Hubungan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V sdn 231 Inpres Kapunrengan Kecamatan Mangarabombang Kabupaten takalar

Irwan Sappe, Ernawati Ernawati, Irmawanty Irmawanty

Abstract


Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Hubungan antara motivasi belajar (X) terhadap hasil belajar IPA (Y). Penelitian ini dilaksanakan di SDN 231 Inpres Kapunrengan kecamatan Mangarabombang  kabupaten Takalar tahun ajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDN 231 Inpres Kapunrengan yang berjumlah 174 siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V sebanyak 30 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan untuk memperoleh data tentang motivasi belajar adalah angket atau kuesioner, dan dokumentasi berupa nilai ulangan harian untuk memperoleh data tentang hasil belajar IPA . Angket motivasi belajar 13 item. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Ada hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA siswa SDN 231 Inpres Kapunrengan kecamatan Mangarabombang  kabupaten Takalar, dengan koefisien korelasi sebesar 0,449 dan p = 0,013.

 

Kata Kunci: Motivasi Belajar, Hasil Belajar IPA


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2003. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Rineka Cipta.

E. Mulyasa, 2013. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, Bandung: PT. Rosdakarya.

http// www. Kajian teori. Com/2013/03/teori-ia-pengertian-ilmu-pengetahuan-alam-ipa.html. diakses 3 maret 2013.

Munandar, Utami. 2014. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Rusman. 2013. Seri Manajemen Sekolah Bermutu (Model – Model Pengajaran) Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Santrock, John W. 2007. Psikologi Pendidikan.Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sardiman. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2010. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2015, Cooperative Learning, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Suyono dan Hariyanto. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Uno, Hamzah B. 2008. Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v3i2.1419

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Irwan Sappe, Ernawati Ernawati, Irmawanty Irmawanty

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.