PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI TRIGONOMETRI MELALUI PENUGASAN DOSEN SEKOLAH DENGAN MENERAPKAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS)
DOI:
https://doi.org/10.26618/sigma.v11i2.3517Kata Kunci:
Kualitas pembelajaran, pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS), dan penugasan dosen sekolahAbstrak
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika pada peserta didik kelas XI IPA1 SMA Negeri 1 Gowa melalui pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 dengan jumlah peserta didik 35 orang. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dengan 2 siklus, siklus I terdiri 4 pertemuan dan siklus II terdiri dari 4 pertemuan. Teknik pengumpulan data adalah menggunakan lembar observasi, angket respons peserta didik dan tes hasil belajar peserta didik dalam bentuk uraian pada setiap akhir siklus sesuai dengan materi yang diajarkan. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa, secara kualitatif terjadi beberapa perubahan. peserta didik menunjukan sikap antusias untuk mengikuti pelajaran, keberanian menyampaikan pendapat, tanggapan , bertanya mengenai materi yang belum dimengerti menjadi meningkat. Adapun secara kuantitatif, terjadi peningkatan skor rata-rata hasil belajar peserta didik Kelas VIII SMP Pesantren Putri Yatama Mandiri yaitu dari kategori sedang dengan skor rata-rata 71,66 dengan Deviasi Standar 6,562 setelah pelaksanaan tindakan Siklus I menjadi kategori tinggi dengan skor rata-rata 82,86 dengan Deviasi Standar 7,781 setelah pelaksanaan Siklus II. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) pada peserta didik kelas XI IPA1 SMA Negeri 1 Gowa dalam proses pembelajaran, maka hasil belajar matematika, kehadiran, kesiapan dan keaktifan peserta didik dapat meningkat.Referensi
Chalil,Achjar. 2014. Kualitas pembelajaran. (online),(http.//.www.duniapelajar.com /2014/07/30/pengertian-kualitas-pembelajaran-menurut-para-ahli,diakses 25 September 2019).
Emzir.2012. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pres.
Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.
Muslich, Mansur. 2009. Melaksanakan PTK itu Mudah (Class Room Action Research). Jakarta:Bumi Aksara.
Suprijono, Agus. 2009. Cooperatif Learning: Teori & Aplikasi PAIKEM. Surabaya: Pustaka Pelajar.
Suyanto & Asep Jihad. 2013. Menjadi Guru Profesional; Meningkatan Kualifikasi dan Kualiatas Guru di Era Global. Jakarta: Esensi, Divisi Penerbit Erlangga.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif; Konsep Landasan Dan Implementasi Pada Kurikulum Satuan Tingkat pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
With the receipt of the article by the SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika.
Universitas Muhammadiyah Makassar as the publisher of SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika hold the copyright regarding all the published articles in this journal.Universitas Muhammadiyah Makassar has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded ON THIS FORM.