MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING
DOI:
https://doi.org/10.26618/sigma.v4i2.7231Keywords:
Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Snowball ThrowingAbstract
Masalah utama dalam penelitian ini yaitu apakah hasil belajar matematika dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing pada siswa kelas VIIID SMP Negeri 1 Bontobahari Kabupaten Bulukumba, bagaimana aktivitas siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing pada siswa kelas VIIID SMP Negeri 1 Bontobahari Kabupaten Bulukumba, bagaimana keterlaksanaan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing pada siswa kelas VIIID SMP Negeri 1 Bontobahari Kabupaten Bulukumba, bagaimana respon siswa terhadap kegiatan dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing pada siswa kelas VIIID SMP Negeri 1 Bontobahari Kabupaten Bulukumba. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika, untuk mengetahui aktivitas siswa, untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dan untuk mengetahui respon siswa kelas VIIID SMP Negeri 1 Bontobahari Kabupaten Bulukumba setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Class Action Reaserch) yang terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus dilaksanakan empat kali pertemuan yaitu tiga pertemuan pembahasan materi dan satu pertemuan tes akhir siklus. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi dan keputusan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIID SMP Negeri 1 Bontobahari Kabupaten Bulukumba sebanyak 24 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika pada siklus I adalah 65,20 dari skor ideal 100 atau berada dikategori sedang. Sedangkan pada Siklus II skor rata-rata hasil belajar matematika siswa mengalami peningkatan menjadi 81,25 dari skor ideal 100, atau berada dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas VIIID SMP Negeri 1 Bontobahari Kabupaten Bulukumba melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing mengalami peningkatan.References
Arikunto, Suharsimi. Suharjono dan Supardi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1993. Evaluasi dan Penilaian. Jakarta: Proyek Peningkatan Mutu Guru Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2003. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Hamsah & Mohamad, Nurdin. 2011. Belajar Dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara.
Haling. 2007. Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM.
Hasibuan, J. & Moedjiono. 1992. Proses BelajarMenngajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Junaidi, Wawan. 2012. PengertianBelajarMatematia.
(http://guru-math-offline.blogspot.com/2012/07/pengertian-belajar-matematika.html,diakses 31 Agustus 2012).
Kusumah, W & Dwitama, D. 2011. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta Barat : Indeks
Mulyatiningsih, Endang. 2012. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Nurhayati. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Makassar: Badan Penerbit UNM
Sanjaya, Wina. 2006. Startegi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Sudjana, Nana. 1989. Dasar-Dasar Proses BelajarMengajar. Bandung: SinarBaru Offset.
Sugiyono. 2008. MetodePenelitianPendidikan(PendekatanKuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Suprijono, Agus. 2009. Cooperatif Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suryabrata, Sumadi. 1983. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Raja Grafindo Persada.
Wilis, D. Ratna. 1989. Teori-TeoriBelajar. Jakarta: Erlangga.
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by the SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika.
Universitas Muhammadiyah Makassar as the publisher of SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika hold the copyright regarding all the published articles in this journal.Universitas Muhammadiyah Makassar has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded ON THIS FORM.