PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK SISWA SMP KABUPATEN BULUKUMBA
DOI:
https://doi.org/10.26618/sigma.v1i1.7342Kata Kunci:
Model pembelajaran kooperatif, PMR, kemampuan guru, aktivitas siswa, keterlaksanaa perangkat, respon siswa, penguasaan matematikaAbstrak
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk memberikan gambaran tentang kemampuan guru mengelola pembelajaran, aktivitas siswa dalam pembelajaran, respon siswa dalam pembelajaran, dan penguasaan matematika siswa terhadap model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan matematika realistik. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Herlang Kabupaten Bulukumba semester II Tahun Pelajaran 2008/2009. Seluruh siswa yang ada di kelas terpilih (kelas VII5) sebanyak 30 orang dijadikan subjek penelitian. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif untuk mendeskripsikan kemampuan guru mengelola pembelajaran, aktivitas siswa, respons siswa dan penguasaan hasil belajar matematika siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan guru mengelola pembelajaran bernilai baik dimana pembelajaran lebih banyak berpusat kepada siswa (student oriented) dan guru bertindak sebagai fasilitator, (2) aktivitas siswa dalam pembelajaran menciptakan aktivitas berinteraksi dan semua aspek yang diamati berada dalam batas toleransi (3) keterlaksanaan perangkat pembelajaran secara umum terlaksana seluruhnya (4) siswa memberikan respons positif terhadap model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan matematika realistik (5) penguasaan matematika siswa belum mencapai ketuntasan klasikal. Sebagai implikasi dari hasil penelitian ini, disarankan agar dalam pembelajaran matematika, hendaknya guru menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan matematika realistik.Referensi
Arends, Richard, I. 1997. Classroom Instructional and Management. Central Connecticut State University. The McGraw Hill Companies, Inc.
Gravemeijer, K. 1994. Developing Realistic Mathematics Education. Utrecht: Freudenthal Institut. Netherland.
Hadi, Sutarto. 2003. Pendidikan Matematika Realistik:Menjadikan Pelajaran Matematika Lebih Bermakna Bagi Siswa. Makalah disajikan pada Seminar Nasional Pendidikan Matematika di Universaitas Sanata Dharma Yogyakarta. Tanggal 27-28 Maret 2003.
Hamzah. 2006. Teori Belajar Konstruktivisme. Sumber: Dalam Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan No 40, Pusat Data dan Informasi Pendidikan, Balitbang Depdiknas. Online (http://www.duniaguru.com/). Diakses 1 Januari 2008.
Ibrahim, Muslimin,dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Unesa University Press
Marpaung. 2003. Perubahan Paradigma Pembelajaran Matematika Sekolah. Makalah disajikan pada Seminar Nasional Pendidikan Matematika di Universaitas Sanata Dharma Yogyakarta. Tanggal 27-28 Maret 2003.
Slavin, R.E. 2008. Cooperative Learning: Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media
Soejadi, R. 1999. Kiat Pendidikan Matematika Di Indonesia. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Departemen Pendidikan Nasional.
Suherman, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Jurusan Pendidikan Matematika. FMIPA Universitas Pendidikan Indonesia. JICA.
Suradi. 2008. Model Pembelajaran RESIK sebagai Strategi Mengubah Paradigma Pembelajaran Matematika di SMP yang Teachers Oriented menjadi Student Oriented. Online(http://www.puslitjaknov.depdiknas.go.id/). Diakses 12 september 2008.
Zulkardi. 2002. Pendidikan Realistik Matematika Indonesia (PMRI) Perkemabangan dan Permasalahan. Makalah. Tahun VII, Edisi:Khusus. Jurusan Matematika FKIP Universitas Sriwijaya.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
With the receipt of the article by the SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika.
Universitas Muhammadiyah Makassar as the publisher of SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika hold the copyright regarding all the published articles in this journal.Universitas Muhammadiyah Makassar has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded ON THIS FORM.