Strengthening Islamic Religious Education Through Learning Malay Arabic Scriptures In The Diniyah Program at Public Elementary School 51 Banda Aceh
Abstract
Penelitian ini mengeksplorasi implementasi Program Diniyah di SD Negeri 51 Banda Aceh, yang bertujuan untuk memperkuat Pendidikan Agama Islam (PAI) melalui pembelajaran kitab Arab-Melayu. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman agama dan karakter siswa, dengan skor ujian, pemahaman akhlak, dan keterampilan tajwid yang meningkat. Namun, tantangan utama yang dihadapi meliputi ketidaksiapan sistem dan sumber daya manusia dalam mengintegrasikan kitab Arab-Melayu ke dalam pembelajaran. Mayoritas guru tidak memiliki latar belakang pendidikan khusus dalam aksara Arab-Melayu, serta kesulitan dalam memahami bahasa Melayu klasik yang digunakan dalam kitab. Selain itu, kurangnya perangkat ajar yang sesuai dan media pembelajaran digital memperburuk situasi. Meskipun sekolah telah menerapkan strategi seperti pelatihan guru dan metode pembelajaran interaktif, solusi yang ada masih bersifat reaktif dan belum menyentuh aspek strategis jangka panjang. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam memahami kompleksitas pelaksanaan Program Diniyah dan menawarkan rekomendasi untuk pengembangan kebijakan pendidikan di Aceh.References
Ahmad, R. (2019). Pendidikan Agama Islam di Indonesia: Sejarah dan Implementasinya. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Al-Ghazali, A. H. (2005). Ihya’ Ulum al-Din. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.
Al-Hasanah, F. (2021). Pendidikan Agama yang Baik dalam Menghadapi Tantangan Moral dan Sosial. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 9(2), 50–65.
Al-Mudarris, A. (2020). Pentingnya Pendidikan Agama dalam Membentuk Karakter Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 8(1), 15–30.
Baharuddin, A. (2020). Implementasi Pendidikan Agama Islam dalam Kurikulum Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(1), 45–60.
Bandura, A. (2016). Social Learning Theory. New Jersey, USA: General Learning Press.
El Tarbawi, M. (2022). Inovasi dalam Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal El Tarbawi, 10(1), 25–40.
Indonesia, R. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Sekretariat Negara Republik Indonesia.
Ismail, M. (2020). Kitab Arab Melayu dalam Tradisi Pendidikan Islam di Aceh. Aceh: Universitas Syiah Kuala Press.
Juliwansyah, J., AM, R., & Charles, C. (2022). Dasar Memilih Metode Pendidikan Dalam Perspektif Al Quran Dan Hadis. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 1(2), 172–181.
Khaldun, I., & Al-Rahman, A. (2004). Muqaddimah: Pengantar Ilmu Sejarah. Jakarta: Serambi Ilmu Semesta.
Khalid, M. (2020). Pengaruh Pendidikan Agama terhadap Karakter Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 75–90.
Lestari, D. (2019). Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Dan Kearifan Lokal, 5(3), 100–115.
Lickona, T. (2012). Educating For Character: Mendidik untuk Membentuk Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Mulyana, D. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nasution, H. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara.
Permendikbud. (2014). Permendikbud 79 Tahun 2014. Permendikbud 79 Tahun 2014 Tentang Muatan Lokal K13, 53(9), 1–5.
Piaget, Jean & Vygotsky, L. (2000). The Role of Play in Development.
Rahmah, S. (2018). Peran Kitab Arab-Melayu dalam Pembelajaran Agama Islam di Aceh: Perspektif Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 16(3), 232–245.
Rizki, F. (2020). Pendidikan Diniyah dan Penguatan Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 9(2), 55–70.
Sari, R. (2020). Kearifan Lokal dalam Pendidikan Agama Islam di Aceh. Jurnal Pendidikan Dan Kearifan Lokal, 6(1), 85–100.
Shihab, Q. (2019). Kitab Arab Melayu dalam Pendidikan Agama Islam di Aceh: Warisan Budaya dan Relevansinya dalam Pendidikan Kontemporer. Jurnal Pendidikan Islam, 18(2), 113–128.
Sinta, A. (2021). Integrasi Nilai-Nilai Agama dalam Kurikulum Pendidikan. Jurnal Sinta 5 Agama, 6(2), 45–60.
Syamsuddin, A. (2021). Efektivitas Program Diniyah dalam Meningkatkan Pemahaman Agama di Sekolah Dasar. Aceh: Universitas Syiah Kuala Press.
Walikota, P. (2012). Peraturan Walikota Banda Aceh Nomor 3.
Widyagogik, R. (2021). Dampak Positif Pembelajaran Agama Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(3), 75–90.
Zulkhairi, T. (2019). Pembelajaran Kitab Arab-Melayu Di Aceh Besar Sebagai Proses Transfer Ilmu Agama Islam Dan Upaya Menjaga Budaya. Mudarrisuna, 09(2), 374–397.
Zulkhairi, T. (2021). Pengaruh Kitab Arab-Melayu Dalam Kehidupan Masyarakat Aceh (F. Prof. Dr. Eka Sri Muyani MA. (ed.); Cetakan Pe). Ar-Raniry Press.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Dalam hal artikel diterima oleh Tim Editorial TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, dengan nomor terdaftar ISSN 2527-4082 (Cetak), ISSN 2622-920X (Online) dan ada keputusan untuk menerbitkan artikel, hak cipta dari artikel dipegang oleh penulis.
Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar sebagai penerbit TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam memegang hak publikasi semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Makassar sebagai penerbit TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, dengan nomor terdaftar ISSN 2527-4082 (Cetak), ISSN 2622-920X (Online) memiliki hak untuk mereproduksi dan mendistribusikan artikel dan penulis tidak diizinkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang diterbitkan dalam jurnal ini.
Pernyataan Keaslian dan Naskah Hak Cipta dapat diunduh: di sini
Setelah mengisi surat pernyataan, silakan kirim via email: jurnaltarbawipai@gmail.com