Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Disiplin belajar Siswa

Mawardi Pewangi, Sitti Satriani

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pelaksanaan pembentukan disiplin belajar siswa di SMP Negeri 1 Barombong dan mengetahui peranan guru Pendidikan Agama Islam  dalam pembentukan disiplin belajar siswa di SMP Negeri 1 Barombong. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Deskriptif kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif beruapa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan prilaku yang dapat diamati. Ke dua jenis penelitian ini diguanakan untuk mengetahui Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Disiplin Belajar Siswa di SMP Negeri  1 Barombong Kabupaten Gowa. Usaha pembentukan disiplin belajar, dapat dilakukan dengan cara: 1) Memberi contoh atau tauladan kepada siswa dalam melaksanakan perintah Allah dan dalam kehidupan sehari-hari. 2) Memberikan kebebasan pada siswa 3) Memberi pujian dan hukuman Pujian yang diberikan 4) Menetapkan peraturan yang tetap dan konsisten. 5) Penyesuaian dengan sikap siswa. 6) Menjelaskan kegunaan atau manfaat disiplin.  Upaya peran guru agama dalam pembentukan disiplin belajar PAI yang harus dilaksanakan antara lain: 1) Peran guru sebagai pembimbing, 2) Peran guru sebagai contoh atau tauladan, 3) Peran guru sebagai motivator dan 4) Peran guru sebagai inspirator


Keywords


Kata Kunci: Guru Pendidikan Agama Islam, Disiplin belajar dan Siswa

Full Text:

PDF

References


Al-Quran dan Terjemahannya, 1989, Departemen Agama RI

Agus, 1997, Psikologi Belajar, PT. Bulan Bintang, Surabaya.

A.M, Sardiman, 1992 Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Rajawali Pers Jakarta.

An-Nahlawi, Abdurrahman, 1992 Prinsip-Prinsip dan Metode Pendidikan Islam dalam Keluarga, di Sekolah dan di Masyarakat, Diponegoro Bandung.

Arikunto, Suharsimi, 2002, Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek), Cet. I ; Jakarta : Rineka Cipta.

Daradjat.,Zakiah. 1990, Ilmu Pendidikan Islam, Bumi Aksara, Jakarta, ,

Djamarah, Bahri, Saiful, 2002, Rahasia Sukses Belajar, PT Asdi Mahasatya Jakarta.

Getteng, Rahman, Abd, 2015, Menuju Guru Profesional dan Beretika, Grha Guru Printika, Yogyakarta.

Juriyah, Nuru, 2000, Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Cet. II, PT. Jaya Putra, Jogyakarta,

Mustaqim, 2003, Menjadi Orang Tua Pendidik, Al-Huda, Jakarta.

Nizar, Syamsul, 2005, Disiplin Pembelajaran, Guru dan Tantangannya, Gunung Mulia, Jakarta.

Olivia, 1999, Guru dan Tantangannya, PT. Asdi Mahasatya, Jakarta.

Purwanto, Ngalim, 2007, Syarat Guru Pendidikan Agama Islam, Ghalia Indonesia, Jakarta.

Rachman, 2011, Pendidikan Agama dan Keagamaan, Gemawindu Panca Perkasa, Jakarta.

Sadirman, 2000, Pendidikan Agama Islam, PT. Raja Grafindo Persada,

Slameto, 2013, 101 Strategi Pembelajaran Aktif, Yeppendis, Yogyakarta.

Sugiono, 2009, Pengantar Statistik Pendidikan, Cet. X ; : Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Suhertian, Piet, 2001, Profil Pendidik Profesional, Andi Offset, Bandung. Taher

UU RI Nomor 14 Tentang Guru dan Dosen, Citra Umbara, Bandung:, 200




DOI: https://doi.org/10.26618/jtw.v4i02.2790

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Mawardi Pewangi, Sitti Satriani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.