PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR
DOI:
https://doi.org/10.26618/sigma.v7i1.7206Keywords:
Hasil belajar, Pembelajaran Kooperatif, Snowball ThrowingAbstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIIa SMP Nasional Makassar pada semester genap tahun pelajaran 2011/2012 dengan jumlah siswa 34 orang. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 10 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data adalah menggunakan lembar observasi dan tes dalam bentuk uraian pada setiap akhir siklus sesuai dengan materi yang diajarkan. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa, secara kualitatif terjadi beberapa perubahan. siswa menunjukan sikap antusias untuk mengikuti pelajaran, keberanian menyampaikan pendapat, tanggapan, bertanya mengenai materi yang belum dimengerti menjadi meningkat. Sedangkan secara kuantitatif, terjadi peningkatan skor rata-rata hasil belajar siswa Kelas VIIa SMP Nasional Makassar yaitu dari kategori rendah dengan skor rata-rata 57,24 setelah pelaksanaan tindakan Siklus I menjadi kategori sedang dengan skor rata-rata 74,82 setelah pelaksanaan Siklus II. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya pembelajaran Kooperatif tipe Snowball Throwing pada siswa Kelas VIIa SMP Nasional Makassar dalam proses pembelajaran, maka hasil belajar matematika siswa dapat meningkat.References
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (Edisi Revisi V). Jakarta: PT Rineka Cipta.
Aunurrahman. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Ibrahim, dkk.2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya : Unesa.
Kunandar. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Rajawali Pers.
Miles, MB. & Huberman, A.M.1992. Analisis Data Kualitatif. Terjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta : Universitas Indonesia Press
Moleong, Lexy. J. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya Offset
Nurhadi, Burhan, Y., & Agus G.S. 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya Dalam KBK. Malang: UM Press
Soedarsono, FX. 1996. Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas Bagian Kedua Rencana, Desain dan Implementasi. Yogyakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Soedjadi, R. 1999. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Konstatasi Keadaan Masa Kini Menuju Harapan Masa Depan. Jakarta : Depdiknas.
Sudjana.1996. Metoda Statistika Edisi Keenam. Bandung: Penerbit Tarsito.
Suherman, Turmudi, dan Suryadi. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer (revisi). Bandung: JICA.
Suprijono Agus. 2009. Cooperative Learning: Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Trianto, 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif- Progresif. Jakarta: kencana Prenada Media Group
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by the SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika.
Universitas Muhammadiyah Makassar as the publisher of SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika hold the copyright regarding all the published articles in this journal.Universitas Muhammadiyah Makassar has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
The manuscript authentic and copyright statement submission can be downloaded ON THIS FORM.