MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD INPRES MALLENGKERI BERTINGKAT MAKASSAR MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER

Nasrun Nasrun

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang diawali dengan pengembangan perangkat pembelajaran. Luaran yang akan dihasilkan daripenelitian ini adalah penerapan alternative pembelajaran, yang tidak monoton sehingga dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Selain itu akan dihasilkan perangkat pembelajaran yang terdiri dari silabus, RPP yang menggunakan pembelajaran kooperatif dengan tipe Numbered Head Together. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inpres Mallengkeri Bertingkat Makassar pada tahun ajaran 2013/2014, dengan jumlah siswa 45 orang yaitu 22 orang siswa laki-laki dan 23 orang siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus.Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Pada pelaksanaannya pembelajaran dengan penerapan pembelajaran kooperatif dengan tipe numbered head together merupakan suatu tindakan yang diberikan siswa untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Prosedur penelitian ini diawali dengan pengembangan perangkat yang meliputi fase penyusunan draft, validasi, danrevisi.Setelah itu, perangkat pembelajaran diterapkan dalam pembelajaran dan dilakukan observasi terhadap aktivitas mahasiswa dan keterlaksanaan perkuliahan sesuai dengan skenario yang telah disusun. Pada akhir siklus dilakukan tes hasil belajar dan pengumpulan respon siswa mengenai proses pembelajaran. Hasil observasi, hasil tes, dan respon siswa dianalisis, kemudian dilakukan refleksi untuk menentukan rencana perbaikan dan tindakan selanjutnya.Instrumen yang digunakan dalam penelitian meliputi lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, teshasil belajar, danangket respon siswa.

Keywords


Hasil Belajar; Kooperatif ; Tipe Numbered Head Together

Full Text:

PDF

References


Anita Lie. 2000. Cooperative Learning Mempraktikkan Cooperative Learning DiRuang-Ruang Kelas. Jakarta : Grasindo.

Ibrahim, R dan Syoadih, Nana. 1996. Perencanaan Pengajaran. Jakarta : Rineka. Cipta.

Ibrahim, Muslimin dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya : UNESA.

Nasution, S. 1986. Didaktik Asas-asas Mengajar.Bandung :Jemmars.

Pasaribu, L.L dan Simandjuntak, B. 1983.Proses Belajar Mengajar.Bandung : Tarsito.

Paddupai, Darwing dan Mulbar, Djalaluddin.1999. Strategi Pembelajaran Kooperatif Dalam Pengajaran Matematika di Sekolah Dasar.Ujungpandang : Jurusan pendidikan Matematika FMIPA IKIP Ujungpandang.

Roestiyah, N.K. 1994. Didaktik Metodik. Jakarta : Bumi Aksara.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rine-ka Cipta.

Suherman, Erman Dkk. 2003.Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung : Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Pendidikan Indonesia.

Sudjana, Nana.1999. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung : Remaja Rosdakarya.

Usman Uzer. Moh. 1995. Menjadi Guru Profesional. Bandung : Remaja Rosda-karya.




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v6i2.7245

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter


INDEXED BY: