Penerapan Model Active Learning Tipe Giving Question and Getting Answers Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Fisika Kelas VIII1 SMP Negeri 2 Sungguminasa

Rahmatul Irfan, Muh Tawil, Rahmini Hustim

Abstract


Masalah utama dalam penelitian ini yaitu bagaimana menerapkan model pembelajaran Active Learning tipe Giving Question and Getting Answers. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hasil belajar Fisika siswa yang diajar dengan menerapkan model active learning type GQGA, Apakah hasil belajar Fisika siswa kelas VIII1 SMP Negeri 2 Sungguminasasetelah diajar dengan model active learning type GQGA ada peningkatannya atau tidak. Penelitian ini merupakan penelitian pra eksperimendengan menggunakan desain One-Group Pretest-Posttest Design dengan melibatkan dua variabel yaitu variable bebas (pembelajaran Fisika dengan Model pembelajaran aktif  tipe giving question and getting answer) dan variable terikat (hasil belajar fisika). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sungguminasa, sebanyak 4 kelas dengan jumlah siswa 194 siswa. Adapun sampel penelitian diambil dengan memilih kelas secara langsung yaitu kelas VIII1 dengan jumlah siswa sebanyak 48 orang. Instrumen yang digunakan untuk penelitian ini adalah tes tertulis, dengan soal pilihan ganda sebanyak 30 nomor. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa skor rata-rata hasil belajar Fisika siswa kelas VIII1 SMP Muhammadiyah 13 Makassar yang diajar dengan model active learning type GQGA berada dalam kategori tinggi.Dari hasil analisis N-Gain menunjukkan bahwa hasil belajar Fisika siswa kelas VIII1 SMPN 2 Sungguminasa terdapat peningkatan setelah diajar dengan model active learning type GQGA.

Kata Kunci:Penelitian pra eksperimen, model active learning type GQGA, hasil belajar Fisika.

Main problem in this research that is how to apply model study of Active Learning type of Giving Question and Getting Answers. This Research aim to to know how big result of learning taught Physics student by applying modelactivelearningtype GQGA, Do result learn Physics class student of VIII1Junior High school two Sungguminasa after taught with model of active learning type GQGA there is it’s improvement or do not. This research represent research of pre experiment by using One-Group Pretest-Posttest Design desain by entangling two variable that is free variable ( study of Physics with active Model study of type of giving question and getting answer) and variable tied ( result learn physics). Population in this research is entire/all class student of VIII1Junior High school two Sungguminasa, counted 4 class with amount of student 194 student. As for research sampel taken by chosening class directly that is class of VIII1 with amount of student counted 48 people. Instrument used for this research is tes written, with double helix problem counted 30 number. Result of descriptive analysis indicate that mean score result of learning Physics class student of VIII1Junior High School Muhammadiyah 13 taught Makassar with model of activelearningtype GQGA stay in high category. From result of analysis of N-Gain indicate that result learn Physics class student of VIII1Junior High school two Sungguminasathere are make-up of after taught with model of activelearningtype GQGA.

Keyword: Pre experimentresearch, model GQGA typeactive learning, result of learning Physics. 



Full Text:

PDF

References


Ariesta & Supartono. 2011. Pengembangan Perangkat Perkuliahan Kegiatan Laboratorium Fisika Dasar II Berbasisi Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Kerja Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 7 (2): 62-68.

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Jihad, Asep. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Press.

Khusnuridlo, Muhammad. 2009. Strategi Pengelolaan kelas Dalam Pengembangan Budaya dan Iklim Sekolah. http://www.khusnuridlo.net. strategi-pengelolaan-kelas-html (diakses 27 September 2010).

Maarif, Samsul. 2010. Active learning. http://ideguru.wordpress.com/2010/04/29/landasan-konsep-dan-alasan pembelajaran-pakem.html (diakses 03 Agustus 2010).

Ramadhan, Tarmizi. 2008. Strategi Pembelajaran Active learning. http://ideguru.wordpress.com/2010/07/20/membina-generasi-rabbani.html (diakses 03 Agustus 2010).

Sudjana, Nana. 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sudjana, 1996. Metoda Staistika. Bandung: Tarsito

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suprijono. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suryabrata, Sumadi. 2003. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT.Gravindo Persada.

Syafaruddin dan Irwan Nasution. 2005. Manajemen Pembelajaran. Jakarta: Quantum Teaching.

Tiro, Muhammad Arif. 2008. Dasar-dasar Statistika. Makassar: Andira Publisher.

Trianto. 2008. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Warsono, dkk. 2012. Pembelajaran Aktif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Zaini, Hisyam. 2007. Strategi Pembelajaran Aktif. Jakarta: Insan Madani.




DOI: https://doi.org/10.26618/jpf.v4i2.308

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View JPF Stats

   Free counters!

Jurnal Pendidikan Fisika  is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.