ANALISIS PENERAPAN SISTEM ANTRIAN PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) TBK. KANTOR CABANG PEMBANTU UNIT PALLANGGA KABUPATEN GOWA
Abstract
This study aims to determine the application of the customer queue system that is currently used in the transaction process at PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Pallangga Unit Branch Office of Gowa Regency. The type of research used in this research is descriptive quantitative. The processed data is the arrival of customers who make transactions on the teller's part in PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Pallangga District Branch Office of Gowa Regency While the data analysis technique used in the research is to analyze the number of customers using the M / M / s queue line (Multiple Channel Query System) using 2 tellers that are currently applied to PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. The Pallangga Unit Branch Office of Gowa Regency then analyzed by adding the number of tellers (services). Then compare the results of time efficiency calculations and service optimization. The results of the data study indicate that the system of implementing the queuing system will be optimal according to service time standards when adding 1 number of tellers (services) to 3 tellers to serve customers so that the overall operational performance is not disrupted and the transaction process can run optimally so as not to cause customers long.
Full Text:
PDFReferences
Amri, A., Muhammad, M., & Malasy, T. S. 2017. Analisis Sistem Antrian pada Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dengan menggunakan simulasi Arena. IEJ (Online) Vol.2 No.2. (https://journal.unimal.ac.id/miej/article/view/74, di akses 06 Februari 2018).
Christiani Hutasoit dan Tri Indra Wijaksana. 2015. Analisis Sistem Antrian Dalam Meningkatkan Layanan Loket Peserta Bukan Penerima Upah (Mandiri) Pada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Kantor Cabang Utama Bandung (Studi Kasus Antrian Bulan Maret), E – proceeding of Management (Online) Vol.2 No.2, (http://libraryeproceeding.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/705, di akses 06 Februari 2018).
Faisal, F., 2005. Pendekatan Teori Antrian: Kasus Nasabah Bank pada Pukul 08.00 - 11.00 WIB di Bank BNI 46 Cabang Bengkulu. Gradien, (Online)Vol.1,No.2,(https://ejournal.unib.ac.id/index.php/gradien/article/view/201, di akses 07 Februari 2018.
Fajar Prabowo dan Tri Bodroastuti. 2012. Penentuan Jumlah Teller Yang Optimal Berdasarkan Metode Antrian (Studi Pada Bank Mega Cabang Pemuda Semarang). Kajian Ekonomi dan Bisnis (Online), Vol.1 No.1, (www.jurnal.widyamanggala.ac.id/index.php/wmkeb/article/view/14/11,diakses 28 Januari 2018).
Haming Murdifin., dan Nurnajamuddin. 2014. Manajemen Produksi Modern Operasi Manufaktur dan Jasa Buku (Edisi ke – 2) Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Handayani. 2012. Analisis Antrian Pada Mini Market Dengan Menggunakan Teori Antrian Untuk Menentukan Pelayanan Yang Optimal, UG Journal (Online)Vol.7,No.7(www.ejournal.gunadarma.ac.id/index.php/ugjournal/article/viewFile/1306/1155 , di akses 07 Februari 2018).
Heizer J., dan Render B. 2006 Operations Management Buku 2 (Edisi ke – 7) Jakarta: Salemba Empat
Ikatan Bankir Indonesia. 2014. Mengelola Kualitas Layanan Perbankan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Irmayani Hasan. 2011. Optimasi Pelayanan Nasabah Berdasarkan Metode Antrian (Queuing System). Jurnal Keuangan dan Perbankan, (Online), Vol.15,No.1 (http://jurnal.unmer.ac.id/index.php/jkdp/article/view/1009, di akses 07 Februari 2018).
Kotler. Philip., dan Keller, K.L. 2009 Manajemen Pemasaran (Edisi ke – 12). Jakarta: Indeks
Lovelock, C.H., dan Wright L.K. 2007 Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Indeks
Noor Saif Muhammad Mussafi. 2015. Pemodelan Sistem Antrian Multi – Channel Jasa Teller Pada Bank Syariah di Yogyakarta Untuk Meningkatkan Kinerja Perusahaan. Ilmu Matematika dan Matematika Terapan (Online),Vol.5 No.2(https://media.neliti.com/media/publications/57366-ID-none.pdf, di akses 07 Febaruari 2018).
Prawirosentono, S., dan Primasari. D. 2014. Manajemen Stratejik & Pengambilan Keputusan Korporasi. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Ratna Nurhayati, Rochmad dan Kartono. 2014 Analisis Penerapan antrian Multiple Channel Single Phase di Loket Administrasi Dan Rawat Jalan RSUP Dr. Kariadi Semarang. Unnes Journal of Mathematics (Online), Vol.3,No.1(https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbmstr/arcticle/view/10835, diakses 28 Januari 2018
Rido Sunarya, Marisi Aritonang dan Helmi. 2015. Analisis Penerapan Sistem Antrian Model M/M/s Pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Pontianak (Studi Kasus Pada BNI Sultan Abdurrahman). BIMASTER (Online), Vol.4, No.2, (http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jbmstr/article/view/10835/10350, di akses 06 Februari 2018).
RR Anindya Puspita dan Trisha Gilang Saraswati. 2016. Analisis Sistem Antrian Kantor Imigrasi Kelas I Bandung Menggunakan model M/M/s (Studi Pemohon Walk – in dan Online Kantor Imigrasi Kelas I Bandung), E – proceeding of Management (Online), Vol.3, No.2, (http://libraryeproceeding.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/2056 , di akses 28 Januari 2018).
Siagian, P. Penelitian Operasional Teori Dan Praktek. 2006. Jakarta: Universitas Indonesia
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif kualitatif dan R&D Bandung: Alfabeta
Soegoto, E.S. 2007. Marketing Research: Panduan Bagi Manajer, Pemimpin Perusahaan Organisasi. Jakarta: Elex Media Komputindo.
DOI: https://doi.org/10.26618/profitability.v3i2.2542
Refbacks
- There are currently no refbacks.