MEMPERKENALKAN KONSEP DASAR PECAHAN DENGAN MODEL JEROME BRUNER
DOI:
https://doi.org/10.26618/sigma.v6i2.7248Kata Kunci:
Konsep Dasar Pecahan, Model Jerome Bruner, MatematikaAbstrak
Bruner (1966) melukiskan level atau cara sesuatu itu dapat direpresentasikan. Dia menyatakan bahwa seseorang dapat mengalami, dan selanjutnya berpikir tentang suatu ide atau konsep tertentu tentang 3 (tiga) level yang berbeda: enaktif (enactive), ikonik (iconic), dan simbolik (symbolic). Ada sembilan pengertian pecahan yang diungkapkan para ahli, tetapi yang seringkali ditemukan dalam instruksional matematika di SD dan SMP, hanya 3 (tiga), yaitu: bagian dari sesuatu yang utuh (part-whole), hasil bagi (quotient), dan rasio (ratio). Menyajikan pengertian “bagian dari sesuatu yang utuh” (part-whole) dan model bangun (region) dalam konteks sehari-hari adalah suatu langkah awal yang baik dalam memulai pengajaran tentang pecahan agar bisa bermakna bagi anak. Model yang lain, seperti panjang, kumpulan, dan luas daerah, boleh digunakan setelah anak betul-betul memahami model bangun. Selanjutnya, konsep dasar pecahan diajarkan dengan mempartisi, menggambar sebuah model, dan memperluas model.
Referensi
Fadlun A., Syarifah. 2002. Pembelajaran Matematika Realistik Pokok Bahasan Pecahan di SD Muhammadiyah 4 Surabaya. Tesis. Surabaya: Program Pas-casarjana Universitas Negeri Surabaya.
Heruman. 2007. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya.
Holisin, Iis. 2002. Pembelajaran Pembagian Pecahan di SD dengan Menggunakan Pendekatan Konkrit dan Semikonkrit. Tesis. Surabaya: Program Pascasar-jana Universitas Negeri Surabaya.
Hudojo, Herman. 1990. Strategi Mengajar Belajar. Malang: Penerbit IKIP Malang.
Post, Thomas Richard. 1988. Teaching Mathematics in Grades K–8. USA: Allyn and Bacon, A Division of Simon and Schuster, Inc.
Reys, Robert E., dkk. 1992. Helping Children Learn Mathematics. USA: Allyn and Bacon, A Division of Simon and Schuster, Inc.
Sani, Abdullah. 2000. Pembelajaran Kooperatif tipe STAD pada Matapelajaran Matematika Pokok Bahasan Pecahan di Kelas 1 SLTP Khadijah Surabaya. Tesis. Surabaya: Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.
Uno, Hamzah B. 2009. Mengelola Kecerdasan dalam Pembelajaran. Jakarta: Pen-erbit PT Bumi Aksara.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
With the receipt of the article by the SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika.
Universitas Muhammadiyah Makassar as the publisher of SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika hold the copyright regarding all the published articles in this journal.Universitas Muhammadiyah Makassar has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded ON THIS FORM.