PENGARUH PELAYANAN PRIMA DAN HARGA TERHADAP PENJUALAN PADA RUMAH MAKAN AYAM BAKAR WONG SOLO ALAUDDIN KOTA MAKASSAR PERIODE 2015-2016
DOI: https://doi.org/10.26618/profitability.v3i2.2549
Abstract
JUMRIANI, Tahun 2018. Pengaruh Pelayanan Prima Dan Harga Terhadap Penjualan Pada Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo Alauddin kota Makassar, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pelayanan prima dan harga terhadap tingkat penjualan pada rumah makan ayam bakar Wong Solo Alauddin kota Makassar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Data yang diolah adalah hasil dari penyebaran kuesioner kepada pelanggan rumah makan ayam bakar Wong Solo Alauddin kota Makassar sebanyak 96 orang responden. Metode pengambilan sampel adalah non probability sampling dan teknik yang digunakan dalam pengambilan responden adalah accidental sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa pelayanan prima berpengaruh positif dan signifikan terhadap penjualan pada rumah makan ayam bakar Wong Solo Alauddin kota Makassar, harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap penjualan pada rumah makan ayam bakar Wong Solo Alauddin kota Makassar.
References
Angipora, M.P. 2002.Dasar- Dasar Pemasaran. Edisi Kedua. PT Raja Grapindo: Jakarta.
Anonim.Usaha Waralaba Asing di Indonesia, (online), (jurnalizen.blogspot.com, diakses 01 april 2018).
Anwar, I. 2015. Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian, (online), Vol, 4, No.12, (https://ejournal.stiesia.ac.id. Diakses 08 Januari 2018)
Barata, Atep, Adya. 2004. Dasar-dasar Pelayanan Prima. Elex Media Komputindo. Jakarta.
Cahyono, B, dkk. 2017. Analisa Kekuatan Strategi Pemasaran Melalui Online Marketing, Offline Marketing Dan Pelayanan prima Terhadap Loyaliyas Konsumen PT. Andinata Graha Raya Kaliwungu Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening, (online),Vol,No, (https://jurnal.unpand.ac.id. Diakses 08 Januari 2018).
Fitriyono, D. 2014. Analisis pengaruh bauran pemasaran terhadap volume penjualan produk, (online), Vol. 3, No. 11, (https://ejaurnal.stiesia.ac.id, diakses 08 januari 2018).
Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Anaisis Multivariate dengan Program SPSS. Universitas Diponegor. Semarang.
Hapsari, A.M., Kumadji, S., Abdillah, Y.2015.PengaruhServiceExcellent Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Pada Loyalitas Pelanggan (survei Pada Pelanggan Pizza Hut Malang Town Square), (online), Vol. 1, No. 2, (download.portalgaruda.org, diakses 09 Januari 2018).
Hosang, N., Tumbel, A., Moniharapon, S. 2016. Analisis pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pasien (studi kasus pada rumah sakit Siloam Manado), (Online), Vol. 16, No. 1, (http://ejournal.unsrat.ac.id, diakses 09 Januari 2018).
Ismayanti, D. 2016. Pengaruh produk dan harga terhadap volume penjualan industri kerupuk singkong di desa bamban kecamatan angkinang kabupaten hulu sungai selatan, (Online), Vol. 12, No. 1, (https://sia.stiepancasetia.ac.id, diakses 07 Januari 2018).
Kotler & Armstrong. 2001. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid I. Edisi Kedelapan. Erlangga: Jakarta.
Kotler & Armstrong. 2012. Prinsip-prinsip pemasaran. Jilid I. Edisi Ketigabelas.Erlangga: Jakarta.
Kukuh, S. 2011. Pengaruh Variabel Pelayanan Prima Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi kasus pada Bank Negara Indonesia Cabang Jalan Morgonda Raya), (online), (www.gunadarma.ac.id,Di akses pada tanggal 07 Januari 2018).
Nurcahyo,F.2016. pengaruh bauran pemasaran terhadap volume penjualan pada restoran McDonald’s delta plaza Surabaya, (online), vol. 5, No. 4, (https://ejournal.stiesia.ac.ia, diakses 07 Januari 2018).
Rachman, F. 2014. Pengaruh kualitas layanan, harga, dan lokasi terhadap kepuasan pelanggan Auto 2000 Sungkono Surabaya, (Online), Vol. 3, No.11, (https://ejournal.stesia.ac.id, diakses 07 Januari 2018).
Rahmawati, R. 2011. Pengaruh Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Peningkatan Penjualan (Sebuah Kajian Terhadap Bisnis Restoran), (online), (download.portalgaruda.org, Di akses pada tanggal 07 Januari 2018).
Sudaryono.2016. Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi. Andi Offset: Yogyakarta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta: Bandung.
Tjiptono, Fandy. 2002. Strategi Pemasaran. Penerbit Andi. Yogyakarta.
Wahyono, Budi. 2013. Pendidikan Ekonomi,(online), (www.pendididkanekonomi.com, diakses pada tanggal 10 Januari 2018).
Weenas, J.R.S. 2013.Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Spring Bed Comforta, (Online), Vol. 1, No. 4, (https://ejournal.unsrat.ac.id, diakses 07 Januari 2018).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Ilmu Manajemen Profitability agree to the following terms:
Copyright of the articles remains with the authors.
Authors grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License (CC BY-NC 4.0). This license allows others to:
Share (copy and redistribute the material in any medium or format)
Adapt (remix, transform, and build upon the material)
as long as they give appropriate credit to the original author(s) and source, provide a link to the license, and indicate if changes were made. Non-commercial use only.
Authors are permitted to:
Distribute their published work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to a class website or institutional archive).
For permissions to use the content published in this journal beyond the scope of the license (e.g., commercial purposes), please contact the editorial office via the journal email.
License Details:
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License (CC BY-NC 4.0).