PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA MATAHARI DEPARTEMEN STORE GTC TANJUNG BUNGA MAKASSAR

Rahmawaddah Rahmawaddah, Muh Aris Pasigai, Ismail Rasulong

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya  pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Matahari Departemen Store GTC Tanjung Bunga Makassar. Penelitian ini dilaksanakan di Matahari Departemen Store GTC Tanjung Bunga Makassar. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melakukan penelitian pustaka (Library Research) dan studi lapangan. Metode analisis yang digunakan untuk memecahkan permasalahan dan membuktikan hipotesis adalah dengan menggunakan teknik pengolahan data perhitungan computer program SPSS (Statistical program for Social Science). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) Jika variabel tangible, realibility, responsiveness, assurance, dan emphaty di uji baik secara parsial dan simultan berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan (ii) Dari lima variabel yang mempengaruhi kepuasan pelanggan Matahari Department Store GTC Tanjung Bunga Makassar, variabel yang paling dominan adalah variabel Empathy (Empati) berdasarkan hasil uji t. variabel Empathy (Empati) mempunyai nilai t hitung (5,639) > t tabel (1,986) paling besar dibandingkan dengan variabel lainnya, dengan besar signifikan 0,000.


Keywords


Pelayanan. GTC

Full Text:

PDF

References


Amstrong, Gary dan Kotler, Philip. Dasar-dasar Pemasaran, jilid 1, alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan, Jakarta:Penerbit Prenhalindo.2002

Cooper, Donald R. dan Pamela S. Schindler, 2006. Metode riset bisnis, vol 1, edisi 9 (Business research methods, 9th edition); Budijanto, Didik Djunaedi, Damos Sihombing,penerjemah, Jakarta: Media Global Edukasi)

Given, Lisa M (editor). 2008. The Sage encyclopedia of qualitative research methods. Tousand Oaks: Sage

Gay, L.R. dan Diehl, P.L. (1992), Research Methods for Business and. Management, MacMillan Publishing Company, New York

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran di Indonesia : Analisis,Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Salemba Empat. Jakarta




DOI: https://doi.org/10.26618/jeb.v14i1.1889

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ekonomi Balance

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

Flag Counter