta : PT. Grasindo
Arsyad, A. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grapindo Persada
Baharuddin, Adam. 2010. Penggunaan Media Gambar Seri dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Siswa di Kelas III SDN 4 Pare Pare.Skripsi. Universitas Negeri Makassar
Depdiknas. 2003, Undang – undang SisdiknasS. Jakarta
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Heinich, Robert, dkk. 2002. Instructional Media and Technologies for Learning. New Jersey : Prenrice Hall
Kusumaningsih, Dewi dkk. 2013. Terampil Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Penerbit Andi
Khaeruddin, Akib Erwin. 2009. Metodologi Penelitian. Makassar: Berkah Utami.
Munirah, 2018. Evaluasi Keterampilan Berbahasa Indonesia. Makassar: Berkah Utami.
Musfiqon, HM. 2012. Pengembangan Media & Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustakaraya
Nurgiyantoro, Burhan. 2005. Sastra Anak. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiarto, Eko. 2009. Mengenal Dongeng dan Prosa Lama. Yogyakarta : Pustaka Widyatama
Soeharto, Karti. 2003. Teknologi Pembelajaran (Pendekatan Sistem, Konsepsi, dan Model, SAP, Evaluasi, Sumber Belajar dan Media). Surabaya : Surabaya Intellectual Club
Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Purwandari Susi, 2012. Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi dengan Penggunaan Media Gambar Seri pada Siswa Kelas 4 SD Mangir Lor Kecamatan Pajangan Kabupaten Bantul. Skripsi. Universitas Indonesia
Purwanto, 2007. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Surakarta : Pustaka Pelajar
Rohani, Ahmad. 1997. Media Instruksional Edukatif. Jakarta : PT. Rineka Cipta
Tim Penyusun FKIP Unismuh Makassar. 2012. Pedoman Penulisan Skripsi. Makassar: FKIP Unismuh Makassar.
Tarigan, Henry Guntur. 2013. Menulis. Bandung : Angkasa
DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v4i2.2372
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Munirah Munirah, Aliem Bahri, Fatmawati Fatmawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.