ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL PADA KOMPETISI MATEMATIKA MENGGUNAKAN TEORI RESPON ITEM

Andi Saparuddin Nur, Dessy Rizki Suryani, Dian Mayasari

Abstract


Kualitas butir soal pada kompetisi matematika merupakan faktor yang wajib terpenuhi agar mampu menyeleksi peserta dengan kemampuan terbaik. Adakalanya peserta yang lolos pada babak penyisihan memanfaatkan kelemahan butir soal. Namun demikian, pendekatan klasik tidak mampu menganalisis kelemahan butir soal sehingga diperlukan pendekatan teori respon item untuk memperoleh gambaran kemampuan peserta. Penelitian ini bertujuan menganalisis kualitas butir soal yang digunakan pada babak penyisihan competition of mathematics (Comath) Universitas Musamus tahun 2023 menggunakan teori respon item. Terdapat 25 butir soal pilihan ganda dengan jumlah peserta sebanyak 24 tim. Teknik analisis menggunakan pendekatan respon item model rasch dengan bantuan software Ministep. Hasil penelitian menunjukkan skor reliabilitas butir item dan peserta pada kategori baik dengan koefisien alpha cronbach sebesar 0,91. Rata-rata kemampuan peserta berada di bawah item dengan -0,35 logit. Nilai Outfit MNSQ dan Outfit ZSTD berada pada kategori fit yang berarti bahwa  seluruh item mampu mendeksripsikan kemampuan peserta secara rasional. Instrumen soal yang digunakan fit (cocok) dengan Model Rasch dalam menyeleksi kemampuan peserta dengan baik.


Keywords


Butir soal; kompetisi matematika; model rasch; pendekatan respon item

References


Apriyani, D. C. N., Susanto, H. P., & Hidayat, T. (2023). Analysis of Pre-Olympic Middle School Mathematics Test Instruments Based on Item Response Theory. AlphaMath : Journal of Mathematics Education, 9(2), 145. https://doi.org/10.30595/alphamath.v9i2.18021

Asrijanty. (2014). Model Rasch sebagai Kerangka Acuan Penyusunan Alat Ukur. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20(1), 109–123. https://doi.org/10.24832/jpnk.v20i1.130

Azizah, A., & Wahyuningsih, S. (2020). Penggunaan Model Rasch Untuk Analisis Instrumen Tes Pada Mata Kuliah Matematika Aktuaria. JUPITEK: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 45–50. https://doi.org/10.30598/jupitekvol3iss1pp45-50

Boone, W. J., Staver, J. R., & Yale, M. S. (2014). Rasch Analysis in the Human Sciences. Springer.

Darmana, A., Sutiani, A., Nasution, H. A., Ismanisa*, I., & Nurhaswinda, N. (2021). Analysis of Rasch Model for the Validation of Chemistry National Exam Instruments. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(3), 329–345. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i3.19618

Fajrianthi, F., Hendriani, W., & Septarini, B. G. (2016). Pengembangan Tes Berpikir Kritis Dengan Pendekatan Item Response Theory. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(1), 45–55. https://doi.org/10.21831/pep.v20i1.6304

Hanna, W. F., & Retnawati, H. (2022). Analisis Kualitas Butir Soal Matematika Menggunakan Model Rasch Dengan Bantuan Software Quest. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 3695. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.5908

Hermawan, V., & Andrianto, A. (2018). Analisis Kesulitan Siswa Terhadap Pokok Bahasan Pangkat Rasional Dan Bentuk Akar Di Kelas 1 Smu Bina Dharma 2 Bandung. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 3, 116–124. https://doi.org/10.23969/symmetry.v3i2.1320

Hutabarat, I. M. (2009). Analisis Butir Soal dengan Teori Tes Klasik dan Teori Respons Butir. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1–13.

Jatisunda, M. G., & Nahdi, D. S. (2019). Kesulitan Siswa Dalam Memahami Konsep Trigonometri Di Lihat Dari Learning Obstacles. Didactical Mathematics, 2(1), 9. https://doi.org/10.31949/dmj.v2i1.1664

Kumalasari, E. D., & Mahmudi, I. (2024). Analisis Pemodelan Rasch Pada Asesmen Pendidikan (Issue February).

Kurniawan, & Andriyani, K. D. K. (2018). Analisis Soal Pilihan Ganda dengan Rasch Model. Jurnal Statistika, 6(1), 34–39.

Marjiastuti, K., & Wahyuni, S. (2014). Analisis Kemampuan Peserta Didik Dengan Model Racsh. Seminar Nasional Evaluasi Pendidikan, 121–128.

Monariska, E. (2019). Analisis kesulitan belajar mahasiswa pada materi integral. Jurnal Analisa, 5(1), 9–19. https://doi.org/10.15575/ja.v5i1.4181

Pratiwi, P., & Adirakasiwi, A. . (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA Dalam Menyelesaikan Soal Matriks. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(5), 1419–1433. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i5.1419-1434

Sugiharto, B., Malinda, E. R., Azizzah, H., Anugerah, J. F., Rani, M. J. M., Padmi, N. R. C., & Alifah, N. (2020). Perbedaan Kesadaran Metakognisi Siswa SMA di Desa dan di Kota. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(1), 78–91. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i1.15354

Sumintono, B. (2016). Penilaian keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi: Aplikasi Pemodelan Rasch Pada Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA, 19–32.

Sumintono, B., & Widhiarso, W. (2013). Aplikasi Model Rasch untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial. Trim Komunikata Publishing House.

Widhiarso, W. (2016). Penerapan model Rasch untuk mengevaluasi tes UKKS dan UKPS. Tenaga Kependidikan, 1(1), 50–51.

Wulandari, M., & Setiawan, W. (2021). Analisis kesulitan dalam menyelesaikan soal materi barisan pada siswa SMA. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(3), 571–578. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i3.571-578




DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v16i2.16307

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics View SIGMA Stats

Flag Counter


INDEXED BY:

      

 

 

SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.