Pengaruh Penggunaan Media Presentasi Interaktif Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Cokroaminoto Makassar Tahun Ajaran 2015/2016

Rusliadi Rusliadi, Ahmad Yani, Rahmini Hustim

Abstract


Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental) yang bertujuan untuk: (1) mengetahui hasil belajar fisika kelompok yang diajar menggunakan media presentasi interaktif (2) mengetahui hasil belajar fisika peserta didik kelompok yang diajar secara konvensional (3) mengetahui perbedaan hasil belajar fisika kelompok yang diajar menggunakan media presentasi interaktif dengan kelompok yang diajar secara konvesional. Desain penelitian ini adalah nonequivalent control group design  yang melibatkan dua variabel terdiri dari variabel bebas yaitu media presentasi interaktif dan veriabel terikat yaitu hasil belajar. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar fisika sebanyak 18 item yang berbentuk pilihan ganda pada pokok bahasan “usaha dan energi”. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Cokroaminoto Makassar Tahun Ajaran 2015/2016 yang terdiri dari dua kelas yakni kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata skor hasil belajar fisika peserta didik kelas eksperimen 10,45 dengan standar deviasi 3,54 dan varians 12,545 sedangkan rata-rata skor hasil belajar fisika peserta didik kelas kontrol 8,5 dengan standar deviasi 2,69 dan varians 7,24. Berdasarkan uji homogenitas hasil belajar fisika adalah Fhitung  = 1,73 < Ftabel  = 2,09 dengan uji hipotesis yakni thitung = 2,22 dan ttabel  = 2,018 menunjukkan adanya pengaruh media presentasi interaktif terhadap hasil belajar fisika peserta didik.

Kata kunci: Hasil belajar, media presentasi interaktif

This research is a quasi experimental design that aims to (1) determine of Physics learning outcomes of group who taught using peentage of interactive media. (2) determine of Physics learning outcomes of group who taught using conventoinal  media. (3) determine difference of Physics learning outcomes of group taugh using presentage of interactive media than group by taugh conventoinal media. This research design is none equivalent control group design by use two variabels are independent variabel is interactive presentatoin media and dependent variabel is result learning. Researc instrument using achievement test consisting 18 multple choice items basic learning “work and energy”. The subjects of this research are sciece class students of XI SMA Cokroaminito Makassar academic year 2015/2016 wich twice class are control class and experiment class. The result of research to point average score physics learning outcomes students experiment class is 10,45 which standard deviation 3,45 and varians 12,545 than average score of result learning of control class 8,5 wich stnadard deviation 2,69 and varians 7, 24. Based on homogenitas test phisics result learning is Fhitung =1,73 < Ftabel = 2,09 then hpotesis test is thitung = 2,22 and ttabel = 2,018 to point the presentage of interactive media is have realion to students result learning.

Key WordsResults Learning, presentage of  interactive media


Full Text:

PDF

References


Hasan. 2011. Hubungan Antara Pengetahuan Dasar Matematika dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas Xi IPA SMA Negeri 1 Makassar Tahun Ajaran 2010/2011. JSPF Vol. 7 No. 2. Universitas Negeri Makasaar

Lamuan, Halim Djaham. 2012. Penerapan Metode Presentasi dan

Diskusi untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XII IPA3 SMA Negeri 1 Banggai. Jurnal tidak diterbitkan

Suniati, Ni Made Sari. 2013. Pengaruh implementasi pembelajaran kontekstual berbantuan multimedia interaktif terhadap penurunan miskonsepsi (Studi Kuasi Eksperimen dalam Pembelajaran Cahaya dan Alat Optik di SMP Negeri 2 Amplapura). E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesa, (4). Universitas Pendidikan Ganesa

Asyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran . Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Hamalik, Oemar. 2002. Manajeen Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya

Munir. 2012. Multimedia Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Musfiqon. 2011. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Sudjana. 1989. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Andriyani. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Active Learning Tipe Quiz Team pada Mata Pelajaran Fisika Siswa Kelas X1 SMA Negeri 3 Takalar. Skripsi tidak diterbitkan. Makassar: Unismuh Makassar.

Hamid. 2013. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Fisika Melalui Concept Mapping Approach Pada Siswa Kelas XII IPA 3 SMA Negeri 22 Makassar. Skripsi. Tidak Ditebitkan. Makassar: Univesitas Muhammadiyah Makassar.




DOI: https://doi.org/10.26618/jpf.v4i3.329

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View JPF Stats

   Free counters!

Jurnal Pendidikan Fisika  is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.