PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH
DOI:
https://doi.org/10.26618/sigma.v4i2.7230Keywords:
Model Pembelajaran, Berbasis Masalah, Kemampuan PemecahaAbstract
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIIIA SMP Negeri 3 Sinjai Utara Kabupaten Sinjai melalui pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis masalah pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA SMP Negeri 3 Sinjai Utara Kabupaten Sinjai pada semester ganjil tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 34 orang. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus berlangsung selama 4 kali pertemuan. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar pada akhir siklus I dan siklus II, data hasil observasi pada setiap pertemuan dan tanggapan siswa pada akhir siklus II. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) nilai rata-rata peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada siklus I sebesar 61,47 dari skor ideal yang mungkin dicapai yaitu 100 dengan standar deviasi 17,15 dan berada pada kategori rendah. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika sebesar 72,90 dari skor ideal yang mungkin dicapai 100 dengan standar deviasi 14,72 berada pada kategori sedang; (2) terjadi peningkatan kehadiran dan aktivitas belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIIIA SMP Negeri 3 Sinjai Utara Kabupaten Sinjai.References
Asyono. 2005. Matematika Kelas VIII SMP & MTs. Jakarta: Bumi Aksara.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1989. Kamus Besar Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Hudoyo, Herman. 1990. Strategi Belajar Mengajar Matematika. Malang: IKIP Malang.
Ibrahim, Muslimin. 2000. Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Muhkal, Mappaita. 1999. Menumbuhkan Kemampuan Belajar Matematika. Eksponen Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, Vol. 2 No. 1, hal 1 – 211. FMIPA Universitas Negeri Makassar.
Muslich, Masnur. 2009. Melaksanakan PTK Itu Mudah (Classroom Action Research). Jakarta: Bumi Aksara.
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidi-kan. Jakarta: Kencana, Prenada Media Group.
Suherman, Erman dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA; Universitas Pendidikan Indonesia.
Susanta. 1996. Program Linear. Yogyakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Proyek Pembinaan Tenaga Akademik.
Tiro, Muhammad Arif dan Ilyas Baharuddin. 2007. Statistika Terapan Untuk Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial. Makassar : Andira Publisher.
Upu, Hamzah. 2003. Problem Possing dan Problem solving dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Pustaka Ramadhan
Warda, Tifah. 2008. Peningkatan hasil belajar Matematika melalui Penerapan Model Pemecahan Masalah pada Siswa Kelas IIIB Al Izzah Kota So-rong. FKIP: UNANIM (http://ardi_lamadi_blogspot.com/2010/02/metodologi-penelitian-skripsi-Tifah.html) diakses tanggal 21 November 2010.
Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by the SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika.
Universitas Muhammadiyah Makassar as the publisher of SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika hold the copyright regarding all the published articles in this journal.Universitas Muhammadiyah Makassar has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded ON THIS FORM.