PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP PENJUALAN SEPEDA MOTOR YAMAHA JUPITER MX PADA PT SURACO JAYA ABDI MOTOR CABANG PALLANGGA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bauran promosi terhadap penjualan sepeda motor Yamaha Jupiter MX pada PT. Suraco Jaya Abadi Motor Cabang Pallangga. Hasil anlisis data regresi linear sederhana variabel bauran promosi (X) terhadap penjualan sepeda motor yamaha Jupiter MX (Y) Cabang Pallangga, menunjukkan bahwa Y = 22,017+ 0,370x dan nilai analasis korelasi product moment diperoleh 0,813 (korelasi sangat kuat). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang sangat kuat antara bauran promosi dengan penjualan sepeda motor Yamaha Jupiter MX. Sedangkan, hasil perhitungan analisis koefisien determinasi menunjukkan bahwa variabel bauran promosi (X) memberi pengaruh sebesar 66% terhadap penjualan sepeda motor Yamaha Jupiter MX (Y), sedangkan selebihnya yaitu sebesar 44% adalah dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitiannya. Hasil uji signifikansi diperoleh nilai sebesar 11,497 yang lebih besar dari 2,00 pada taraf signifikansi 5% dan sebesar 2,65 pada taraf signifikansi 1% sedangkan hasil uji kualitas hubungan diperoleh sebesar 0,813 ternyata ≥ (lebih besar) dari sebesar 0,232 pada taraf signifikan 5% dan sebesar 0,302 pada taraf signifikan 1%. Ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikansi antara Bauran Promosi terhadap Penjualan Sepeda Motor Yamaha Jupiter MX pada PT. Suraco Jaya Abadi Motor Cabang Pallangga.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alma, Buchri. 2004. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabet : Bandung.
Assauri, Sofjan. 2011. Manajemen Pemasaran, Dasar, Konsep dan Strategi. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Hermawan, Agus. 2012. Komunikasi Pemasaran. Erlangga.
Hurriyati, Ratih. 2005. Bauran Pemasaran Jasa dan Loyalitas Konsumen. Cetakan Ketiga, ALFABETA, Bandung.
Herlambang, Susatyo. 2014. Basic Marketing (Dasar-Dasar Pemasaran), Pustaka Baru, Yogyakarta.
Komaruddin, 1997. Ensikplomedia Manajemen, Bumi Aksara, Jakarta.
Kotler, (1995). Manajemen Pemasaran. Jakartarta : Penerbit Erlangga.
Philip Kotler & Hellen Keller. 2007. Manajemen Pemasaran, Jilid 2, Edisi 12. Jakarta : Erlangga
Riduwan. 2004, Metode & Teknik Menyusun Tesis, Alfabet, Bandung.
Sugiyono. 2013, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, Cetakan Ke-delapanbelas, ALFABETA, Bandung.
Sunyoto, Danang. 2013. Manajemen Pemasaran, Caps (K)
Sunyato, Danang. 2014. Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran (Konsep, Strategi, dan Kasus).Cetakan Ketiga. CAPS (Center Of Academic Publishing Service), Yogyakarta.
Sutrisni, Hadi. 1983. Statistik, Jilid II. Yogyakarta, Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada.
Swasta, Basu. 2002. Manajemen Pemasaran, Yogyakarta : BPFEE.
Umar, Husein. 2005, Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Winardi, 2001, Pengantar Manajemen Penjualan (Sales Marketing), Penerbit PT. Citra Aditya Bhakti, Bandung.
DOI: https://doi.org/10.26618/jeb.v14i1.1884
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Ekonomi Balance
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.