EKSPLORASI HUBUNGAN ANTARA LITERASI MATEMATIKA DAN KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING PADA SISWA DI ERA DIGITAL

Nurjannah Nurjannah, Andi Baso Kaswar

Abstract


Di era digital, literasi matematika dan kemampuan problem solving menjadi keterampilan penting bagi siswa untuk beradaptasi dalam masyarakat berbasis teknologi. Literasi matematika melibatkan pemahaman konsep dan penerapannya dalam situasi nyata, termasuk pemecahan masalah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional untuk mengeksplorasi hubungan antara literasi matematika dan kemampuan problem solving pada siswa di era digital. Sampel terdiri dari 35 siswa kelas XI di SMA Negeri 5 Sinjai yang dipilih dengan teknik cluster sampling, dengan pengumpulan data melalui tes literasi matematika yang diadaptasi dari PISA dan tes problem solving yang dirancang khusus untuk konteks digital. Uji normalitas dan linearitas memastikan data memenuhi syarat untuk dilanjutkan ke analisis korelasi. Hasil analisis menunjukkan adanya korelasi yang sangat tinggi antara literasi matematika dan kemampuan problem solving dengan koefisien korelasi Pearson sebesar 0,997 yang mengindikasikan bahwa hampir seluruh variansi kemampuan problem solving dapat dijelaskan oleh literasi matematika. Temuan ini menegaskan bahwa literasi matematika tidak hanya penting untuk prestasi akademik, tetapi juga mendukung keterampilan kognitif tingkat tinggi yang diperlukan dalam konteks digital. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa pendidikan literasi matematika harus diperkuat dalam kurikulum sekolah dengan pendekatan berbasis proyek dan aplikasi digital, guna mempersiapkan siswa menghadapi tantangan kompleks di masa depan yang semakin berbasis teknologi.

Keywords


Era digital; Literasi Matematika; Kemampuan Problem Solving

References


Adlina, A., Syahputra, E., & Sitompul, P. (2024). The Effect of Mathematical Literacy Ability, Critical Thinking Ability, and Mathematical Communication Ability on the Mathematical Problem Solving Ability. 50–55. https://doi.org/10.4108/eai.2-11-2023.2343261

Amidi, A. (2024). Literasi Numerasi dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Digital. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 7, 998–1004.

Azhari, D. N., Surahman, E., & Nuryadin, E. (2021). Korelasi Self Confidence Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Pada Materi Keanekaragaman Hayati. Biosfer : Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 5(2), 26–31. https://journal.unpas.ac.id/index.php/biosfer/article/view/3403

Geary, D. C., Berch, D. B., & Mann Koepke, K. (2019). Introduction: Cognitive Foundations for Improving Mathematical Learning. Cognitive Foundations for Improving Mathematical Learning, 1–36. https://doi.org/10.1016/B978-0-12-815952-1.00001-3

Haleem, A., Javaid, M., Qadri, M. A., & Suman, R. (2022). Understanding the Role of Digital Technologies in Education: A Review. Sustainable Operations and Computers, 3(February), 275–285. https://doi.org/10.1016/j.susoc.2022.05.004

Husna, N. M., Isnarto, I., Suyitno, A., & Shodiqin, A. (2022). Integrasi Literasi Numerasi Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 841–845.

Irmayanti, I., Nurjannah, N., & Syarifuddin, S. (2021). Statistika Dasar. Pena Persada.

Kholid, M. N., Imawati, A., Swastika, A., Maharani, S., & Pradana, L. N. (2021). How are Students’ Conceptual Understanding for Solving Mathematical Problem? Journal of Physics: Conference Series, 1776(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1776/1/012018

Mandasari, N., & Rosalina, E. (2021). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Operasi Bilangan Bulat di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1139–1148.

National Research Council. (2012). Education for life and work: Developing transferable knowledge and skills in the 21st century. Education for Life and Work: Developing Transferable Knowledge and Skills in the 21st Century, 1–242. https://doi.org/10.17226/13398

OECD. (2019). PISA 2018 Results (Volume I): What Students Know and Can Do: Vol. I. OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/5f07c754-en

Pratama, M. A. (2020). Mathematical critical thinking ability and students’ confidence in mathematical literacy. Journal of Physics: Conference Series, 1663(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1663/1/012028

Primasari, R. S., Aziz, T. A., Hakim, L. El, & Hidajat, F. A. (2024). Desain Pembelajaran dengan Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan HOTS Materi Integral. Jurnal Matematika Dan Ilmu Pengelatuan Alam, 2(2), 358–377. https://doi.org/10.59581/konstanta-widyakarya.v2i2.3634

Rachmawati, T. K., Kusnadi, F. N., & Sugilar, H. (2021). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Pada Materi Trigonometri. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 5(2), 170–178. https://doi.org/10.35706/sjme.v5i2.5140

Rohmah, M., & Sutiarso, S. (2018). Analysis problem solving in mathematical using theory Newman. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(2), 671–681. https://doi.org/10.12973/ejmste/80630

Rusmana, I. M. (2019). Literasi Matematika sebagai Solusi Pemecahan Masalah dalam Kehidupan Literasi matematika, pemecahan masalah. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 0812(80), 475–484.

Sabela, A., Rahayu, Y. N., & Nurdiansyah, R. (2022). Literasi Matematis Siswa di Era Digital. Mathematics Education on Research Publication (MERP I ), 12, 12–15.

Sakti, A. (2023). Meningkatkan Pembelajaran Melalui Teknologi Digital. Jurnal Penelitian Rumpun Ilmu Teknik, 2(2), 212–219. https://doi.org/10.55606/juprit.v2i2.2025

Samosir, E. (2022). Kemampuan Literasi Matematika: Kaitannya dengan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 4(1), 60–72. https://doi.org/10.21009/jrpmj.v4i1.23026

Saputra, H. (2024). Penguatan Kemampuan Peserta Didik dalam Menghadapi Era Society 5.0 Melalui Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 2(2), 287–302.

Shanti, W. N., & Abadi, A. M. (2015). Keefektifan Pendekatan Problem Solving Dan Problem Posing Dengan Setting Kooperatif Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 121. https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i1.7155

Ulya, S. F., & Wardono. (2019). Upaya Pengembangan untuk Capaian Literasi Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 589–596. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Wismath, S., Orr, D., & Mackay, B. (2015). For the Scholarship of Teaching and Learning Threshold Concepts in the Development of Problem-solving Skills. Teaching & Learning Inquiry, 3(1), 63–73.

Yusuf, M. (2018). Inovasi Pendidikan Abad-21: Perspektif, Tantangan, Dan Praktik Terkini. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. (Vol. 3, Issue 1). https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v17i1.17060

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View SIGMA Stats

Flag Counter


INDEXED BY:

      

 

 

SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.