PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVATION EXPLAIN (POE) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERITA RAKYAT MURID KELAS V SD
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran predict observation explain terhadap keterampilan menulis cerita rakyat murid kelas V SD Inpres Bontobu’ne Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Pre-eksperimen menggunakan desain bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian ini adalah murid kelas V SD Inpres Bontobu’ne Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa yang berjumlah 23 murid. Data yang dikumpulkan menggunakan tes dan observasi, sedangkan data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif dan inferensial dengan uji t. Berdasarkan rata-rata hasil posttest diperoleh rata-rata posttest hasil keterampilan menulis cerita rakyat setelah diterapkan model predict observation explain lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata hasil pretest sebelum diterapkan model predict observation explain . Rata-rata pretest yang diperoleh sebelum diterapkan model predict observation explain yaitu 63,69. Setelah dilakukan tindakan dengan perlakuan model pembelajaran predict observation explain, maka diperoleh rata-rata nilai posttest yaitu 76,43. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran predict observation explain yang diterapkan pada pembelajaran bahasa indonesia berpengaruh terhadap keterampilan menulis cerita rakyat pada murid kelas V SD Inpres Bontobu’ne Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dimyati dan Mudjiono. 2013.
Belajar dan Pembelajaran.
Jakarta: PT Rineka Cipta.
Devi, Sinta Annisa. 2014. Pengaruh
Penggunaan Model
Pembelajaran Predict Observation Explain (POE)
Terhadap aktivitas dan Pemahaman Konsep Oleh Siswa Pada Materi Pokok
Keanekaragaman Ciri Makhluk Hidup. Skripsi tidak diterbitkan. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Dwi Gayatri Ni Made, Gede Agung A A, Murda Nyoman. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran POE dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar IPA kelas V Kecamatan Buleleng. Jurnal PGSD Vol. 4 No. 1:
Universitas Pendidikan Ganesha.
Fathonah Fauziah Shafariani. 2016.
Penerapan Model POE (Predict Observe Explain)
untuk meningkatkan
Keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV
Sekolah Dasar. Jurnal
Pendidikan Guru Sekolah
Dasar Vol. 1 No. 1: Universitas
Pendidikan Indonesia.
Garminah, Sudana., dan Sudiadnyani, P.,D.N. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran
Predict Observe Explain (POE) Terhadap pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas IV
SD Di Kelurahan
Banyuasri.(Tesis). Pasca Sarjana Universitas pendidikan Ganesha: Singaraja.
Pratiwi, Yaomil Indah. 2017. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Predict Observation Explain (POE) Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V. Skripsi Tidak Diterbitkan. Makassar: Unismuh Makassar
Prasetya, Tri Indra. 2012. Meningkatkan Keterampilan Menyusun Instrumen Hasil Belajar Berbasis Modul Interaktif Bagi Guru- Guru IPA SMPN Kota Magelang. Jurnal Of Educational Research and Evaluation, (http://journal.Unnes.ac.id/sju/index.php/jere, diakses 10 Februari 2019).
Rahyubi, Heri. 2012. Teori-Teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik Deskripsi dan Tinjauan Kritis. Bandung: Nusa Media.
Sardiman, Arief. 2001. Media Pendidikan. Jakarta: CV Rajawali dan Pustekkom Pers.
Sudiadnyani Pt, Sudana Dw Nym, Garminah Ni Nym. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Predict Observe Explain (POE) terhadap pemahaman konsep IPA siswa kelas IV SD di Kelurahan Banyusar. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta
Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Kombinasi ( Mixed Methods ). Bandung: Alfabeta
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar Pembelajaran dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Tarigan, Henry Guntur 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung Angkasa.
Wibowo, Wahyu. 2001. Otonomi Bahasa 7 Strategi tulis Pragmatik bagi Praktisi Bisnis dan Mahasiswa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v4i2.2370
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Nur Fitrah S
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.