MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD INPRES MALLENGKERI BERTINGKAT MAKASSAR MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER
DOI:
https://doi.org/10.26618/sigma.v6i2.7245Keywords:
Hasil Belajar, Kooperatif, Tipe Numbered Head TogetherAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang diawali dengan pengembangan perangkat pembelajaran. Luaran yang akan dihasilkan daripenelitian ini adalah penerapan alternative pembelajaran, yang tidak monoton sehingga dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Selain itu akan dihasilkan perangkat pembelajaran yang terdiri dari silabus, RPP yang menggunakan pembelajaran kooperatif dengan tipe Numbered Head Together. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inpres Mallengkeri Bertingkat Makassar pada tahun ajaran 2013/2014, dengan jumlah siswa 45 orang yaitu 22 orang siswa laki-laki dan 23 orang siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus.Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Pada pelaksanaannya pembelajaran dengan penerapan pembelajaran kooperatif dengan tipe numbered head together merupakan suatu tindakan yang diberikan siswa untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Prosedur penelitian ini diawali dengan pengembangan perangkat yang meliputi fase penyusunan draft, validasi, danrevisi.Setelah itu, perangkat pembelajaran diterapkan dalam pembelajaran dan dilakukan observasi terhadap aktivitas mahasiswa dan keterlaksanaan perkuliahan sesuai dengan skenario yang telah disusun. Pada akhir siklus dilakukan tes hasil belajar dan pengumpulan respon siswa mengenai proses pembelajaran. Hasil observasi, hasil tes, dan respon siswa dianalisis, kemudian dilakukan refleksi untuk menentukan rencana perbaikan dan tindakan selanjutnya.Instrumen yang digunakan dalam penelitian meliputi lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, teshasil belajar, danangket respon siswa.References
Anita Lie. 2000. Cooperative Learning Mempraktikkan Cooperative Learning DiRuang-Ruang Kelas. Jakarta : Grasindo.
Ibrahim, R dan Syoadih, Nana. 1996. Perencanaan Pengajaran. Jakarta : Rineka. Cipta.
Ibrahim, Muslimin dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya : UNESA.
Nasution, S. 1986. Didaktik Asas-asas Mengajar.Bandung :Jemmars.
Pasaribu, L.L dan Simandjuntak, B. 1983.Proses Belajar Mengajar.Bandung : Tarsito.
Paddupai, Darwing dan Mulbar, Djalaluddin.1999. Strategi Pembelajaran Kooperatif Dalam Pengajaran Matematika di Sekolah Dasar.Ujungpandang : Jurusan pendidikan Matematika FMIPA IKIP Ujungpandang.
Roestiyah, N.K. 1994. Didaktik Metodik. Jakarta : Bumi Aksara.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rine-ka Cipta.
Suherman, Erman Dkk. 2003.Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung : Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Pendidikan Indonesia.
Sudjana, Nana.1999. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung : Remaja Rosdakarya.
Usman Uzer. Moh. 1995. Menjadi Guru Profesional. Bandung : Remaja Rosda-karya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by the SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika.
Universitas Muhammadiyah Makassar as the publisher of SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika hold the copyright regarding all the published articles in this journal.Universitas Muhammadiyah Makassar has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded ON THIS FORM.